Ini Dia Berbagai Macam Perkembangan Teknologi Komunikasi Yang Keberadaannya Masih Terus Dicari

Saat teknologi komunikasi sudah semakin maju sehingga memudahkan kehidupan manusia setiap harinya. Tidak hanya itu saja, peralatan tersebut mampu memudahkan manusia untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Untuk lebih jelasnya lagi, simak ulasan artikel yang ada di bawah ini mengenai beragam perkembangan teknologi komunikasi tersebut yang biasa digunakan sebagai sarana komunikasi orang-orang.

Beragam Perkembangan Teknologi Komunikasi Yang Keberadaannya Masih Terus Dicari Sampai Saat Ini

Pada dasarnya ada banyak sekali jenis peralatan komunikasi yang memudahkan setiap orang untuk menjalankan berbagai macam aktivitas setiap harinya. Berikut ini merupakan berbagai macam peralatan komunikasi yang sering digunakan orang-orang untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari.

1. Telepon kabel teknologi komunikasi yang keberadaannya masih tetap eksis sampai sekarang

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata telepon kabel ini keberadaannya  masih tetap eksis dan juga diminati sampai sekarang oleh banyak orang. Hal ini tidak lain karena telepon kabel merupakan sebuah alat komunikasi yang bisa menjadi penghubung antara satu orang dengan yang lainnya. Bahkan, tidak hanya di perkantoran saja melainkan masyarakat di pedesaan juga masih memanfaatkan alat yang satu ini.

2. Handy talky teknologi komunikasi yang kerap digunakan oleh petugas keamanan

Ada juga handy talky yang keberadaannya sendiri masih sering digunakan oleh para petugas keamanan seperti halnya satpam di bank, paspampres, maupun anggota kepolisian. Bentuk dari handy talky sendiri pada dasarnya hampir mirip seperti telepon genggan keluaran lama.

✅Baca Juga :  Cara Melihat Versi IOS di iPhone Anda

Di mana ciri khusus handy talky ini terletak pada antena panjangnya dan juga dilengkapi dengan layar yang kecil tanpa warna serta susunan tombolnya yang begitu mungil. Menariknya lagi ternyata cara kerja handy talky ini masih mengandalkan gelombang radio yang mana jarak tempuhnya sendiri bisa mencapai 12 mil.

3. Tablet teknologi komunikasi yang merupakan contoh komputerisasi dengan menggunakan pena

Keberadaan perangkat yang satu ini juga masih begitu populer sampai saat ini karena teknologinya semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Di mana contoh dari komputerisasi yang menggunakan pena ini juga tidak hanya mampu dijadikan sebagai perangkat komunikasi maupun informasi saja. Melainkan juga untuk memudahkan berbagai macam pekerjaan seperti halnya menulis maupun desain.

4. Telegraf teknologi komunikasi untuk mengirimkan pesan jarak jauh

Anda harus tahu bahwa alat yang satu ini biasanya digunakan untuk mengirimkan pesan melalui jarak jauh dan umumnya menggunakan sandi morse. Sebagai tambahan informasi, awalnya telegraf ini ditemukan oleh Samuel F.B. Morse yang berasal dari negara Amerika.

Waktu itu fungsi telegraf masih sebatas untuk mengirimkan kabar maupun perintah pendek saja. Baik itu instruksi dari institusi kepolisian maupun militer yang masih menggunakan surat telegram sebagai sarana berkomunikasi antara satu sama lain.

5. Faksmili teknologi komunikasi yang kerap digunakan para pekerja kantoran

Dulunya, para pekerja kantora kerap menggunakan perangkat yang satu ini untuk mengirimkan dokumen antar departemen. Di mana faksmili ini merupakan perangkat komunikasi tertulis yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan dalam  bentuk goresan pena.

✅Baca Juga :  Cara Melacak iPhone dengan IMEI

6. Intercom teknologi komunikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi antar divisi

Alat komunikasi tanpa kabel ini kerap digunakan untuk melakukan komunikasi dengan jarak yang begitu ekslusif dalam satu area saja. Dengan kata lain, Anda bisa menggunakan intercom untuk berkomunikasi antara satu divisi dan yang lainnya atau masih sebatas ruangan maupun berbagai macam kebutuhan lokal lainnya.

7. Pager teknologi komunikasi yang berfungsi untuk mengirimkan instruksi / pesan pendek

Terakhir, pager merupakan salah satu perangkat komunikasi yang begitu popular di tahun 90 an dan dulunya kerap dicari orang-orang untuk berkomunikasi. Salah satu kelebihan dari pager atau yang sering disebut juga dengan istilah beeper ini yaitu mudah dibawa ke mana saja dan juga kapan saja. Ciri khusus dari pager ini berbentuk persegi panjang dan juga kotak kecil yang dilengkapi dengan beberapa tombol.

Demikian ulasan artikel mengenai berbagai macam perkembangan teknologi komunikasi yang keberadaannya masih terus dicari sampai saat ini.  Dengan mengetahui semua perkembangan teknologi tersebut, semoga wawasan dan juga pengetahuan Anda akan semakin bertambah.

Back to top button