Beberapa Tips Memilih Laptop Gaming yang Perlu Diperhatikan saat Membeli

Dengan sengitnya persaingan antar brand untuk menunjukan siapa yang terbaik dalam segmen laptop gaming, maka tidak heran jika ada banyak sekali jenis laptop gaming yang di jual di pasaran. Maka dari itu saya di sini akan membagikan beberapa tips memilih laptop gaming yang wajib kalian ketahui.

Dengan banyaknya jenis laptop gaming yang beredar, bahkan laptop jenis ini sendiri akhir-akhir ini menjadi populer baik di toko-toko online, maupun toko ritel komputer. Sebab banyaknya jenis laptop gaming yang bisa dipilih sebagai referensi, namun terkadang justru membuat orang bingung harus memilih laptop gaming yang mana.

Maka dari itu saya berniat untuk membuat sebuah pembahasan pada kesempatan kali ini yaitu mengenai tips memilih laptop gaming, agar orang-orang tidak bingung lagi harus memilih laptop yang mana akibat banyaknya jenis laptop gaming yang beredar di pasaran. Baiklah langsung saja, berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian ikuti.

Tips Memilih Laptop Gaming yang Sesuai Kriteria

Untuk memilih laptop gaming tentunya tidak boleh dilakukan secara asal, kalian wajib menentukan laptop gaming yang sesuai dengan kriteria kalian. Untuk itu, silahkan simak ulasan berikut:

Dari Sisi Prosesor

Ada dua jenis prosesor yang menguasai pasar PC saat ini, keduanya adalah dari pabrikan Intel dan AMD. saat membeli laptop gaming, pasti kalian akan menemukan kedua brand prosesor tersebut saling bersaing. Dan keduanya juga memiliki seri terbaiknya untuk di taruh dalam segmen laptop gaming.

✅Baca Juga :  Cara Mengatasi MS Word yang Tidak Bisa Mengetik

Untuk kalian yang ingin prosesor dari brand Intel, pastikan prosesor tersebut memiliki label HQ, MQ, atau K. Dan untuk serinya, kalian bisa memilih minimal mulai dari seri core i5. Namun jika kalian memiliki budget lebih, pilihlah core i7 ataupun i9 untuk mendapatkan pengalaman gaming yang lebih baik.

Namun jika kalian ingin laptop gaming dengan prosesor AMD, untuk saat ini seri terbaik mereka untuk segmen gaming masih dipegang oleh Ryzen 5 dan Ryzen 7. Kalian bisa memilih diantara kedua seri AMD tersebut untuk mendapatkan pengalaman gaming yang optimal.

Dari sisi VGA

Ketika mencari laptop gaming, pastinya kalian juga harus mempertimbangkan kartu grafis atau VGA yang akan digunakan. VGA sendiri berfungsi penting untuk meningkatkan kualitas grafis yang ditingkatkan oleh perangkat. Ada beberapa jenis VGA yang bisa kalian pilih, sesuaikan denga kebutuhan kalian.

Jika kalian merasa tidak akan bermain game yang terlalu berat, kalian bisa memilih VGA dari Nvidia yaitu GTX 1050. VGA ini adalah kartu grafis entry level yang bisa kalian dapatkan pada laptop gaming murah yang biasanya memiliki harga di bawah 15 jutaan.

Untuk VGA kelas menengah ada GTX 1060 yang akan menawarkan pengalaman gaming yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan kartu grafis ini dapat memberikan kalian pengalaman bermain game VR dengan resolusi rendah.

Namun untuk kalian yang menginginkan VGA terbaik untuk mendapatkan pengalaman gaming terbaik juga, kalian bisa menggunakan VGA dari seri RTX. VGA seri RTX yang bisa kalian pilih diantaranya adalah RTX 2070, RTX 2080, RTX 2080 Ti, dan masih banyak lagi.

✅Baca Juga :  Cara Memindahkan Foto dari Laptop ke iPhone

VGA seri RTX tersebut akan memberikan pengalaman terbaik untuk gaming, apalagi dengan adanya teknologi tray racing yang dapat memberikan pencahayaan seperti dunia nyata di dalam game.

Dari sisi Memory

Untuk memori yang optimal digunakan pada laptop multitasking biasa adalah sebesar 8GB, namun untuk kebutuhan gaming tentunya kalian memerluka RAM yang lebih besar karena semaki besar akan semakin optimal. Kalian bisa memilih RAM 16GB, 32GB, bahkan 64GB kalau diperlukan.

Dari sisi Layar

Untuk mendapatkan pengalaman gaming yang optimal, kalian bisa memilih layar dengan resolusi full HD (1920 X 1080 piksel). Kalian sebenarnya tidak perlu menggunakan resolusi layar 4k jika hanya untuk bermain game. Justru kalian harus memperhatikan refresh rate pada layar untuk mendapatkan pengalaman gaming terbaik.

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat bermain game, kalian bisa memilih layar dengan refresh rate mulai dari 75hz, dan untuk yang paling optimal adalah 144hz.

 

Nah, itu dia beberapa tips memilih laptop gaming yang bisa kalian ikuti ketika hendak membeli sebuah laptop gaming. Jangan bertanya masalah baterai, karena baterai merupaka kelemahan dari laptop gaming. Lagipula laptop gaming akan semakin optimal jika dicolokan kabel charger selama bermain.

Back to top button