Cara Menghilangkan Garis Kotak-kotak di Microsoft Word

1. Menggunakan fitur “Bersihkan Format” di MS Word

Apakah kamu pernah mengalami masalah garis kotak-kotak yang tidak diinginkan saat menggunakan MS Word? Jangan khawatir, ada cara yang mudah dan cepat untuk menghilangkan garis kotak-kotak tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan fitur “Bersihkan Format” di MS Word.

“Bagaimana cara menghilangkan garis kotak kotak di MS Word dengan fitur ‘Bersihkan Format’?” kamu mungkin bertanya-tanya. Nah, fitur ini memungkinkan kamu untuk menghapus semua format yang tidak diinginkan, termasuk garis kotak-kotak, dengan hanya sekali klik. Tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan energi untuk menghapus garis kotak-kotak satu per satu secara manual.

Untuk menggunakan fitur ini, pertama-tama buka dokumen MS Word yang mengandung garis kotak-kotak yang ingin kamu hilangkan. Kemudian, pergi ke tab “Beranda” di bagian atas jendela MS Word. Di sana, kamu akan menemukan grup “Penataan”. Klik pada opsi “Bersihkan Format” yang ada di grup tersebut.

Setelah mengeklik “Bersihkan Format”, akan muncul menu drop-down dengan beberapa opsi. Di antara opsi tersebut, pilihlah “Bersihkan Semua Format”. Ini adalah opsi yang tepat untuk menghilangkan garis kotak-kotak. Tekan lagi untuk mengkonfirmasi pilihanmu.

Saat kamu memilih “Bersihkan Semua Format”, MS Word akan secara otomatis menghapus semua format yang tidak diinginkan, termasuk garis kotak-kotak. Kamu akan melihat perubahan langsung pada dokumenmu, di mana garis kotak-kotak yang sebelumnya mengganggu sudah lenyap dengan cepat.

Jadi, dengan menggunakan fitur “Bersihkan Format” di MS Word, kamu dapat dengan mudah dan cepat menghilangkan garis kotak-kotak yang tidak diinginkan. Tidak perlu repot-repot menghapusnya satu per satu secara manual. Jadi, mulailah menggunakan fitur ini dan nikmati pengalaman menulis yang lebih menyenangkan dan produktif tanpa gangguan garis kotak-kotak.

2. Mengubah format border pada teks

Dalam Microsoft Word, seringkali kita menemukan garis kotak-kotak di sekitar teks yang dapat mengganggu tampilan dokumen. Namun, kamu dapat dengan mudah menghilangkan garis-garis kotak tersebut dengan mengubah format border pada teks. Di artikel ini, kami akan membagikan cara untuk menghilangkan garis kotak-kotak di MS Word secara manual sesuai dengan keinginanmu.

Ketika kamu ingin menghilangkan garis kotak-kotak di teks, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengklik teks yang ingin diubah format bordernya. Setelah itu, pilih tab “Home” di menu ribbon Microsoft Word.

Kemudian, di bagian toolbar “Font”, kamu akan melihat ikon bergambar “Border” yang berbentuk seperti garis-garis dan kotak. Klik ikon tersebut untuk membuka menu drop-down yang menampilkan banyak opsi border yang dapat kamu pilih.

Di dalam menu drop-down tersebut, kamu dapat memilih jenis format border yang ingin digunakan pada teks kamu, seperti garis-garis tipis, garis-garis tebal, atau tanpa garis sama sekali. Kamu juga dapat memilih warna border yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain itu, kamu juga dapat mengatur posisi border pada teks. Kamu dapat memilih border yang berada di sekitar seluruh teks, hanya di sebelah kiri, kanan, atas, atau bawah teks. Kamu juga dapat mengatur ketebalan border sesuai dengan keinginanmu.

Jika kamu ingin menghilangkan garis kotak secara keseluruhan, kamu dapat memilih opsi “No Border” di dalam menu drop-down. Dengan memilih opsi ini, garis kotak-kotak di sekitar teks akan hilang dan teks kamu akan terlihat lebih bersih serta terorganisir.

Setelah kamu memilih format border yang diinginkan, klik pada opsi tersebut dan border akan otomatis terpasang pada teks yang kamu pilih. Kamu dapat melihat perubahan tersebut secara langsung di dokumen Word kamu.

Selain cara di atas, kamu juga dapat menggunakan shortcut keyboard untuk mengubah format border pada teks. Cara ini bisa lebih efisien jika kamu terbiasa menggunakan shortcut keyboard dalam penggunaan Microsoft Word.

Untuk mengatur format border pada teks menggunakan shortcut keyboard, pertama-tama pilih teks yang ingin diubah format bordernya. Setelah itu, tekan tombol “Ctrl+Shift+B” secara bersamaan. Dengan menekan tombol ini, border pada teks akan secara otomatis berubah sesuai dengan format yang telah kamu pilih sebelumnya.

