7 Aplikasi Scan Dokumen di Android Terbaik

Hello sobat! Dalam era digital seperti sekarang, kebutuhan untuk mengubah dokumen fisik menjadi bentuk digital semakin meningkat. Hal ini terutama terjadi pada pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi scan dokumen di Android. Dalam artikel ini, kami akan membahas 7 aplikasi scan dokumen terbaik yang bisa kamu gunakan.

1. CamScanner

CamScanner merupakan aplikasi scan dokumen di Android yang populer dan banyak digunakan. Aplikasi ini memiliki fitur OCR (Optical Character Recognition) yang dapat mengubah dokumen yang discan menjadi teks yang dapat di edit. Selain itu, CamScanner juga dilengkapi dengan fitur pengeditan seperti crop, rotate, dan brightness. Fitur pengiriman dokumen melalui email atau aplikasi chat juga tersedia di aplikasi ini.

Namun, ada beberapa kekurangan dari aplikasi ini. CamScanner memiliki iklan yang cukup mengganggu dan beberapa fitur premium yang memerlukan biaya berlangganan. Selain itu, terkadang kualitas hasil scan dokumen tidak sebaik aplikasi lainnya.

2. Adobe Scan

Adobe Scan merupakan aplikasi scan dokumen di Android yang dilengkapi dengan fitur OCR dan kemampuan untuk mengubah dokumen yang discan menjadi file PDF yang dapat di edit. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan seperti crop, rotate, dan adjust color. Fitur pengiriman dokumen melalui email atau aplikasi chat juga tersedia di aplikasi ini.

Kelebihan dari Adobe Scan adalah kemampuannya untuk mengenali teks dalam gambar dengan sangat akurat dan hasil scan dokumen yang berkualitas tinggi. Namun, aplikasi ini memiliki batasan jumlah dokumen yang dapat discan dalam sebulan dan beberapa fitur premium yang memerlukan biaya berlangganan.

3. Microsoft Office Lens

Microsoft Office Lens merupakan aplikasi scan dokumen di Android yang dilengkapi dengan fitur OCR dan kemampuan untuk mengubah dokumen yang discan menjadi file Word, Excel, atau PowerPoint yang dapat di edit. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan seperti crop, rotate, dan brightness. Fitur pengiriman dokumen melalui email atau aplikasi chat juga tersedia di aplikasi ini.

✅Baca Juga :  Cara Daftar Tiktok Affiliate Tanpa Minimal Followers

Kelebihan dari Microsoft Office Lens adalah kemampuannya untuk mengenali teks dalam gambar dengan sangat akurat dan kemampuan untuk mengubah dokumen yang discan menjadi file Word, Excel, atau PowerPoint. Namun, aplikasi ini memiliki batasan jumlah dokumen yang dapat discan dalam sebulan dan beberapa fitur premium yang memerlukan biaya berlangganan.

4. Scanbot

Scanbot merupakan aplikasi scan dokumen di Android yang dilengkapi dengan fitur OCR dan kemampuan untuk mengubah dokumen yang discan menjadi file PDF atau JPG yang dapat di edit. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan seperti crop, rotate, dan brightness. Fitur pengiriman dokumen melalui email atau aplikasi chat juga tersedia di aplikasi ini.

Kelebihan dari Scanbot adalah kemampuannya untuk mengenali teks dalam gambar dengan sangat akurat dan hasil scan dokumen yang berkualitas tinggi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur batch scanning yang memudahkan kamu untuk scan beberapa dokumen sekaligus. Namun, seperti aplikasi lainnya, Scanbot juga memiliki beberapa fitur premium yang memerlukan biaya berlangganan.

5. Google Drive

Google Drive bukanlah aplikasi yang khusus dibuat untuk melakukan scanning. Namun, aplikasi ini memiliki fitur scan dokumen yang cukup baik. Fitur scan dokumen di Google Drive dapat digunakan dengan cara membuka aplikasi, menekan tombol “New” lalu memilih “Scan”. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pengeditan seperti crop, rotate, dan brightness.

Kelebihan dari Google Drive adalah aplikasi ini gratis dan tidak memiliki batasan jumlah dokumen yang dapat discan. Selain itu, hasil scan dokumen di Google Drive cukup baik dan bisa langsung disimpan di dalam Google Drive yang dapat diakses dari berbagai perangkat.

6. Clear Scan

Clear Scan merupakan aplikasi yang dilengkapi dengan fitur OCR dan kemampuan untuk mengubah dokumen yang discan menjadi file PDF yang dapat di edit. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan seperti crop, rotate, dan brightness. Fitur pengiriman dokumen melalui email atau aplikasi chat juga tersedia di aplikasi ini.

✅Baca Juga :  6 Rekomendasi Aplikasi Trading Saham Aman Terdaftar OJK

Kelebihan dari Clear Scan adalah hasil scan dokumen yang berkualitas tinggi dan kemampuannya untuk mengenali teks dalam gambar dengan sangat akurat. Aplikasi ini juga gratis dan tidak memiliki batasan jumlah dokumen yang dapat discan. Namun, terkadang iklan di aplikasi ini cukup mengganggu dan fitur premium yang memerlukan biaya berlangganan juga tersedia.

7. Fast Scanner

Fast Scanner merupakan aplikasi dilengkapi dengan fitur OCR dan kemampuan untuk mengubah dokumen yang discan menjadi file PDF atau JPG yang dapat di edit. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengeditan seperti crop, rotate, dan brightness. Fitur pengiriman dokumen melalui email atau aplikasi chat juga tersedia di aplikasi ini.

Kelebihan dari Fast Scanner adalah hasil scan dokumen yang berkualitas tinggi dan kemampuannya untuk mengenali teks dalam gambar dengan sangat akurat. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur batch scanning yang memudahkan kamu untuk scan beberapa dokumen sekaligus. Namun, seperti aplikasi lainnya, Fast Scanner juga memiliki beberapa fitur premium yang memerlukan biaya berlangganan.

Kesimpulan

Itulah 7 aplikasi scan dokumen di Android terbaik yang bisa kamu gunakan. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi kamu bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas hasil scan dokumen dan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh aplikasi sebelum memilih untuk menggunakannya. Selain itu, pastikan juga aplikasi yang kamu gunakan aman dan tidak membahayakan privasi data kamu.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari aplikasi scan dokumen di Android yang terbaik. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel menarik lainnya di website kami. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa kembali!

Back to top button