Mengenal Lebih Dalam Mengenai Teknologi VR dan AR

Sudah pernahkan kalian mendengar tentang Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)? Kedua hal tersebut memang terkesan hampir mirip, akan tetapi kedua hal tersebut sebenarnya berbeda satu sama lain loh. Jika kalian tertarik dengan pembahasan mengenai teknologi VR dan AR, silahkan simak ulasan berikut sampai selesai.

Mengenal Apa itu Teknologi VR dan AR?

Sebelum mengenal kedua teknologi ini lebih dalam, alangkah baiknya untuk kalian mengetahui terlebih dahulu apa itu teknologi VR dan AR. Untuk mengetahui hal tersebut, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Virtual Reality (VR)

Sesuai dengan namanya virtual reality, VR adalah sebuah teknologi digital yang dapat menghasilkan realita dunia maya ditengah-tengah dunia nyata. Kalian juga bisa menjelajahi realita dunia maya dengan teknologi VR ini, bahkan kalian juga dapat mengeksolorasi dunia virtual ini dengan Indra kalian.

Yap benar sekali, kalian bisa merasakan dunia virtual tersebut dengan Indra kalian seperti penglihatan, pendengaran, hingga sentuhan. Untuk merasakannya, kalian memerlukan alat VR tentunya, sarung tangan, headset, dan treadmill khusus VR. Jika kalian pernah mendengan dunia metaverse, nah teknologi VR ini adalah portal masuknya.

Bahkan ada beberapa game juga yang bisa kalian mainkan dan nikmati dengan menggunakan teknologi VR. Selain itu VR biasanya juga digunakan untuk menikmati Vidio atau film yang berbasis angle 360°.

✅Baca Juga :  Belum Banyak Yang Tahu Ini Dia Perkembangan Teknologi Konstruksi Yang Keberadaannya Begitu Penting

2. Augmented Reality (AR)

Augmented Reality sendiri juga merupakan sebuah teknologi digital yang sesuai dengan namanya yaitu menambahkan unsur-unsur digital pada dunia nyata. Tentunya sangat berbeda denga VR yang menampilkan dunia virtual secara menyeluruh. Augmented Reality sendiri sebenarnya sudah pernah kita gunakan meskipun ada sebagian orang yang tidak sadar.

Jika kalian sudah pernah mencoba filter Instagram, Snapchat, dll, maka kalian sudah pernah merasakan teknologi AR ini. Misalnya ketika kalian menggunakan filter Instagram lalu ada efek yang memberikan perona bibir, pipi, dll, pada wajah kalian saat berfoto maupun Vidio. Selain itu,teknologi AR juga pernah digunakan pada suatu game jika kalian ingat.

Game tersebut adalah pokemon go. Game ini menggabungkan antara dunia nyata dengan tambahan unsur virtual seperti halnya pokemon yang hidup disekitar kita dan hanya dapat dilihat ketika kita menggunakan kamera dari bawaan game tersebut.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa teknologi AR bisa kalian nikmati hanya menggunakan smartphone saja, berbeda dengan VR yang memerlukan berbagai perangkat jika ingin mengaksesnya.

Itu dia penjelasan mengenai kedua teknologi digital tersebut, sampai di sini pastinya kalian sudah paham mengenai apa itu teknologi VR dan AR. Jika sudah faham, langsung saja kita menuju pembahasan selanjutnya yakni mengenai perbedaan dari kedua teknologi tersebut.

✅Baca Juga :  Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara di iPhone

Perbedaan Teknologi VR dan AR

Setelah mengetahui pengertian dari kedua teknologi tersebut, sekarang saya akan membahas mengenai perbedaan dari teknologi VR dan AR. Perbedaan kedua teknologi tersebut adalah saat mengubah realita. VR sendiri benar-benar mengubah total dunia nyata menjadi dunia virtual atau dunia Maya. Sementara AR hanya menambahkan unsur virtual ke dunia nyata.

Pengguna teknologi VR akan benar-benar pindah dari dunia nyata menuju dunia virtual ketika menggunakan perangkat virtual reality. Hal ini tentunya berbeda denga teknologi AR yang hanya menambahkan unsur-unsur virtual kedalam dunia nyata, sementara penggunanya akan tetap berada di dunia nyata.

Selain itu teknologi VR membutuhkan berbagai perangkat untuk mengakses dunia virtual tersebut, semakin lengkap perangkat yang kalian miliki, maka akan semakin terasa nyata saat menjelajahi dunia virtual tersebut. Sementara teknologi AR hanya membutuhkan perangkat smartphone untuk mengaksesnya.

Nah itu dia perbedaan dari kedua teknologi tersebut yaitu VR dan AR. Bagaimana, apakah kalian tertarik dengan kedua teknologi tersebut. Dengan pesatnya perkembangan zaman seperti sekarang ini pastinya kedua teknologi tersebut juga akan terus mengalami perkembangan untuk mejadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Cukup sampai di sini saja pembahasan kali ini mengenai teknologi VR dan AR. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat. Sekian dari saya, terimakasih untuk yang sudah membaca.

Back to top button