✅Baca Juga :  Cara Ganti Nama Facebook dengan Mudah dan Cepat

Dengan mengubah format border pada teks di Microsoft Word, kamu dapat dengan mudah menghilangkan garis kotak-kotak yang mengganggu tampilan dokumenmu. Selain itu, kamu juga dapat mengatur format border yang sesuai dengan keinginanmu untuk membuat dokumen kamu terlihat lebih profesional dan rapi.

Mari kita praktikkan cara menghilangkan garis kotak kotak di MS Word ini agar kamu dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan dokumenmu dengan preferensimu!

3. Memanfaatkan fitur “Table AutoFormat” di MS Word

Salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan garis kotak-kotak yang tidak diperlukan di MS Word adalah dengan memanfaatkan fitur “Table AutoFormat”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk secara otomatis mengubah format tabel, termasuk menghilangkan garis kotak-kotak yang tidak relevan atau mengganggu tampilan dokumen Anda.

Dalam MS Word, Anda dapat mengakses fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama, buka dokumen yang mengandung tabel yang ingin Anda format.

2. Pilih tabel tersebut atau tempatkan kursor di dalam tabel.

3. Setelah itu, arahkan kursor Anda ke tab “Table Tools” yang akan muncul di bagian atas bilah alat MS Word.

4. Pada tab tersebut, Anda akan menemukan beberapa grup perintah terkait tabel. Cari grup yang bernama “Table Styles” atau “AutoFormat”.

5. Di dalam grup tersebut, Anda akan melihat beberapa pilihan format tabel yang telah disediakan oleh MS Word.

6. Pilih salah satu format tabel yang Anda rasa cocok atau sesuai dengan kebutuhan Anda. MS Word akan secara otomatis mengubah format tabel Anda.

Dengan menggunakan fitur “Table AutoFormat” ini, Anda dapat menghilangkan garis kotak-kotak yang tidak diperlukan dengan cepat dan mudah. Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mengubah format tabel secara keseluruhan, termasuk menambahkan atau menghapus garis ketebalan, mengatur margin, dan banyak lagi.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki tabel yang berisi data angka atau statistik, Anda dapat memilih format tabel yang lebih sederhana tanpa garis ketebalan. Hal ini akan membuat tabel Anda terlihat lebih bersih dan lebih profesional. Sebaliknya, jika Anda memiliki tabel yang berisi informasi yang lebih kompleks, Anda dapat memilih format tabel dengan garis ketebalan yang lebih menonjol untuk membedakan setiap sel atau kolom.

Memanfaatkan fitur “Table AutoFormat” juga dapat meningkatkan produktivitas Anda. Mengatur format tabel secara manual bisa memakan waktu yang cukup lama, terutama jika Anda memiliki tabel dengan banyak baris atau kolom. Dengan fitur ini, Anda dapat menghemat waktu dan energi Anda, karena MS Word akan secara otomatis melakukan semua pekerjaan tersebut untuk Anda.

Jadi, jika Anda ingin menghilangkan garis kotak-kotak yang tidak diperlukan di MS Word, cobalah menggunakan fitur “Table AutoFormat”. Dengan begitu, Anda dapat mengubah format tabel dengan cepat dan mudah, serta meningkatkan tampilan dokumen Anda secara keseluruhan. Selamat mencoba!

4. Menggunakan opsi “No Border” pada tabel

Dalam Microsoft Word, seringkali kita menemui tabel dengan garis-garis kotak kotak yang terlihat tidak diinginkan. Namun, jangan khawatir! Terdapat cara yang mudah untuk menghilangkan garis-garis tersebut hanya dengan beberapa kali klik menggunakan opsi “No Border” pada tabel. Dengan demikian, kamu dapat membuat tampilan dokumen Wordmu lebih rapi dan profesional.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa itu opsi “No Border” pada tabel. Opsi ini berfungsi untuk menghapus garis-garis yang ada di sekeliling tabel atau hanya pada bagian-bagian tertentu dari tabel tersebut. Dengan menggunakan opsi ini, kamu dapat mengontrol tampilan tabel lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhanmu. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah cara menggunakan opsi “No Border” pada tabel di Microsoft Word:

1. Pertama-tama, buka dokumen Wordmu dan pilih tabel yang memiliki garis kotak kotak yang ingin kamu hilangkan.

2. Setelah memilih tabel, perhatikan menu toolbar di bagian atas. Klik tab “Design” yang terletak di sebelah kanan “Layout”.

✅Baca Juga :  3 Cara Menerjemahkan Video Yang Tidak Ada Subtitle Di Android, Mudah Banget Lho!

