Cara Membuat Google Sheets Agar Bisa Diakses Semua Orang

Hello, Sobat! Pernahkah kamu ingin berbagi Google Sheets yang kamu buat dengan banyak orang? Namun, ketika kamu membagikannya, hanya orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat Google Sheets agar bisa diakses oleh semua orang. Simak yuk!

Langkah 1: Membuat Google Sheet

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat Google Sheets terlebih dahulu. Kamu bisa membuatnya melalui akun Google Drive yang kamu miliki. Setelah berhasil membuat Google Sheet, kamu bisa mengaksesnya dengan cara klik kanan pada file Google Sheet dan memilih opsi “Buka dengan Google Sheets”.

Langkah 2: Menentukan Izin Akses

Setelah kamu berhasil membuat Google Sheets, selanjutnya kamu perlu menentukan izin akses pada file tersebut agar dapat diakses oleh semua orang. Caranya, kamu dapat klik tombol “Bagikan” yang terletak di pojok kanan atas layar.

Pada bagian “Siapa yang dapat mengakses”, pilih opsi “Siapa saja yang memiliki tautan”. Kemudian, pada bagian “Hak akses”, kamu bisa memilih apakah ingin memberikan izin “Lihat”, “Edit”, atau “Berikan Komentar”.

Langkah 3: Mengirim Tautan ke Semua Orang

Setelah menentukan izin akses pada Google Sheets, selanjutnya kamu perlu mengirim tautan file tersebut kepada semua orang yang ingin kamu bagikan. Caranya, kamu bisa klik tombol “Salin Tautan” yang terletak di sebelah bagian “Siapa saja yang memiliki tautan”.

Setelah berhasil menyalin tautan, kamu bisa membagikannya ke semua orang melalui email, pesan singkat, atau media sosial lainnya.

✅Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Discover Google dan Menonaktifkannya

Langkah 4: Memberikan Akses ke Orang Lain

Jika ada orang yang ingin mengakses Google Sheets yang kamu bagikan, namun tidak memiliki izin akses, maka kamu bisa memberikan akses kepadanya. Caranya, kamu dapat mengklik tombol “Bagikan” dan memasukkan alamat email orang tersebut pada bagian “Tambah orang”.

Selanjutnya, pada bagian “Hak akses”, kamu bisa memilih apakah ingin memberikan izin “Lihat”, “Edit”, atau “Berikan Komentar” pada orang tersebut.

Langkah 5: Membatasi Akses

Jika kamu ingin membatasi akses pada Google Sheets yang kamu bagikan, misalnya hanya ingin orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya, kamu bisa memilih opsi “Orang-orang tertentu” pada bagian “Siapa yang dapat mengakses”.

Kemudian, pada bagian “Tambah orang”, kamu bisa memasukkan alamat email orang-orang yang diizinkan untuk mengakses Google Sheets tersebut. Selanjutnya, kamu dapat menentukan hak akses yang diberikan pada masing-masing orang yang kamu undang.

Langkah 6: Mengatur Izin Akses Lanjutan

Jika kamu ingin mengatur izin akses yang lebih lanjut pada Google Sheets yang kamu bagikan, kamu dapat memilih opsi “Lanjutan” pada bagian “Siapa yang dapat mengakses”.

Pada bagian ini, kamu dapat mengatur izin akses seperti “Mengundang Orang Lain”, “Mengubah Izin Akses”, dan “Menyalin Tautan”. Kamu juga dapat menentukan apakah ingin memberikan izin akses secara otomatis pada orang-orang yang kamu undang atau tidak.

Langkah 7: Membuat Kontrol Akses

Jika kamu ingin lebih membatasi akses pada Google Sheets yang kamu bagikan, kamu dapat membuat kontrol akses pada file tersebut. Caranya, kamu dapat mengklik tombol “Bagikan” dan memilih opsi “Tambahkan orang atau grup”.

✅Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Akun Google yang Sudah Lama Dihapus dengan Mudah

Pada bagian “Tambahkan orang atau grup”, kamu dapat memilih apakah ingin memberikan izin akses pada orang tertentu atau grup tertentu. Selanjutnya, kamu dapat menentukan hak akses yang diberikan pada masing-masing orang atau grup yang kamu undang.

Langkah 8: Mengatur Kata Sandi

Jika kamu ingin lebih membatasi akses pada Google Sheets yang kamu bagikan, kamu dapat mengatur kata sandi pada file tersebut. Caranya, kamu dapat mengklik tombol “Bagikan” dan memilih opsi “Mengubah hak akses siapa yang dapat mengakses”.

Pada bagian “Mengatur hak akses”, kamu dapat memilih opsi “Mengatur kata sandi untuk tautan” dan memasukkan kata sandi yang kamu inginkan. Selanjutnya, kamu dapat membagikan tautan dan kata sandi tersebut ke orang-orang yang kamu izinkan untuk mengakses Google Sheets tersebut.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat Google Sheets yang dapat diakses oleh semua orang. Kamu dapat menentukan izin akses pada file tersebut, membagikan tautan ke semua orang yang kamu ingin bagikan, memberikan akses kepada orang lain, membatasi akses, mengatur izin akses lanjutan, membuat kontrol akses, atau mengatur kata sandi pada file tersebut.

Ingat, sebelum kamu membagikan Google Sheets kamu kepada semua orang, pastikan kamu telah menentukan hak akses yang sesuai dengan kebutuhan dan menghindari penyalahgunaan data. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan jangan lupa bagikan kepada teman-temanmu yang membutuhkan. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Back to top button