Berikut Beberapa Teknologi Olahraga yang Kini Mulai Diperkenalkan Kepada Khalayak!

Yang namanya perkembangan teknologi kini mulai merambat pada dunia olahraga. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini banyak sekali jenis olahraga di dunia. Teknologi dalam dunia olahraga kini mulai kita temukan pada permainan sepak bola. Beberapa peraturan mulai diterapkan dengan ditopang teknologi.

Sepak bola sendiri merupakan jenis olahraga paling populer di seluruh dunia sehingga tidak heran jika FIFA selalu memberikan aturan baru yang bisa membuat pertandingan sepak bola semakin seru. Salah satu caranya yaitu memanfaatkan adanya teknologi. Dengan bantuan teknologi, pertandingan akan lebih sportif.

Teknologi Dalam Dunia olahraga juga dapat kita temukan pada jenis olahraga lainnya. Sebab olahraga menjadi salah satu daya tarik yang bisa membuat seseorang datang ke negara lain. Berkat olahraga mereka berhasil menemukan keseruan dari suatu negara. Tidak heran jika olahraga selalu diperhatikan agar citranya tidak hilang.

Khusus pada artikel kali ini kami tertarik untuk membahas beberapa teknologi yang kini mulai diterapkan pada olahraga. Apabila kamu merupakan seseorang yang gemar berolahraga, maka bisa mengikuti artikel kali ini. Kami akan memberikan wawasan penting yang bisa kamu pelajari. Berikut ulasan selengkapnya!

Teknologi Dalam Dunia Olahraga yang Semakin Canggih :

1. VAR (Video Assistant Referee)

Teknologi olahraga yang bisa kita temukan pada pertandingan sepak bola yaitu Video Assistant Referee atau biasa disebut dengan istilah VAR. Dalam sepak bola VAR sangat berkontribusi dalam menentukan sebuah keputusan. Apabila terjadi insiden yang tidak terlihat oleh wasit atau hakim garis, maka wasit utama akan melihat VAR.

✅Baca Juga :  5 Cara Backup Data iPhone ke Laptop atau PC

Setelah melihat kembali video insiden tersebut maka wasit akan mengambil keputusan. Adanya VAR ini sangat membantu untuk menciptakan sportivitas dalam permainan sepak bola. Bahkan para pemain tidak bisa melakukan kecurangan seperti diving atau menjatuhkan diri seakan musuh melakukan pelanggaran.

Teknologi olahraga yang pertama ini semakin canggih pada gelaran piala dunia 2022 kali ini. Terjadinya insiden offside yang sangat tipis bisa ditemukan oleh VAR tersebut. Sehingga para pemain tidak akan bisa mengelabuhi wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Adanya VAR tersebut sangat berarti bagi sepak bola.

VAR hadir untuk memberikan ketenangan bagi semua pihak yang terlibat dalam permainan. Namun teknologi yang satu ini belum ada di sepak bola Indonesia. Sebab biaya untuk menggunakan alat tersebut sangat mahal.

2. Live Heart Rate

Dalam olahraga MotoGP, semuanya menggunakan teknologi yang canggih. Baru-baru ini terdapat teknologi olahraga MotoGP yang menarik perhatian penonton. Teknologi tersebut yaitu live Heart rate atau pendeteksi detak jantung. Adanya teknologi satu ini bisa mengukur detak jantung para rider saat melakukan balapan.

Detak jantung pada seorang rider tentu berbeda dengan rider lainnya. Apalagi saat mengalami insiden crash, tentu detak jantung akan mengalami peningkatan. Adanya teknologi dalam dunia MotoGP tersebut sangat menghibur bagi para pencinta MotoGP. Sebab para fans akan mengetahui detak jantung dari Rider idola mereka.

✅Baca Juga :  Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus di iPhone

Teknologi olahraga MotoGP yaitu live Heart Rate tidak hanya seru pada saat terjadi Crash karena menampilkan detak jantung pembalap yang terjatuh. Namun juga sangat seru apabila terjadi aksi overtake dari beberapa pembalap. Seorang pembalap yang panik tentu akan ketahuan dari teknologi yang kita bahas ini.

Indikator teknologi yang satu ini akan muncul pada layar televisi dengan berlambang hati. Dilihat dari teknologi tersebut, salah satu pembalap yang memiliki detak jantung stabil yaitu  Maverick Vinales meskipun berada di kecepatan +300 km/jam.

3. Teknologi Garis Gawang

Salah satu teknologi olahraga yang sangat krusial saat ini yaitu teknologi garis gawang pada pertandingan sepak bola. Teknologi yang satu ini sangat berpengaruh pada saat terjadi kemelut di depan gawang. Sebab dengan bantuan teknologi ini kita bisa tahu apakah bola tersebut sudah masuk pada gawang atau belum.

Sebelum menggunakan teknologi yang satu ini, seringkali terjadi kontroversi pada pertandingan sepak bola. Sebab ada beberapa kejadian di mana bola sudah masuk namun tidak disahkan oleh wasit lantaran dianggap belum melewati garis.

Adanya teknologi olahraga memang membantu cabang olahraga tersebut agar semakin seru. Dengan bantuan teknologi maka sportifitas akan selalu dijunjung tinggi. Para pemain dari setiap olahraga harus memahami beberapa peraturan dari teknologi agar tidak salah. Seperti 3 teknologi di atas yang wajib kamu tahu.

Back to top button