3. Secara otomatis, akan muncul opsi “Table Styles” yang berisi berbagai tampilan tabel. Namun, fokuskan perhatianmu pada bagian “Borders”.

4. Di dalam bagian “Borders”, terdapat opsi “No Border”. Klik opsi ini untuk menghilangkan garis-garis kotak kotak pada tabelmu.

5. Setelah mengklik “No Border”, garis-garis kotak kotak pada tabelmu akan menghilang secara instan. Tabelmu pun akan terlihat lebih bersih dan teratur, tanpa garis-garis yang mengganggu.

6. Jika ingin mengembalikan garis-garis kotak kotak pada tabel, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sama dan memilih opsi border yang diinginkan di bagian “Borders”.

Dengan menggunakan opsi “No Border” pada tabel, kamu bisa lebih fleksibel dalam mengatur tampilan tabel di dokumen Wordmu. Menghilangkan garis-garis kotak kotak yang tidak diinginkan menjadikan tampilan dokumenmu lebih estetis dan mudah dibaca. Cobalah untuk mengaplikasikan langkah-langkah di atas pada dokumen Wordmu dan amati perbedaannya.

Terkadang, hal-hal kecil seperti mengatur tampilan tabel dapat membuat dokumenmu terlihat lebih profesional dan menarik. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara-cara baru dan mengembangkan keterampilanmu dalam menggunakan Microsoft Word. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

5. Menghapus Garis Kotak-Kotak Menggunakan Shortcut Keyboard

Apakah Anda sering menghadapi masalah dengan garis kotak-kotak yang muncul secara tidak sengaja di MS Word? Jangan khawatir, ada cara yang cepat dan efisien untuk menghilangkan garis-garis ini menggunakan shortcut keyboard. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara yang mudah untuk mengatasi masalah garis kotak-kotak di MS Word.

Manfaatkanlah shortcut keyboard di MS Word agar dapat menghilangkan garis kotak-kotak dengan cepat dan efisien. Salah satu shortcut yang dapat Anda gunakan adalah tombol “Ctrl + Shift + -“. Shortcut keyboard ini akan menghapus garis-garis kotak yang ada pada dokumen Anda tanpa perlu menggunakan menu atau toolbar.

Shortcut “Ctrl + Shift + -” adalah cara yang efektif untuk menghilangkan garis kotak-kotak di MS Word karena memudahkan pengguna dalam mengendalikan tampilan dokumen dengan cepat. Anda tidak perlu mencari tombol atau menu tersembunyi, cukup menekan kombinasi tombol ini untuk menghapus garis-garis kotak yang tidak diinginkan.

Jadi, bagaimana cara menggunakan shortcut keyboard ini? Pertama, pastikan Anda sedang berada di MS Word dan dokumen yang ingin Anda edit. Kemudian, tekan tombol “Ctrl” dan “Shift” secara bersamaan, dan tahan. Setelah itu, tekan tombol “-” (minus) di sekitar tombol backspace pada keyboard Anda. Release tombol-tombol tersebut dan Anda akan melihat bahwa garis kotak-kotak di dokumen Anda telah hilang.

Keuntungan menggunakan shortcut keyboard ini adalah kemudahan dan kecepatannya. Anda dapat menghilangkan garis kotak-kotak di MS Word dengan cepat tanpa perlu mencari tombol atau menu tersembunyi. Dalam bekerja dengan dokumen yang memiliki banyak garis kotak-kotak, penggunaan shortcut keyboard ini akan sangat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi Anda.

Tak hanya menghemat waktu, shortcut keyboard juga memudahkan pengguna dalam menghilangkan garis kotak-kotak dengan cara yang sederhana. Anda tidak perlu melakukan langkah-langkah rumit atau mencari tahu bagaimana cara menghilangkan garis kotak secara manual. Dengan shortcut keyboard ini, pengguna hanya perlu mengingat kombinasi tombol yang singkat dan mudah diingat.

Tentu saja, ada juga cara lain untuk menghilangkan garis kotak-kotak di MS Word, seperti menggunakan menu atau toolbar. Namun, penggunaan shortcut keyboard adalah cara yang lebih cepat dan efisien untuk mengatasi masalah ini. Shortcut ini juga memungkinkan pengguna untuk tetap berkonsentrasi pada pekerjaannya tanpa perlu mengalami gangguan atau mengubah fokus.

Sebagai kesimpulan, menghilangkan garis kotak-kotak di MS Word dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan shortcut keyboard “Ctrl + Shift + -“. Shortcut ini memungkinkan pengguna untuk mengendalikan tampilan dokumen dengan efisien dan meningkatkan produktivitas kerja. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara ini jika Anda ingin menghilangkan garis kotak-kotak dalam waktu singkat dan tanpa kerumitan!

Back to top button