Bagaimana Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia

Dengan terus berjalannya waktu membuat perkembangan teknologi di dunia juga kian melesat. Indonesia sebagai negara berkembang pastinya juga turut andil dalam merasakan perkembangan teknologi tersebut. Salah satu contoh perkembangan teknologi tersebut adalah perkembangan IPTEK di Indonesia.

Berbicara mengenai perkembangan IPTEK tentunya tak bisa lepas dari peran teknologi informasi yang terus berkembang setiap tahunnya. Akan tetapi apa sih perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi itu? Jika kalian penasaran dengan hal tersebut, silahkan simak pembahasan kali ini sampai selesai.

Apa Itu Perkembangan IPTEK?

IPTEK sendiri adalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat diartikan sebagai segala jenis sumber informasi dari ilmu oengetahuan yang dapat meningkatkan wawasan seseorang yang bergerak di bidang teknologi supaya perkembangan teknologi terus berlanjut berdasarkan inovasi yang terus berkembang.

IPTEK mencakup segala hal yang berhubungan dengan teknologi baik dari penemuan teknologi terbaru hingga perkembangan daripada teknologi itu sendiri. IPTEK sendiri adalah ilmu yang harus dikuasai demi mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dengan bekal ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sementara untuk perkembangan IPTEK di Indonesia sendiri juga terbilang pesat, dengan mulai penerapan sistem digitalisasi di berbagai hal. Bahkan sebagai salah satu negara di kawasan Asia Tenggara, penggunaan teknologi di Indonesia tergolong sangat pesat. Hal ini terbukti dengan banyaknya teknologi yang dimiliki hampir seluruh masyarakat

Bahkan perkembangan dan kualitas IPTEK di Indonesia juga sudah diakui dunia dengan berhasilnya mencetuskan beberapa produk baru yang dipergunakan di seluruh dunia seperti jaringan 4G, teknologi konstruksi sistem cakar ayam, hingga Jembatan Sosrobahu. Selain itu masih ada beberapa contoh perkembangan IPTEK yang akan saya bahas berikut ini.

✅Baca Juga :  Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus di iPhone

Contoh Perkembangan IPTEK di Indonesia

Dengan adanya IPTEK pastinya akan sangat memudahkan masyarakat dalam mengakses teknologi. dan beruntungnya di Indonesia, kita semua bisa merasakan canggihnya dari kemajuan teknologi akibat perkembangan IPTEK. Ada beberapa contoh perkembangan IPTEK di Indonesia, diantaranya adalah berikut ini:

1. Televisi

Televisi adalah sumber untuk mencari informasi yang paling disenangi masyarakat jauh sebelum adanya berbagai platform seperti YouTube, dll. Televisi sendiri awalnya ditemukan oleh seorang mahasiswa dari Berlin bernama Paul Nipkow pada tahun 1884 dengan menggunakan teleskop elektronik.

Lalu Paul Nipkow tersebut menggunakan teleskop elektronik untuk mengirim gambar tanpa kabel dari suatu tempat ke tempat lain. Di Indonesia sendiri televisi pertama kali muncul pada tahun 1962 dengan TVRI yang menjadi saluran televisi pertama sejak awal kemunculan televisi. Lalu disusul oleh saluran lainya seperti SCTV, RCTI, ANTEVE, Global TV, TPI, dll.

2. Satelit

Pasti banyak dari kalian yang belum mengetahui bahwa Indonesia memiliki satelit. Dan satelit milik Indonesia sendiri memiliki nama Sistem Komunikasi Satelit Domestik Palapa atau SKSD Palapa. Satelit ini dibangun dengan sistem komunikasi yang dikendalikan Indonesia dari tahun 1974 dan selesai pada 1976.

✅Baca Juga :  Cara Melihat RAM iPhone dengan Mudah

Setelah satelit ini difungsikan, sistem dari palapa ini memungkinkan Indonesia untuk mengakses berbagai informasi melalui sinyal yang terpancar ke berbagai perangkat seperti televisi, telepon, radio, dan alat elektronik lainya.

3. Perangkat Telepon

Jauh sebelum adanya smartphone, Indonesia dahulu sudah memiliki perangkat telepon yang hanya bisa digunakan untuk menerima dan melakukan panggilan, hingga mengirim pesan singkat atau SMS. Saat awal telepon di Indonesia memiliki teknologi advance mobile phone System atau AMPS. Namun teknologi jenis ini memiliki berbagai kekurangan

Kekurangannya seperti sulit dan bahkan tidak bisa menjangkau daerah terpencil, sehingga akhirnya berubah teknologi dari AMPS menjadi GSM atau global System mobile. Penerapan teknologi baru ini dapat menutup kekurangan sebelumnya dengan banyaknya stasiun pemancar sinyal di daerah terpencil.

4. Komputer dan Internet

Semakin berkembangnya teknologi di Indonesia, akhirnya pada tahun 90 an Indonesia mengenalkan adanya komputer dan internet. Diperkenalkannya salah satu sistem teknologi informasi berupa internet yang dapat terhubung langsung dengan komputer atau sekarang dinamakan dengan sebutan (Online).

Komputer dan internet sangat bermanfaat untuk menunjang segala kebutuhan mulai dari pendidikan hingga bisnis. Hak tersebut dikarenakan adanya fitur surat elektronik atau e-mail, dan fitur chatting untuk berkomunikasi secara langsung.

Nah itu dia beberapa contoh dari perkembangan IPTEK di Indonesia. Saya rasa sampai di sini saja pembahasan mengenai perkembangan IPTEK kali ini. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat, terimakasih.

Back to top button