Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Classroom

Cara Membuat Akun Google Classroom

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Google Classroom? Jika iya, berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat akun Google Classroom yang dapat Anda ikuti.

Pertama-tama, buka website Google Classroom di browser Anda. Pastikan Anda sudah menggunakan akun Google yang sudah ada untuk masuk, atau jika belum memiliki akun Google, Anda dapat membuatnya dengan mudah.

Jika Anda sudah memiliki akun Google, cukup masukkan alamat email dan kata sandi Anda untuk masuk ke Google Classroom. Namun, jika Anda belum memiliki akun Google, klik opsi “Buat Akun” yang tersedia pada halaman masuk. Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran akun Google.

Pada halaman pendaftaran, isikan informasi yang diperlukan untuk membuat akun Google, seperti nama depan, nama belakang, alamat email yang ingin Anda gunakan, dan kata sandi yang aman. Pastikan untuk memilih alamat email yang relevan dan mudah diingat.

Setelah mengisi informasi yang diperlukan, klik opsi “Berikutnya” untuk melanjutkan proses pendaftaran. Pada langkah berikutnya, Anda akan diminta untuk mengisi nomor telepon Anda. Ini merupakan langkah tambahan untuk mengamankan akun Anda.

Jika Anda ingin menambahkan nomor telepon, masukkan nomor telepon Anda yang masih aktif. Namun, jika Anda tidak ingin menambahkannya, Anda dapat memilih opsi “Lewati” atau “Tidak mau memasukkan nomor telepon” yang tersedia.

Setelah itu, Anda akan ditanyai mengenai tanggal lahir Anda. Masukkan tanggal lahir sesuai dengan informasi yang diminta. Pastikan untuk memasukkan tanggal lahir yang akurat, karena ini juga digunakan sebagai langkah keamanan untuk akun Google Anda.

Setelah mengisi tanggal lahir, pilih jenis kelamin Anda. Hal ini hanya untuk tujuan informasi dan bersifat opsional.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk menyetujui persyaratan layanan Google. Pastikan untuk membacanya terlebih dahulu dan kemudian setujui dengan mencentang kotak persetujuan.

Setelah itu, klik opsi “Berikutnya” untuk melanjutkan. Di langkah berikutnya, Anda mungkin akan diminta untuk memilih sesi yang tepat dan mengisi kode verifikasi untuk memverifikasi bahwa Anda bukanlah robot atau bot komputer.

Setelah langkah-langkah tersebut selesai, Anda akan diberi tahu bahwa akun Google Anda berhasil dibuat. Selamat, sekarang Anda sudah memiliki akun Google Classroom!

Anda dapat menggunakannya untuk mengakses berbagai fitur yang ditawarkan oleh Google Classroom, seperti membuat kelas, mengunggah tugas, berinteraksi dengan siswa, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang berguna bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai cara menggunakan Google Classroom, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Cara Membuat Kelas di Google Classroom

Apakah Anda ingin tahu cara menggunakan Google Classroom? Jika iya, artikel ini akan membantu Anda memahami langkah-langkah untuk membuat kelas di Google Classroom.

Ketika Anda masuk ke Google Classroom, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengklik tanda tambah (+) di sudut kanan atas laman. Dengan mengklik tanda tersebut, Anda akan dapat membuat kelas baru yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, Anda perlu mengisi detail kelas seperti nama dan deskripsi.

Langkah selanjutnya dalam menggunakan Google Classroom adalah menambahkan siswa ke dalam kelas yang telah Anda buat. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik opsi “Tambahkan siswa” dan memasukkan alamat email siswa yang ingin Anda undang. Setelah itu, siswa akan menerima undangan untuk bergabung ke kelas Anda.

Selain menambahkan siswa, Anda juga dapat menambahkan pengajar atau kolaborator ke dalam kelas. Hal ini memungkinkan Anda untuk bekerja sama dengan pengajar lain dalam mengelola kelas. Untuk menambahkan pengajar, Anda dapat mengklik opsi “Tambahkan pengajar” dan memasukkan alamat email pengajar yang ingin Anda undang.

Saat Anda telah menambahkan siswa dan pengajar ke dalam kelas, Anda dapat mulai membuat tugas dan materi pembelajaran. Google Classroom menyediakan fitur yang memudahkan Anda dalam mengunggah dan membagikan materi kepada siswa. Anda dapat mengklik opsi “Buat tugas” atau “Unggah” untuk memulai proses ini.

Setelah Anda membuat tugas atau materi pembelajaran, Anda dapat membagikannya kepada siswa dengan mengklik opsi “Bagikan” di sebelah tugas atau materi yang telah Anda buat. Siswa akan menerima notifikasi bahwa tugas atau materi telah tersedia untuk mereka dan mereka dapat memulai mengerjakannya.

