10 Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Hello Sobat, apakah kamu sering mengalami baterai laptop cepat habis saat bekerja? Hal ini tentu sangat mengganggu produktivitas kita, terutama jika sedang mengerjakan tugas penting. Pada artikel kali ini, kita akan membahas 10 penyebab dan cara mengatasi baterai laptop cepat habis. Simak informasinya di bawah ini!

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Salah satu penyebab baterai laptop cepat habis adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Semakin banyak aplikasi yang dibuka, semakin besar penggunaan daya baterai. Oleh karena itu, pastikan hanya membuka aplikasi yang dibutuhkan saja, dan menutup aplikasi yang tidak sedang digunakan.

2. Kecerahan Layar yang Terlalu Tinggi

Kecerahan layar yang terlalu tinggi juga dapat mempercepat penggunaan baterai. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menurunkan kecerahan layar pada laptop kamu. Kamu bisa mengatur kecerahan layar melalui pengaturan pada laptop kamu.

3. Terlalu Banyak Membuka Tab pada Browser

Jika kamu sering membuka terlalu banyak tab pada browser, hal ini juga dapat mempercepat penggunaan baterai pada laptop. Pastikan untuk menutup tab yang tidak sedang digunakan dan hanya membuka tab yang benar-benar dibutuhkan saja.

✅Baca Juga :  Cara Mengedit Suara Rekaman Menjadi Jernih di Android

4. Laptop Terlalu Lama Tidak Di-restart

Seringkali kita lupa untuk merestart laptop kita dalam jangka waktu yang lama. Padahal, dengan merestart laptop, kita dapat memperbarui sistem dan menutup aplikasi yang tidak terpakai. Hal ini dapat membantu mengurangi penggunaan daya baterai pada laptop.

5. Menggunakan Perangkat Keras Eksternal yang Banyak Daya

Jika kamu sering menggunakan perangkat keras eksternal seperti mouse atau keyboard yang banyak daya, hal ini dapat mempercepat penggunaan baterai pada laptop. Pastikan untuk mematikan perangkat keras eksternal tersebut jika tidak sedang digunakan.

6. Terlalu Sering Menggunakan Laptop dalam Keadaan Terhubung ke Listrik

Jika kamu terlalu sering menggunakan laptop dalam keadaan terhubung ke listrik, hal ini dapat mempercepat penggunaan baterai pada laptop. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan laptop dalam keadaan baterai saja jika memang tidak memerlukan daya listrik.

7. Mematikan Fitur Wi-Fi dan Bluetooth

Fitur Wi-Fi dan Bluetooth pada laptop dapat mempercepat penggunaan daya baterai. Jika kamu tidak memerlukan koneksi Wi-Fi atau Bluetooth, pastikan untuk mematikan fitur tersebut.

✅Baca Juga :  Cara Cek IMEI iPhone dengan Mudah

8. Menggunakan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya merupakan fitur yang disediakan oleh laptop untuk menghemat penggunaan daya baterai. Dalam mode ini, laptop akan menurunkan performa dan mengurangi penggunaan daya baterai. Kamu bisa mengaktifkan mode hemat daya melalui pengaturan pada laptop kamu.

9. Membersihkan Kipas Laptop

Kipas laptop yang kotor dapat membuat laptop menjadi panas dan menguras daya baterai dengan cepat. Pastikan untuk membersihkan kipas laptop secara rutin agar laptop kamu tetap dingin dan tidak menguras daya baterai dengan cepat.

10. Memperbarui Sistem Operasi

Terakhir, pastikan untuk selalu memperbarui sistem operasi pada laptop kamu. Pembaruan sistem operasi biasanya dilakukan untuk memperbaiki bug dan meningkatkan performa laptop, sehingga dapat mengurangi penggunaan daya baterai secara signifikan.

Kesimpulan

Itulah 10 penyebab dan cara mengatasi baterai laptop cepat habis yang dapat kamu terapkan. Pastikan untuk mengikuti tips di atas agar laptop kamu dapat bertahan lebih lama dan kamu dapat bekerja dengan lebih produktif. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Back to top button