Bukti Perkembangan teknologi, Kini Telah Hadir Beberapa Teknologi dalam Pendidikan!

Dunia pendidikan memang harus diperhatikan betul oleh pemerintah agar bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan hadirnya SDM berkualitas, tentu dapat memanfaatkan adanya sumber daya alam yang ada di Indonesia. Seperti hadirnya teknologi dalam pendidikan dengan sistem canggih.

Banyak sekali perkembangan teknologi yang bisa kita rasakan dalam dunia pendidikan. Diharapkan mampu meningkatkan kecerdasan pada anak didik di Indonesia. Adanya teknologi ini tentu harus diawasi oleh guru atau orang tua, khususnya pada anak usia sekolah dasar. Sebab teknologi di dunia pendidikan menggunakan smartphone.

Tujuannya agar teknologi pendidikan ini bisa tepat sasaran dan sesuai harapan. Apabila seorang anak tidak dipantau oleh orang tua, yang ditakutkan mereka akan menggunakan Smartphone untuk bermain game. Dengan begitu maka adanya program tersebut bisa menjadi perantara untuk meningkatkan kecerdasan penerus bangsa.

Hadirnya teknologi pada dunia pendidikan memang dinantikan oleh para orang tua. Khususnya orang tua yang paham bahwa masa depan anak akan ditentukan pada saat berada di bangku sekolah. Lantas apa saja sih teknologi yang ada dalam dunia pendidikan dan wajib kita tahu? Berikut ulasan teknologi pendidikan selengkapnya!

Teknologi dalam Pendidikan yang Sangat Canggih :

1. Absensi Sidik Jari

Salah satu bentuk kemajuan teknologi pendidikan yaitu adanya absensi yang menggunakan sidik jari. Setiap siswa yang masuk ke sekolah kini bisa melakukan absensi sidik jari mereka. Tentu tidak akan ada kecurangan karena setiap orang memiliki sidik jari yang berbeda. Hal ini dapat membuat guru lebih fokus mengajar.

✅Baca Juga :  Cara Melihat RAM iPhone dengan Mudah

Sebab guru tidak perlu mengabsen lagi karena sudah sesuai dengan absensi sidik jari yang mereka lakukan. Penerapan teknologi tersebut biasanya ditemukan pada sekolah besar. Hal ini bisa membuat siswa semangat untuk belajar karena hadirnya teknologi baru dalam pendidikan. Jadi itu dia bentuk teknologi yang ada dalam dunia pendidikan.

2. Aplikasi Daring Yang Mulai Berdatangan

Teknologi pendidikan yang harus kamu tahu yaitu adanya aplikasi berajar online. Sejak adanya covid 19, semua aktivitas sekolah dilakukan secara online. Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan aplikasi yang disebut dengan daring. Adanya aplikasi daring ini menjadi bentuk kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan.

Banyak sekali jenis aplikasi daring dengan sistem pembelajaran yang mudah. Para siswa masih dapat belajar meski mereka berada dalam rumah. Teknologi dalam dunia pendidikan  sangat berjasa pada saat era pandemi — saat semua keadaan kacau balau. Jadi itu dia bentuk teknologi yang kini masuk pada dunia pendidikan.

3. Hadirnya Perpustakaan Digital Untuk Semua Orang

Untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia, pemerintah menghadirkan perpustakaan digital yang dapat diakses secara gratis. Hadirnya perpustakaan digital ini merupakan bentuk teknologi yang semakin canggih. Nama aplikasi perpustakaan digital yaitu iPusnas yang menyimpan berbagai jenis buku.

✅Baca Juga :  Berikut Beberapa Teknologi Olahraga yang Kini Mulai Diperkenalkan Kepada Khalayak!

Sebagian besar anak malas membaca buku karena menganggap kurang seru. Dengan hadirnya terobosan teknologi perpustakaan digital, diharapkan mampu menjadi daya tarik agar anak untuk membaca. Sebab dengan membaca mereka bisa menjadi orang yang cerdas. Bahkan seorang penulis novel pun berasal dari para pembaca.

Dengan adanya terobosan teknologi tersebut, setidaknya mampu meningkatkan kesukaan anak-anak terhadap dunia literasi. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang memiliki rating rendah dalam dunia literasi. Banyak para masyarakat yang enggan membaca dengan alasan malas dan sedikit membosankan.

Dengan hadirnya aplikasi iPusnas minat membaca para siswa akan semakin meningkat. Apalagi dalam aplikasi ini banyak sekali jenis buku yang bisa dibaca secara gratis. Bahkan untuk mengakses aplikasi ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jadi itu dia bentuk terobosan dalam dunia pendidikan melalui teknologi.

Adanya teknologi di bidang pendidikan dianggap menjadi langkah tepat untuk meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia. Dengan begitu mereka mampu mengelola sumber daya alam agar tidak dikuasai oleh pihak asing. Jadi itu dia tiga contoh teknologi yang kini berkembang dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Back to top button