Cara Mengunci Whatsapp di Android dan iOS, Agar Privasi Tetap Terjaga

Hello sobat, di era digital seperti sekarang ini, privasi menjadi salah satu hal yang sangat penting. Terlebih lagi dengan maraknya kasus pencurian data pribadi yang terjadi belakangan ini. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga privasi kita, termasuk di dalam aplikasi chatting seperti Whatsapp.

Mengapa Perlu Mengunci Whatsapp?

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Sebagai aplikasi yang banyak digunakan, tentu saja terdapat banyak informasi penting yang kita tukar melalui aplikasi tersebut, mulai dari informasi pribadi, rahasia, hingga data-data penting.

Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengamankan aplikasi Whatsapp dengan mengunci aplikasi tersebut agar hanya kita yang bisa membukanya. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara untuk mengunci Whatsapp di Android dan iOS agar privasi kita tetap terjaga.

Cara Mengunci Whatsapp di Android

Untuk mengunci Whatsapp di Android, kita bisa menggunakan fitur bawaan di aplikasi Whatsapp itu sendiri atau menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AppLock. Berikut adalah cara mengunci Whatsapp di Android menggunakan fitur bawaan:

  1. Buka aplikasi Whatsapp di ponsel Anda.
  2. Klik pada ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  3. Pilih “Settings” di menu dropdown.
  4. Pilih “Account”.
  5. Pilih “Privacy”.
  6. Gulir ke bawah dan pilih “Fingerprint lock”.
  7. Aktifkan fitur fingerprint lock.
  8. Pilih durasi penguncian setelah aplikasi ditutup.

Dengan mengunci Whatsapp menggunakan fitur bawaan ini, setiap kali aplikasi ditutup, kita harus memverifikasi dengan sidik jari atau PIN untuk membuka aplikasi tersebut.

✅Baca Juga :  Cara Menonaktifkan Spelling and Grammar di MS Word 2013

Jika ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, kita bisa mengunduh aplikasi seperti AppLock di Google Play Store, dan mengikuti petunjuk pada aplikasi tersebut untuk mengunci aplikasi Whatsapp.

Cara Mengunci Whatsapp di iOS

Bagi pengguna iOS, cara mengunci Whatsapp sedikit berbeda dari Android. Berikut adalah cara mengunci Whatsapp di iOS:

  1. Buka pengaturan di ponsel Anda.
  2. Pilih “Touch ID & Passcode” atau “Face ID & Passcode” tergantung pada tipe ponsel yang Anda gunakan.
  3. Gulir ke bawah dan cari bagian “Allow Access When Locked”.
  4. Aktifkan tombol Whatsapp.

Dengan mengaktifkan tombol Whatsapp pada pengaturan Touch ID & Passcode atau Face ID & Passcode, setiap kali kita ingin membuka aplikasi Whatsapp, kita harus memverifikasi dengan sidik jari atau wajah kita terlebih dahulu.

Cara Mengunci Chat Tertentu di Whatsapp

Selain mengunci aplikasi Whatsapp secara keseluruhan, terkadang kita juga perlu mengunci chat tertentu yang mungkin berisi informasi pribadi atau rahasia yang tidak ingin orang lain melihat. Berikut adalah cara untuk mengunci chat tertentu di Whatsapp:

  1. Buka aplikasi Whatsapp di ponsel Anda.
  2. Pilih chat yang ingin Anda kunci.
  3. Klik pada ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  4. Pilih “More”.
  5. Pilih “Lock”.
  6. Masukkan PIN atau sidik jari untuk mengunci chat tersebut.

Dengan mengunci chat tertentu di Whatsapp, Anda bisa lebih tenang dan aman ketika seseorang meminjam ponsel Anda untuk membuka Whatsapp.

✅Baca Juga :  Cara Download Alight Motion Pro di Android

Cara Menjaga Privasi di Whatsapp

Selain mengunci aplikasi dan chat tertentu di Whatsapp, ada beberapa tips lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga privasi kita di aplikasi ini. Berikut adalah beberapa tips tersebut:

  1. Jangan mudah memberikan nomor Whatsapp kepada orang yang tidak dikenal atau tidak terpercaya.
  2. Hindari membuka link yang tidak dikenal atau mencurigakan melalui Whatsapp.
  3. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari aplikasi Whatsapp, karena versi terbaru biasanya memiliki fitur keamanan yang lebih baik.
  4. Hindari membuka atau mengunduh file yang mencurigakan melalui Whatsapp.
  5. Matikan fitur “last seen” di pengaturan Whatsapp untuk menghindari orang lain melihat kapan terakhir kali Anda membuka aplikasi tersebut.
  6. Matikan notifikasi Whatsapp di layar kunci untuk menghindari orang lain membaca pesan Anda tanpa izin.
  7. Gunakan fitur “block” untuk menghindari orang yang tidak diinginkan menghubungi Anda melalui Whatsapp.

Dengan melakukan tips-tips tersebut, kita bisa lebih aman dan tenang dalam menggunakan aplikasi Whatsapp.

Kesimpulan

Mengunci aplikasi Whatsapp menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga privasi kita di era digital seperti sekarang ini. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara mengunci Whatsapp di Android dan iOS, cara mengunci chat tertentu, serta beberapa tips untuk menjaga privasi kita di aplikasi Whatsapp.

Ingatlah bahwa privasi sangat penting, dan dengan melakukan beberapa langkah sederhana, kita bisa lebih aman dan tenang dalam menggunakan aplikasi Whatsapp. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Back to top button