✅Baca Juga :  Cara Membuat Daftar Hadir di Google Form

Jangan lupa untuk mengatur tanggal pengumpulan tugas jika Anda menginginkan agar siswa mengumpulkan tugas tersebut dalam batas waktu tertentu. Anda dapat melakukannya dengan mengklik opsi “Atur tanggal pengumpulan” dan memilih tanggal dan jam yang diinginkan.

Setelah siswa mengumpulkan tugas, Anda dapat memeriksa dan memberikan feedback kepada mereka. Google Classroom menyediakan fitur komentar yang memungkinkan Anda memberikan masukan kepada siswa secara langsung. Anda dapat mengklik tugas yang telah dikumpulkan oleh siswa dan menulis komentar di bagian komentar.

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan fitur pengumuman di Google Classroom untuk berkomunikasi dengan siswa dan membagikan informasi penting. Anda dapat mengklik opsi “Buat pengumuman” dan menuliskan pesan yang ingin Anda sampaikan kepada siswa.

Sekarang, Anda telah memahami cara menggunakan Google Classroom untuk membuat kelas. Segera coba langkah-langkah ini dan nikmati pengalaman mengajar yang lebih efisien dan terorganisir dengan bantuan Google Classroom!

 

Cara Menambahkan Siswa ke Kelas

Jika Anda ingin menambahkan siswa ke kelas yang telah Anda buat menggunakan Google Classroom, langkah-langkah berikut akan membantu Anda memahami prosesnya:

1. Buka kelas yang ingin Anda tambahkan siswa ke dalamnya. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Kelas” pada navigasi di bagian atas halaman. Ini akan membawa Anda ke halaman utama Google Classroom yang menampilkan daftar semua kelas yang telah Anda buat.

2. Setelah Anda memilih kelas yang ingin Anda tambahkan siswa ke dalamnya, klik tab “Siswa” yang terletak di navigasi atas halaman. Tab ini memungkinkan Anda melihat daftar semua siswa yang terdaftar dalam kelas tersebut.

3. Pada bagian atas halaman “Siswa”, Anda akan melihat tombol dengan tulisan “Undang Siswa”. Klik tombol ini untuk membuka kotak dialog yang akan memungkinkan Anda mengundang siswa baru ke dalam kelas.

4. Setelah kotak dialog terbuka, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email siswa yang ingin ditambahkan ke dalam kelas. Masukkan alamat email siswa secara manual atau salin dan tempelkan dari email atau sumber lainnya.

5. Jika Anda ingin menambahkan beberapa siswa sekaligus, Anda dapat memasukkan alamat email mereka satu per satu dengan memisahkan setiap alamat dengan tanda koma. Google Classroom juga memberikan opsi untuk mengundang siswa menggunakan kode kelas unik. Jika Anda memiliki kode kelas tersebut, Anda juga dapat membagikannya kepada siswa agar mereka dapat bergabung ke dalam kelas dengan memasukkan kode tersebut.

6. Setelah Anda memasukkan alamat email siswa atau menggunakan kode kelas, klik tombol “Undang” untuk mengunggah undangan ke siswa terkait. Siswa akan menerima undangan dalam bentuk email dan mereka dapat mengklik tautan yang disediakan untuk bergabung ke dalam kelas.

Sekarang Anda telah berhasil menambahkan siswa ke dalam kelas menggunakan Google Classroom. Pastikan untuk memeriksa daftar siswa di tab “Siswa” untuk memastikan bahwa siswa yang ingin ditambahkan sudah terdaftar dengan sukses.

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda sekarang dapat dengan mudah menambahkan siswa ke kelas yang telah Anda buat menggunakan Google Classroom. Ikuti langkah-langkah tersebut dan Anda akan menjadi seorang guru yang terampil dalam memanfaatkan platform pendidikan online ini!

Cara Menggunakan Google Classroom

Google Classroom adalah platform pendidikan online yang inovatif yang dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh. Dengan menggunakan Google Classroom, guru dapat membuat dan mengatur kelas secara virtual, mengunggah dan berbagi materi pembelajaran, memberikan tugas kepada siswa, memberikan umpan balik, dan berinteraksi dalam lingkungan online yang aman dan terstruktur.

Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui salah satu fitur penting Google Classroom, yaitu cara menambahkan siswa ke dalam kelas. Langkah-langkah yang kami berikan akan memudahkan Anda untuk mengelola kelas dan menjaga siswa tetap terhubung dengan materi pembelajaran yang Anda bagikan. Mari kita mulai dengan langkah pertama!

 

Cara Mengatur Pengaturan Kelas

Guru dapat mengatur pengaturan kelas sehingga dapat memaksimalkan pengalaman pembelajaran menggunakan Google Classroom. Dalam pengaturan kelas, guru dapat melakukan berbagai hal, seperti mengubah nama kelas, mengundang atau menghapus siswa, dan menyesuaikan izin akses siswa terhadap materi dan tugas yang diberikan.

