Kenali Beberapa Contoh Teknologi Tepat Guna Beserta Manfaatnya

Apa sih teknologi tepat guna itu? Teknologi tepat guna adalah teknologi yang mana memiliki peran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan setiap masyarakat, juga bisa menjawab seluruh ragam permasalahan di masyarakat. Tidak hanya itu, teknologi tepat guna juga harus memiliki value yang mana tidak merusak lingkungan dan bisa dimanfaatkan dengan mudah.

Dengan teknologi semacam ini, aspek lingkungan hidup maupun aspek ekonomi pasti memiliki nilai tambah yang lebih tinggi karena dihasilkan dari produk tepat guna yang sudah dijamin kualitasnya. Jadi dengan ini, teknologi tepat guna sendiri merupakan teknologi yang dibuat berdasarkan sasaran utamanya an akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Perannya sendiri sangatlah besar karena teknologi tepat guna sudah pasti berguna bagi kehidupan masyarakat agar mencapai titik keseimbangan yang lebih baik. Yang termasuk dalam janis kategori teknologi tepat guna ini bukan tentang  teknologi terbaru namun tidak memiliki efektivitas ya. Justru, bisa dikatakan tepat guna jika teknologi tersebut sangat efektif.

Suatu teknologi bisa dikatakan tepat guna apabila teknologi tersebut berhasil memenuhi setiap persyaratan yang dibutuhkan. Semua ini di kemas menjadi 4 kriteria yang juga menjadi sebuah acuan. Berikut ulasannya:

Kriteria Teknologi Bisa Dikatakan Tepat Guna

1. Teknologi diciptakan dengan sangat tepat dna sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Namanya saja teknologi tepat guna, pasti sasaran utamanya adalah masyarakat itu sendiri. Apapun teknologi yang diciptakan, aslakan bisa memenuhi kebutuhannya masyarakat, maka teknologi tersebut sudah bisa dikatakan menjadi teknologi tepat guna. Dengan ini pula suatu teknologi bisa diterima di masyarakat dan bisa berlaku sesuai dengan nilai-nilainya.

✅Baca Juga :  10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Untuk Android

2. Teknologi yang Diciptakan Mampu Menjawab Permasalahan Masyarakat

Nah, peran teknologi tepat guna selanjutnya adalah teknologi yang mampu menjawab permasalahan masyarakat. Dalam hal ini, teknologi yang diciptakan adalah teknologi terbaru yang mana mampu menghadapi masalah di lingkungan itu sendiri. Dengan ini, untuk membuat teknologi itu sendiri dibutuhkannya riset agar teknologi yang akan diciptakan sesuai kebutuhan.

3. Teknologi yang Diciptakan Dibuat Berdasarkan Sumber Daya di Lingkungan yang Ada

Teknologi yang dimaksud di sini adalah teknologi yang diciptakan berdasarkan sumber daya yang mana terdapat di daerah tersebut. Namun untuk menyempurnakan teknologi yang dibuat agar hasil yang dicapai maksimal, teknologi tersebut harus terus melalui tahapan tahapan untuk diperbarui.

Setelah melalui tahapan ini, kini saatnya memahami apa saja manfaat yang dihasilkan dari teknologi tepat guna ini. Berikut adalah beberapa contoh sekaligus manfaat dari teknologi tepat guna:

  • Teknologi Pompa Hydraulic Ram

Teknologi tepat guna yang pertama adalah Hydraulic Ram, teknologi ini termasuk dalam kategori tepat guna karena sudah banyak sekali dikembangkan di pedesaan, juga memanfaatkan air yang ada. Teknologi pompa hydraulic ram ini bahkan bisa kalian temukan di kawasan pedesaan yang mana tekstur tanah di desa tersebut juga mendukung. Misalnya di sekitar puncak.

✅Baca Juga :  Instagram Web: Menikmati Pengalaman Instagram di Layar Lebih Besar

Pompa air ini nantinya akan bekerja sebagai transformator air hidolik yang mana air akan masuk melalui bagian dalam pompa yang disebut dengan Hydraulic Head dengan takaran atau jumlah dari debit tertentu. Dengan ini, air yang akan dihasilkan nantinya akan jauh lebih tinggi dan dengan depot yang jauh lebih kecil.

  • Teknologi Mesin Penebar Pupuk

Teknologi tepat guna berikutnya adalah mesin yang mana sudah pasti sangat dibutuhkan bagi masyarakat pedesaan. Mesin penebar pupuk, teknologi semacam ini tentu bisa membuat para petani menjadi bekerja dengan sangat efektif. Namun kenyataannya, masyarakat pedesaan masih banyak yang belum menyadari akan pentingnya pemakaian teknologi tepat guna semacam ini.

Padahal mesi penebar pupuk ini bisa memudahkan petani ketika menebarkan setiap pupuk dalam tanaman. Dengan mesin ini pula pekerjaan para petani bisa jauh lebih cepat dan pupuk yang tersebar sudah dipastikan merata.

Nah, demikian beberapa ulasan mengenai teknologi tepat guna beserta contoh dan manfaatnya. Semoga dengan adanya ulasan ini banyak dari anak muda yang ikut tergugah untuk terus menciptakan teknologi-teknologi terbaru yang dapat mengatasi ragam permasalahan masyarakat baik di pedesaan maupun diperkotaan.

Back to top button