Cara Membuat Background Transparan di Ms Word 2013

Menetapkan Tingkat Transparansi

Apakah Anda ingin membuat background transparan di MS Word 2013? Tidak perlu khawatir, karena tutorial ini akan memberi Anda panduan langkah demi langkah tentang cara melakukannya. Background transparan dapat memberikan tampilan yang lebih profesional dan menarik pada dokumen Word Anda. Jadi, mari kita mulai!

Ada beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk menetapkan tingkat transparansi pada background di MS Word 2013. Pertama, buka program MS Word 2013 dan buka dokumen yang ingin Anda atur background-nya menjadi transparan.

Setelah membuka dokumen, pergilah ke menu “Gambar” atau “Fill” di toolbar di bagian atas Window MS Word Anda. Di dalam menu ini, Anda akan menemukan opsi “Transparency” atau “Transparansi”. Pilihlah opsi ini untuk melanjutkan proses Anda.

Selanjutnya, Anda akan melihat pengaturan untuk tingkat transparansi. Anda dapat menyesuaikan tingkat transparansi mulai dari nol persen hingga seratus persen. Semakin tinggi persentase yang Anda pilih, semakin transparan background-nya akan menjadi.

Untuk mengatur tingkat transparansi, cukup geser tombol pengatur ke kiri atau kanan sesuai dengan preferensi Anda. Anda juga dapat menggunakan tombol angka di sebelahnya untuk mengatur tingkat transparansi dengan lebih presisi.

Saat Anda mengubah tingkat transparansi, Anda akan melihat perubahan yang terjadi pada background di dokumen Anda secara real-time. Ini memungkinkan Anda untuk melihat efek yang diberikan oleh tingkat transparansi yang Anda perlukan.

Selain itu, jika Anda ingin menerapkan transparansi pada hanya sebagian dari background, Anda dapat menggunakan alat pemilihan di program MS Word untuk memilih area yang ingin Anda atur transparansinya. Setelah memilih area tersebut, langkah-langkah yang sama berlaku untuk menetapkan tingkat transparansi.

Anda juga dapat menambahkan efek transparansi lainnya pada background di MS Word 2013. Dalam menu “Transparency”, Anda akan menemukan opsi untuk mengatur efek mosaik, efek bayangan, atau bahkan menyesuaikan warna latar belakang dengan menggunakan opsi “Background Picture”. Eksplorasi dan percobaan dengan opsi-opsi ini dapat memberikan hasil yang menarik dan kreatif untuk dokumen Anda.

✅Baca Juga :  Cara Mudah Membuat Blog Gratis

Setelah Anda puas dengan pengaturan tingkat transparansi, klik tombol “OK” untuk menerapkan perubahan pada background dokumen Anda. Background transparan Anda sekarang telah berhasil diatur di MS Word 2013.

Sekarang, Anda dapat menyimpan dan berbagi dokumen Anda yang memiliki background transparan. Pastikan Anda memilih format file yang kompatibel dengan kebutuhan Anda, seperti DOCX untuk mempertahankan format dokumen Word.

Menggunakan fitur background transparan di MS Word 2013 dapat memberikan tampilan yang lebih menarik pada dokumen Anda. Cobalah langkah-langkah di atas dan eksplorasi opsi-opsi yang ada untuk menciptakan dokumen yang unik dan profesional. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Melihat Hasil Perubahan

Setelah Anda mengatur transparansi latar belakang di MS Word 2013, tentunya Anda ingin melihat hasil perubahan yang telah Anda lakukan pada dokumen tersebut. Mengapa tidak kita lihat bersama-sama?

Untuk melihat hasil perubahan transparansi latar belakang, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama, pastikan dokumen Anda sudah memiliki latar belakang yang ingin Anda atur transparansinya. Jika belum, Anda dapat mengatur latar belakang terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya. Cara membuat background di MS Word 2013 akan dijelaskan pada bagian selanjutnya.

2. Setelah Anda memiliki latar belakang pada dokumen, pilih menu “Format” yang terletak di bagian atas jendela aplikasi MS Word 2013.

3. Dalam menu “Format”, pilih opsi “Latar Belakang” yang akan membuka submenu dengan beberapa pilihan.

4. Di submenu “Latar Belakang”, pilih opsi “Transparansi” untuk mengatur tingkat transparansi pada latar belakang dokumen.

✅Baca Juga :  8 Langkah Mudah Merapikan Dokumen MS Word

5. Setelah memilih opsi “Transparansi”, jendela baru akan muncul di sebelah kanan layar dengan pengaturan transparansi yang dapat Anda sesuaikan.

6. Di jendela pengaturan transparansi, Anda akan melihat pilihan “Tingkat Transparansi” yang bisa diatur menggunakan slider. Geser slider ke kiri atau kanan untuk mengatur tingkat transparansi yang Anda inginkan.

7. Selain menggunakan slider, Anda juga dapat mengatur tingkat transparansi dengan memasukkan angka secara manual pada kolom yang tersedia di jendela pengaturan transparansi.

8. Setelah Anda puas dengan pengaturan transparansi yang telah Anda lakukan, klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.

9. Sekarang, Anda dapat melihat hasil perubahan transparansi latar belakang pada dokumen MS Word 2013 Anda. Apakah Anda senang dengan hasilnya?

Selamat! Anda telah berhasil melihat hasil perubahan transparansi latar belakang di MS Word 2013. Jika Anda tidak puas dengan hasilnya, Anda dapat kembali ke langkah-langkah sebelumnya dan melakukan pengaturan ulang sesuai dengan keinginan Anda.

Ingatlah bahwa pengaturan transparansi latar belakang hanya akan berlaku pada dokumen yang sedang Anda kerjakan. Jika Anda ingin mengatur transparansi latar belakang secara permanen untuk semua dokumen, Anda perlu mengatur pengaturan ini pada template default MS Word 2013.

Sekarang, coba praktikkan cara membuat background transparan di MS Word 2013 ini dan lihatlah bagaimana hasilnya! Apakah Anda merasa lebih puas dengan desain dokumen Anda sekarang?

Dengan mengatur transparansi latar belakang, Anda dapat memberikan efek visual yang menarik pada dokumen Anda. Ini memberikan kesan yang profesional dan memperkaya pengalaman membaca bagi pembaca Anda.

Jadi, jangan ragu untuk mengambil keuntungan dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh MS Word 2013, termasuk pengaturan transparansi latar belakang. Jadikan dokumen Anda lebih menarik dan berkesan!

Back to top button