Cara Melacak Hp Dengan IMEI

Cara melacak Hp dengan IMEI ternyata sangat mudah. Hal ini bisa menjadi solusi bagi yang sedang kehilangan Hp. Bagaimana caranya? Simak saja alasannya berikut.

Hp saat ini menjadi barang yang penting untuk membantu kehidupan manusia. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan Hp seperti komunikasi, pekerjaan, membuat tugas sekolah bahkan mencari informasi terkini lainnya.

Sayangnya ketika kehilangan Hp maka akan berdampak pada dunia keseharian seperti kesulitan berkomunikasi dan kehilangan data penting. Untungnya ada cara melacak Hp dengan IMEI yang bisa mendapatkan kembali Hp anda dengan cara mudah.

Apa Itu IMEI dan Bagaimana Melihat IMEI Hp

IMEI adalah kode unik 15 digit yang sah dari GSMA. Fungsinya sendiri sebagai identitas dari setiap HP. Setiap anda mengirimkan pesan, chat ataupun panggilan maka nomor IMEInya akan secara otomatis dilacak.

Bagaimana cara membaca nomor IMEI? Biasanya nomor ini sudah ada di kardus Hp namun jika kardus itu hilang maka anda bisa melihatnya dari informasi di Hp masing-masing.

Cara Melacak Hp Dengan IMEI

Cara Melacak Hp Dengan IMEI

Beberapa langkah ini harus anda lakukan untuk mengetahui keberadaan Hp yang hilang. Ikuti petunjuk berikut:

1. Cari Nomor IMEI

Hal Pertama yang harus dilakukan adalah mencari nomor IMEI terlebih dahulu. Anda bisa membuka menu informasi Hp untuk mengetahui IMEI atau menekan kombinasi nomor *#06#* lalu panggil.

✅Baca Juga :  Cara Menghidupkan HP Samsung Tanpa Tombol Power

Selanjutnya anda bisa meneruskan proses pelacakan nomor. Ingat proses bisa terus dilanjutkan jika GPS dan internet pada Hp aktif namun jika mati maka anda tidak bisa mengetahui lokasi di Hp tersebut.

2. Datangi Kantor Polisi

Jika anda tidak bisa menghubungi Hp ada kemungkinan Hp anda hilang dicuri. Oleh karenanya pemintalan surat keterangan hilang dari pihak berwajib. Surat ini berguna untuk meminta operator melacak keberadaan Hp.

3. Hubungi Operator Ponsel

Selanjutnya, berbekal surat kehilangan anda harus menghubungi call center operator Hp. Tujuannya sendiri untuk melacak Hp tadi. Berikan nomor IMEI pada pihak operator untuk meminta melacak keberadaannya.

Cara Melacak Hp Dengan IMEI Menggunakan Aplikasi

Untuk melacak Hp yang hilang dengan IMEI membutuhkan aplikasi ketiga. Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu anda dalam menemukan Hp yang hilang. Berikut ini beberapa aplikasi tersebut:

1. Google Find My Device

Aplikasi populer dan sangat mudah digunakan untuk menemukan Hp yang hilang adalah google find my device. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membantu menemukan Hp yang hilang atau terjatuh.

Selain bisa melihat posisi dari Hp, anda juga bisa mengunci Hp meskipun dari jarak yang jauh. Dengan fitur ini mempermudah anda dalam menjaga privasi agar data yang ada tidak bisa dibuka oleh orang yang menemukan H panda.

2. Prey : Find My Phone and Security

Selain bisa memberitahu anda dimana posisi Hp berada lewat google maps yang aktif. Aplikasi ini juga bisa memberitahu anda siapa yang sedang memegang Hp anda. Aplikasi akan menangkap wajah orang yang memegang Hp terakhir kali dan mengirimkannya lewat email anda.

✅Baca Juga :  Cara Download GTA SA di Android dengan Aman

3. Where’s My Droid

Memiliki fitur yang canggih membuat anda bisa melacak keberadaan Hp dengan cepat melalui GPS yang aktif. Aplikasi ini bisa memberitahu lokasi Hp dan informasi notifikasi yang masuk di Hp anda. Informasi seputar baterai juga bisa dilihat dari aplikasi ini. Uniknya aplikasi ini akan memberitahu anda jika yang menemukan Hp anda mengganti SIMnya.

4. CrookCatcher

Hp anda dimaling orang dan ingin tahu dimana keberadaannya? Gunakanlah aplikasi satu ini, fungsinya untuk menangkap lokasi yang orang yang mengambil Hp anda. Nantinya aplikasi ini juga bisa mengambil foto yang mengambil secara detail dan mengirimkannya ke email anda.

5. Family Locator by Life360

Terakhir ada aplikasi family locator by Life360. Sesuai dengan namanya, aplikasi satu ini digunakan untuk mengetahui posisi Hp keluarga. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk menemukan Hp yang hilang sayangnya aplikasi ini tidak dilengkapi dengan fitur penguncian jarak jauh.

Itulah cara melacak hp dengan IMEI dengan atau tanpa aplikasi. Semoga acara tadi bisa membantu anda dalam menemukan Hp yang hilang.

Back to top button