Salah satu fitur yang sangat penting dalam pengaturan kelas adalah kemampuan untuk mengubah nama kelas. Dengan mengubah nama kelas, guru dapat memberikan identitas yang lebih spesifik terhadap kelas yang dijalankan. Misalnya, jika kelas tersebut adalah kelas Bahasa Inggris tingkat satu, guru dapat mengubah nama kelas menjadi “Kelas Bahasa Inggris Tingkat Satu – Kelompok A.” Hal ini akan membantu guru dan siswa dalam mengidentifikasi kelas yang tepat.

✅Baca Juga :  Panduan Lengkap Cara Membuat Room Google Meet

Selain itu, guru juga dapat melakukan undangan untuk siswa yang akan bergabung ke dalam kelas. Melalui fitur ini, guru dapat mengirimkan kode undangan kepada siswa yang belum terdaftar. Siswa hanya perlu memasukkan kode undangan tersebut untuk bergabung ke dalam kelas. Namun, guru juga memiliki opsi untuk menghapus siswa dari kelas jika diperlukan. Ini berguna jika terdapat siswa yang tidak lagi terdaftar atau siswa yang telah pindah kelas.

Tidak hanya itu, dalam pengaturan kelas, guru juga dapat menyesuaikan izin akses siswa terhadap materi dan tugas yang diberikan. Guru dapat memilih untuk memberikan izin penuh kepada semua siswa, atau membatasi akses tertentu hanya kepada beberapa siswa. Misalnya, jika ada siswa yang memerlukan perhatian ekstra, guru dapat memberikan akses tambahan ke materi dan tugas tertentu untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Dalam Google Classroom, guru memiliki fleksibilitas untuk mengelola pengaturan kelas dengan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan mengubah pengaturan kelas, guru dapat memaksimalkan efisiensi waktu pembelajaran dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada siswa.

Sekarang, mari kita lihat secara lebih detail langkah-langkah dalam mengatur pengaturan kelas dalam Google Classroom.

1. Masuk ke Google Classroom

Langkah pertama adalah masuk ke Google Classroom menggunakan akun Google Anda sebagai guru. Setelah masuk, Anda akan melihat daftar kelas yang Anda kelola.

2. Pilih Kelas yang Akan Diatur Pengaturannya

Pilih kelas yang ingin Anda atur pengaturannya dari daftar kelas yang tersedia. Setiap kelas akan memiliki pengaturan kelas yang berbeda-beda.

3. Klik pada Ikon Pengaturan

Selanjutnya, klik pada ikon pengaturan yang berada di bagian kanan atas halaman kelas. Ikon ini biasanya berbentuk roda gigi atau tiga titik vertikal.

4. Pilih “Pengaturan Kelas”

Dalam menu dropdown yang muncul setelah mengklik ikon pengaturan, pilih opsi “Pengaturan Kelas.” Halaman pengaturan kelas akan terbuka.

5. Ubah Nama Kelas

Pada halaman pengaturan kelas, Anda akan melihat opsi untuk mengubah nama kelas di bagian atas halaman. Klik pada opsi tersebut dan masukkan nama baru untuk kelas Anda. Setelah selesai, klik “Simpan” untuk menyimpan perubahan.

6. Mengundang atau Menghapus Siswa

Di bawah opsi mengubah nama kelas, Anda akan melihat daftar siswa yang sudah terdaftar dalam kelas. Untuk mengundang siswa baru, klik tombol “Undang” dan masukkan alamat email siswa yang ingin diundang. Siswa akan menerima undangan melalui email mereka. Jika ingin menghapus siswa dari kelas, klik pada ikon “Titik Tiga” di sebelah nama siswa dan pilih “Hapus dari Kelas.”

7. Mengatur Izin Akses Siswa

Anda juga dapat mengatur izin akses siswa terhadap materi dan tugas dalam pengaturan kelas. Untuk melakukannya, pergi ke bagian “Izin Akses Materi” atau “Izin Akses Tugas” di halaman pengaturan kelas. Di sini, Anda dapat memilih apakah ingin memberikan izin penuh kepada semua siswa atau membatasi izin akses tertentu hanya kepada beberapa siswa.

8. Menyimpan Perubahan

Setelah Anda menyelesaikan pengaturan kelas sesuai keinginan, jangan lupa untuk mengklik “Simpan” di bagian bawah halaman pengaturan kelas. Hal ini akan memastikan bahwa perubahan yang telah Anda buat sudah disimpan dan diterapkan pada kelas Anda.

9. Mengakses Pengaturan Kelas Lainnya

Anda juga dapat mengatur pengaturan kelas lainnya dengan mengulangi langkah-langkah di atas untuk kelas lain yang Anda kelola.

10. Menikmati Pengaturan Kelas yang Baru

Sekarang, Anda memiliki pengaturan kelas yang baru dan siap digunakan. Nikmati pengaturan baru ini dan manfaatkan fitur-fitur yang ada untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengatur pengaturan kelas dalam Google Classroom. Jangan ragu untuk memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia agar dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik bagi siswa Anda.

 

Back to top button