Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Hello, Sobat! Siapa yang tidak suka mengambil foto dengan HP? Mengambil foto dengan HP memungkinkan kita untuk mengabadikan momen penting dalam hidup kita. Sayangnya, terkadang kita menghapus foto yang seharusnya tidak terhapus. Hal ini seringkali terjadi karena kesalahan atau karena terlalu banyaknya foto yang menyebabkan kita tidak sengaja menghapusnya. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengembalikan foto yang terhapus di HP dengan mudah.

Langkah Pertama: Periksa Folder Tempat Foto Terhapus

Langkah pertama yang dapat Sobat lakukan untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP adalah dengan memeriksa folder tempat foto tersebut seharusnya ada. Terkadang, foto yang terhapus hanya tersembunyi di dalam folder lain atau terhapus oleh kesalahan. Pastikan Sobat memeriksa semua folder yang mungkin berisi foto yang hilang, termasuk folder Recycle Bin jika Sobat menggunakan HP dengan sistem operasi Android.

Langkah Kedua: Gunakan Aplikasi Recovery

Jika foto yang hilang tidak ditemukan di folder mana pun, Sobat dapat menggunakan aplikasi recovery. Ada banyak aplikasi recovery yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Beberapa aplikasi recovery terbaik termasuk DiskDigger, EaseUS MobiSaver, dan Wondershare Dr.Fone. Sobat dapat mengunduh salah satu dari aplikasi ini dan mengikuti panduan yang ada di dalamnya untuk mengembalikan foto yang hilang.

Langkah Ketiga: Gunakan Google Photos

Selain aplikasi recovery, Sobat juga dapat menggunakan Google Photos untuk mengembalikan foto yang terhapus. Google Photos secara otomatis menyimpan salinan foto yang diambil oleh HP ke cloud, sehingga Sobat dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja. Pastikan Sobat sudah mengaktifkan fitur sinkronisasi Google Photos di HP. Untuk mengembalikan foto yang terhapus, cukup buka Google Photos dan cari foto yang hilang. Kemudian, klik tombol Restore untuk mengembalikan foto tersebut.

✅Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Simbol di Keyboard Android

Langkah Keempat: Gunakan Layanan Cloud

Jika Sobat menggunakan layanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, atau Dropbox, ada kemungkinan foto yang hilang masih tersimpan di dalamnya. Sobat dapat masuk ke akun layanan cloud dan mencari foto yang hilang. Jika foto yang hilang masih tersimpan di dalam layanan cloud, Sobat dapat mengunduhnya kembali ke HP.

Langkah Kelima: Gunakan Jasa Pemulihan Data

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Sobat dapat menggunakan jasa pemulihan data profesional. Jasa pemulihan data ini dapat mengembalikan foto yang hilang dari HP yang rusak atau korup. Namun, Sobat harus siap membayar biaya yang cukup mahal untuk jasa ini.

Tips untuk Menghindari Kehilangan Foto di HP

Mengembalikan foto yang terhapus memang bisa dilakukan,namun lebih baik jika Sobat dapat menghindari kehilangan foto di HP. Berikut beberapa tips yang dapat Sobat lakukan:

✅Baca Juga :  Cara Memblokir Orang yang Membatasi Penggunaan WiFi pada Perangkat Android

1. Backup foto secara teratur ke layanan cloud atau hard drive eksternal. Dengan backup, Sobat dapat mengembalikan foto yang hilang dengan mudah jika terjadi kehilangan data.

2. Jangan menghapus foto secara sembarangan. Pastikan Sobat memeriksa foto yang akan dihapus dan memastikan bahwa foto tersebut benar-benar tidak diperlukan lagi.

3. Gunakan aplikasi gallery atau album foto yang dapat membantu Sobat mengatur dan mengelola foto dengan lebih baik.

4. Jangan mengekspor atau memindahkan foto ke tempat yang tidak jelas atau tidak aman. Hal ini dapat menyebabkan foto hilang atau rusak.

5. Pastikan HP Sobat terlindungi dengan antivirus dan software keamanan yang memadai. Virus dan malware dapat menyebabkan kehilangan data termasuk foto di HP.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan cara mengembalikan foto yang terhapus di HP dengan mudah. Ada beberapa langkah yang dapat Sobat lakukan seperti memeriksa folder tempat foto terhapus, menggunakan aplikasi recovery, Google Photos, layanan cloud, dan jasa pemulihan data. Selain itu, juga telah disampaikan tips untuk menghindari kehilangan foto di HP. Dengan melakukan backup secara teratur dan menghindari tindakan yang dapat menyebabkan kehilangan data, Sobat dapat mempertahankan foto penting dalam hidupnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Back to top button