Cara Melacak Mobil Menggunakan Android Praktis dan Cepat

Banyak cara bisa dibantu dengan hadirnya teknologi, seperti mengetahui posisi suatu kendaraan. Cara melacak mobil menggunakan android tidaklah sulit. Ada beberapa cara untuk mengetahui posisi mobil. Apa saja itu? Baca informasinya berikut sampai selesai.

Manfaat Melacak Mobil Dengan Smartphone Android

Mengapa perlu mengetahui cara melacak mobil menggunakan android? Karena cara ini sangatlah penting demi menjaga keamanan dan kenyamanan anda sebagai pemilik kendaraan. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah:

Mengetahui Keberadaan Mobil Jika Hilang

Pertama, anda bisa dengan mudah mengetahui posisi kendaraan termasuk ketika harus melacak mobil karena hilang. Dengan GPS mobil membuat anda mengetahui posisi mobil yang hilang sehingga lebih mudah ditemukan atau mudah untuk melaporkannya ke kepolisian.

Mengetahui Histori Perjalanan Mobil

Ketika mobil dibawa oleh orang lain seperti keluarga atau teman, anda bisa mengetahui riwayat perjalanan yang mereka lalui. Anda bisa tahu kemana saja mobil yang anda miliki digunakan. Dengan ini tentunya membuat hari lebih tenang karena mengetahui perjalanan secara real time.

Namun jika sesuatu yang buruk terjadi, dan anda tidak bisa menghubungi yang mengendarainya. Anda bisa tahu dimana titik terakhir mereka berada, sehingga proses pencarian akan semakin mudah ditemukan.

Cara Melacak Mobil Menggunakan Android

Fitur google maps ternyata bisa melacak keberadaan suatu mobil. Cara penggunaannya pun tidak sulit, lakukan langkah berikut:

✅Baca Juga :  Cara Mengatasi No Internet Secured Di Laptop Windows 7 Sampai 10 Pada Jaringan WiFi

1. Download Aplikasi Google Maps

Pertama, download aplikasi google maps. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, dan cara mendownloadnya adalah lewat play store. Setelah Download, install aplikasi di smartphone dan login dengan membuat akun.

2. Sambungkan Perangkat GPS pada Smartphone

Setelah aplikasi google maps terpasang. Loginlah terlebih dahulu dalam aplikasi ini dengan memasukan username dan passwordnya. Namun jika anda memiliki gmail maka akan secara otomatis anda masuk ke aplikasi ini meskipun belum pernah memakainya.

Lalu, pastikan anda sudah menyambungkan perangkat GPS mobil dengan smartphone. Anda harus mengaktifkan mode pencarian pada google maps agar perangkat GPS mobil terdeteksi.

Jika perangkat GPS sudah terdeteksi maka tambahkan perangkat tersebut dan pilih jenis mobil pada akun google maps anda. Jangan lupa untuk menambahkan nama perangkat GPS agar anda mudah mengenalinya.

3. Coba Bagikan Lokasi Kendaraan Dan Durasi Berbagai Lokasi

Apabila anda sudah sukses melakukan penyambungan akun. Anda bisa melihat informasi posisi mobil pada peta. Agar semakin memudahkan anda dalam melacak mobil, aturlah tampilan google maps menjadi format dua dimensi. Format ini adalah peta menggunakan satelit yang lebih detail daripada format biasanya.

Klik ikon lingkaran kecil yang memiliki warna biru biasanya berada di sebelah kanan, sehingga anda bisa mengetahui posisi mobil saat ini secara real time. Anda juga bisa mengatur berapa lama durasi untuk pembagian lokasi. Karena tentunya semakin lama digunakan maka baterai dan paket data smartphone android akan semakin boros.

✅Baca Juga :  Cara Setting DNS di Android untuk Meningkatkan Kecepatan Internet

4. Atur Detail Pelacakan

Selain durasi, anda juga bisa mengatur fitur yang digunakan dalam pelacakan mobil tersebut. Misalnya saja seperti riwayat perjalanan, berapa jarak yang sudah ditempuh dan mana saja lokasi yang sudah dilalui. Keren sekali bukan?

Ingat, pelacakan ini bisa berfungsi jika smartphone android anda tersambung ke jaringan internet. Jadi jika internet smartphone anda mati maka anda tidak bisa mengetahui posisi suatu mobil.

Cara Melacak Mobil Hilang Tanpa GPS

Mungkin anda bertanya-tanya bisakah melacak mobil yang tanpa GPS? Jawabannya bisa, yaitu dengan melaporkannya ke pihak kepolisian dan mereka akan melacak posisi mobil dari plat nomornya. Anda Juga bisa menceritakan kasus hilangkan mobil di media social sehingga akan semakin banyak orang yang membantu mencarikan mobil anda.

Bagaimana menurut anda? Cara melacak mobil hilang tanpa GPS sangat sulit bukan? Oleh karenanya pastikan anda sudah menghubungkan GPS smartphone android anda dengan GPS mobil. Sehingga hati aman, nyaman dan jika ada kehilangan bisa dicari dengan mudah dan cepat. Tidak ada ruginya dengan menyambungkan GPS mobil pada smartphone.

Back to top button