Cara Reset Hp Jarak Jauh Dengan IMEI – Agar Hp Tidak Disalahgunakan

Hp adalah barang yang sangat berharga, karena banyak data penting tersimpan didalamnya. Namun ada kalanya pengguna lupa meletakan Hp sehingga mengakibatkan Hp tersebut hilang. Bagaimana jika Hp hilang padahal banyak data penting didalamnya? Gunakanlah cara reset Hp jarak jauh dengan IMEI berikut ini.

Mengapa Seseorang Melakukan Reset Hp Jarak Jauh

Seseorang yang kehilangan Hp tentu akan merasa khawatir, takut Hp disalahgunakan oleh orang lain. Karena didalamnya banyak dokumen penting dan identitas pribadi. Karena tidak sedikit modus penipuan terjadi bermodalkan nomor Hp orang lain. Oleh karenanya mereka akan mencari cara reset Hp sehingga data tersebut bisa dihapus dan Hp tidak bisa digunakan.

Cara Reset Hp Jarak Jauh Dengan IMEI

Saat anda kehilangan Hp dan ingin menghapus semua data di dalamnya atau menonaktifkan Hp sehingga yang menemukan tidak bisa menggunakan lagi. Gunakanlah langkah berikut ini:

1. Pastikan Anda Mengetahui Nomor IMEI Hp

Langkah pertama sebelum mencari Hp yang hilang adalah mengetahui nomor IMEI Hp tersebut. Nomor IMEI ini adalah nomor Hp bawaan dari pabrik, sehingga setiap Hp memiliki IMEI yang berbeda-beda.

Semua jenis Hp memiliki nomor IMEI khasnya.  Nomor IMEI sangat penting karena juga digunakan untuk proses verifikasi ulang Hp. IMEI inilah yang akan digunakan untuk reset Hp yang hilang.

Untuk mengetahui nomor IMEI dari Hp bisa dilihat di kardus HP. Jumlah nomor IMEI sendiri 15 digit dan di box biasanya diberikan informasi bawah itu adalah nomor IMEI Hp.

✅Baca Juga :  Cara Membuat Body Note pada MS Word

2. Lakukan Proses Reset

Untuk proses reset Hp jarak jauh ada dua cara, yakni lewat kantor provider dan lewat mesin CEIR. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini:

Mereset Hp Dengan IMEI Lewat Kantor Provider

Pertama, ketika Hp dinyatakan hilang maka anda harus langsung melapor ke pihak berwajib. Hal ini untuk keamanan identitas anda agar tidak disalahgunakan, jangan lupa untuk meminta surat kehilangan.

Setelah itu, langsung datang ke kantor provider yang anda gunakan, untuk melaporkan kehilangan. Di kantor provider inilah, anda harus meminta reset data Hp yang hilang untuk menjaga pribadi dan keamanan data.

Dengan bekal surat pengantar dari pihak kepolisian tadi, admin kantor provider akan memproses laporan kehilangan anda. Mereka akan melakukan reset data menggunakan IMEI.

Mereset Dan Memblokir Hp Jarak Jauh Dengan IMEI Lewat Mesin CEIR

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa kementerian komunikasi dan informasi memiliki alat canggih bernama CEIR. CEIR berasal dari kepanjangan Centralized Equipment Identity Register. Alat ini bisa mereset dan memblokir data dari HP yang hilang, agar semua data di dalamnya tidak bisa diakses lagi.

Alat ini mendukung program pengendalian nomor IMEI Nasional. Jika semua data sudah dihapus tentunya pengguna akan merasa tenang dan tidak khawatir lagi.

✅Baca Juga :  Cara Registrasi Ulang Kartu Indosat dengan Mudah dan Cepat

Agar anda bisa menggunakan alat satu ini, dibutuhkan nomor IMEI dari Hp. Selanjutnya IMEI akan di input untuk memastikan Hp yang hilang. Selanjutnya mesin akan menghapus data pengguna dan juga menghentikan aktivitas Hp yang hilang sehingga tidak bisa digunakan.

3. Hp Sudah Berhasil di Reset

Tadi anda sudah memilih reset Hp jarak jauh menggunakan IMEI dari provider atau menggunakan mesin CEIR. Setelah itu, pada tahap ini Hp yang hilang sudah di reset dan terblokir.

Karena itu, Hp  tidak bisa aktif dan data yang tersimpan sudah terhapus. Sehingga anda tidak perlu khawatir karena Hp tidak bisa lagi disalahgunakan oleh orang lain  yang menemukannya.

Bagaimana jika Hp tersebut diganti dengan kartu provider lain yang bukan kartu bawaan? Apakah bisa menyala? Jawabnya tidak bisa sama sekali. Karena Hp sudah terblokir dan tidak bisa dibuka atau diaktifkan dengan cara apapun.

Kesimpulan

Itulah cara reset Hp jarak jauh dengan IMEI yang bisa dilakukan. Saat Hp anda hilang maka ambil tindakan cepat dengan mereset Hp atau memblokirnya. Dengan cara ini dapat pastikan Hp anda tidak bisa digunakan oleh lain dan data didalamnya tidak bisa diakses lagi.

Back to top button