Kenali Apa itu Teknologi Pangan Beserta Contohnya

Pernahkah kalian mendengar apa itu teknologi pangan? Teknologi pangan merupakan disiplin ilmu sains yang mana merupakan terapan perpduan antara ilmu dasar dari bidang ilmu biokimia, bidang ilmu mikrobiologi, bidang ilmu teknik, bidang ilmu gizi, dan bahkan bidang ilmu sensoris pada makanan. Dengan ini, jangkauan dari teknologi pangan sangatlah luas.

Bahkan bidang ilmu yang luas ini pada akhir akan diterapkan juga pada skala besar yang mana membuat teknologi pangan sendiri menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang kemajuan semua bidang kehidupan. Misalnya saja pada industri pangan yang mana didalamnya menyangkut produksi, pengawetan, juga penyimpan makanan.

Di dalam bidang ilmu teknologi pangan, kalian akan menjumpai beragam proses pengolahan suatu produk hingga menjadi produk yang bernilai jual tinggi dan memiliki beragam manfaat untuk manusia. Ambil saja contoh langsung dari minuman yang mana di sini nanti kalian akan diajari cara mengolah bahan hingga menjadi produk jadi yang berlaku di supermarket dan lainnya.

Selain itu, cabang ilmu teknologi pangan juga akan terhubung dengan sifat-sifat pengolahan baik itunsifatbkiniaz sifat fisik bahkan sifat mikrobiologis dari bahan pangan tersebut. Sedangkan untuk sevarah perkembangannya, ilmu pangan sejak awal berfokus pada pembuatan suatu produk makanan. Namun kijiz dengan institusi bahkan membutuhkannya.

✅Baca Juga :  Cara Menghapus iCloud di iPhone dengan Mudah

Mulai dari pendidikan, perluas lapangan pekerjaan, hingga jenis produk atau makanan seperti apanyang kini memiliki peluang besar memberikan keuntungan yang melimpah. Nah, dari munculnya teknologi pangan inilah sunber ketersediaan pangan di negara kita jadi terjamin dan semakin maju dengan ilmu dan pemahaman yang baru.

Berikut ini Merupakan Keuntungan dari Teknologi Pangan

1. Makanan yang Bisa Diawetkan

Nah, keuntungan yang pertama dari adanya teknologi pangan ini adalah munculnya metode pengawetan untuk suatu makanan yang mana ini jelas berpengaruh besar untuk pendistribusian bahan makanan sevara metaya di dunia. Jadi cakupan dalam hal ini sangatlah luas. Contohnya saja  momet di mana orang yang ada di Eropa tidak bisa menikmati jenis makanan dari Asia.

Masalah seperti ini disebabkan karena tidak adanya metode pengawetan hasil teknologi pangan kala itu. Jadi dengan adanya teknologi pangan ini, smeuanirang sudah bisa merasakan ketenangan karena bisa menikmati makanan khasa dari negara yang lainnya tanpa perlu bersusah payah lagi.

2. Makanan yang Kini Bisa Dikeringkan

Beberapa dari kalian pasti pernah mencoba yang namanya makanan kering bukan? Nahz makanan kering inilah salah satu makanan yang mana menggunakan metode teknologi pangan saat ini. Hal ini dilakukan karena untuk melindungi suatu bahan pangan agar tidak mudah rusak karena mengalami pembusukan.

✅Baca Juga :  Daftar Laptop Terbaik untuk Gaming di Tahun 2023

Contoh sederhananya fungsi teknologi pangan ini ada pada makanan yang dijemur seperti kerupuk. Salah satunya adalah singkong. Nah, singkong kering ini pasti akan difungsikan lagi menjadi bahan bernilai jual tinggi. Misalnya menjadi tepung tapioka yang selalu kalian gunakan tanpa sadar proses pembuatannya bukan.

3. Adanya Teknologi Pangan Berupa Alat Pencuci Bahan Makanan

Di beberapa kota besar hal semacam ini pasti sudah  sangat sering ditemui bukan. Apalagi di restoran besar dan terkenal. Setiap kali akan membuat makanan olahan pasti bahan mentahnya akan melalui tahapan pencucian untuk mencapai titik sterilisasi. Nah, proses pencucian bahan makanan kini sudah mengalami peningkatan yang pesat dengan metode terbaru.

Metode ini dikenal dengan sebutan Most Probable Number atau secara singkatnya adalah MPN  yang mana bisa digunakan juga untuk mengecek seberapa banyak jumlah mikroba yang terkandung didalam bahan pangan tersebut, proses ini tentu bisa membantu kalian.

Back to top button