8 Aplikasi Meeting Online Gratis Dengan Fitur Terlengkap

Sejak masa pandemi semua kegiatan tatap muka dibatasi dan digantikan dengan pertemuan online. Baik dari segi pendidikan, pekerjaan dan lainnya menggunakan meeting online untuk bisa berkomunikasi jarak jauh. Oleh karena itu, tidak heran bila aplikasi meeting online gratis semakin banyak dicari dan digemari.

Hadirnya aplikasi meeting online gratis bisa mendukung kegiatan bisnis dan pendidikan agar tetap berjalan. Terlebih sebagian besar perusahaan dan sekolah menerapkan kebijakan di rumah saja. Sebelum memutuskan ingin menggunakan aplikasi meeting online yang mana ada baiknya mengetahui informasi selengkapnya dibawah ini agar bisa memilih aplikasi yang paling bagus:

1. ZOOM

Aplikasi yang pertama adalah Zoom Cloud Meeting. Aplikasi ini mulai booming di awal pandemic Covid-19 dan menjadi solusi untuk rapat atau meeting. Padahal aplikasi buatan Zoom video Communications ini sudah ada sejak 2012 dan baru terkenal di tahun 2020.

Selain mudah digunakan, aplikasi Zoom memiliki fitur yang cukup lengkap. Tidak hanya itu, aplikasi ini memiliki kualitas video yang baik dan tidak mudah mengalami Lag ketika jaringan lemah. Maka tidak heran bila banyak yang menggunakan aplikasi satu ini,

Sayangnya, untuk versi Zoom gratis waktu meetingnya dibatasi hanya 40 menit saja. Untuk jumlah peserta yang bisa join meeting sekitar 100 orang, sangat banyak bukan? Jika pengguna ingin menambah durasi meeting maka harus berlangganan versi Premiumnya.

2. Microsoft Team

Aplikasi meeting online gratis selanjutnya ada aplikasi Microsoft Team yang dikebangkan oleh Tim Microsoft. Pada mulanya aplikasi ini dirilis tahun 2017 dan menjadi aplikasi yang banyak digunakan di instansi terutama di Indonesia.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan video conference, melakukan panggilan telepon biasa, mengirimkan pesan singkat dan melakukan kolaborasi dokumen antar pengguna. Maka tidak heran jika Microsoft team ini sering digunakan untuk meeting online, webinar dan presentasi dalam skala besar.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah sudah terintegrasi dengan layanan Microsoft lainnya misalnya seperti Microsoft office. Sehingga pengguna bisa melakukan presentasi secara online dengan menyertakan slide show presentasi atau jurnal referensi yang bisa dilihat bersama. Hal ini memudahkan pengguna sehingga tidak perlu repot-repot mengcopy bahan presentasi.

3. Skype

Aplikasi Skype tentunya tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Pada awalnya aplikasi ini digunakan untuk melakukan video call antar individu saja, namun dalam perkembangannya skype bisa digunakan untuk meeting beberapa orang. Skype sendiri dirilis pada tahun 2003 dan kepemilikannya berganti-ganti sampai kini skype resmi berada di bawah Microsoft.

✅Baca Juga :  7 Aplikasi Al-Qur’an Terbaik Untuk Android

Untuk bisa menikmati layanan aplikasi meeting online gratis dari skype, pengguna tidak harus menginstalnya terlebih dahulu Karen skype bisa diakses secara langsung pada halaman websitenya.

Penggunaan aplikasi skype untuk meeting sangatlah mudah karena desain didalamnya sangat sederhana sehingga cocok bagi pemula atau orang yang gaptek sekalipun. Salah satu fitur yang menarik didalamnya terdapat fitur merubah background. Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot menata ruangan sebelum melakukan meeting online.

4. Webex

Aplikasi yang berada dibawah naungan cisco Webex ini tidak kalah populer dari aplikasi meeting online lainnya. Webex pertama kali didirikan tahun 1995 kemudian pada tahun 2007 diakuisisi oleh perusahaan Cisco.

Pengguna aplikasi ini didominasi oleh perusahan besar dunia bahkan masuk dalam daftar Fortune 500, keren bukan? Karena memang fasilitas yang ditawarkan sangat cocok untuk kebutuhan bisnis.

Selain itu di dalam aplikasi Webex banyak fitur yang menarik, sebagai contoh terdapat fitur polling yang bisa mempermudah kegiatan Tanya jawab. Aplikasi ini juga sering sekali digunakan dalam dunia pendidikan jika ada pelatihan atau meeting terkait kebijakan kurikulum sekolah.

5. Awor

Aplikasi meeting online gratis tidak hanya buatan luar negeri, ada juga aplikasi meeting buatan Indonesia. Aplikasi Awor adalah aplikasi yang dikembangkan oleh anak negeri dan sangat cocok digunakan untuk bisnis.

Awor ini dapat memfasilitasi para pebisnis yang ingin memiliki privat aplikasi video conference. Awor dapat diinstal pada server perusahaan agar pemilik perusahaan dapat lebih leluasa dalam menggunakannya dan lebih aman.

Fitur utama dari aplikasi Awor adalah audio dan video control dan love chat room. Selain itu pengguna juga bisa merekam percakapan yang berjalan agar bisa dilihat kembali di kemudian hari. Fitur pendukung lainnya yang tidak kalah menarik adalah password sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa masuk meeting.

Ada pula fitur reusable link dan parallel meeting, fitur ini memudahkan ketika mengadakan meeting harian atau mingguan. Adanya fitur ini sehingga tidak perlu membuat room baru ketika akan meeting.

✅Baca Juga :  Cara Mendapatkan Banyak Subscriber YouTube

6. Google Meet

Google juga mengeluarkan aplikasi meeting online bernama Google Meet. Aplikasi ini bisa dibilang pesaing dari aplikasi ZOOM karena jumlah penggunaannya yang hampir sama.

Aplikasi meeting online keluaran Google ini bisa digunakan secara gratis jadi pengguna tidak perlu berlangganan, hemat bukan? Selain gratis aplikasi ini bisa digunakan tanpa batas waktu. Peserta yag bisa berpartisipas juga cukup bayanyak yaitu 100 orang.

Sayangnya ada penghambat dalam melaksanakan meeting, karena pengguna harus membuat room meeting baru jika ingin menggelar meeting. Atau artinya link meeting lama sudah tidak bisa digunakan kembali. Ini cukup merepotkan, terlebih jika pengguna lupa membuat meeting room sebelum waktunya.

7. Blue Jeans

Berbeda dengan aplikasi meeting online gratis sebelumnya, aplikasi satu ini menawarkan keunggulan yang berbeda. Dengan dukungan audio dan visual berkualitas tinggi membuat tampilan saat meeting lebih jernih, jelas dan tidak pecah-pecah.

Meskipun bisa dinikmati secara gratis dan tidak ada pembatasan waktu, sayangnya jumlah partisipan terbilang cukup sedikit yaitu hanya 50 orang saja. Jika ingin memasukan lebih banyak anggota ketika meeting, pengguna harus berlangganan paket per bulannya terlebih dahulu.

8. Jitsi Meet

Jitsi meet adalah aplikasi meeting online yang dikembangkan oleh perusahaan 8×8. Selain bisa digunakan secara gratis, kelebihan dari aplikasi ini pengguna bisa menambahkan peserta meeting dengan jumlah yang tidak dibatasi. Tentunya ini menjadi nilai plus bagi instansi dengan jumlah partisipan cukup besar.

Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah bersifat open source sehingga siapa saja bisa mengunduhnya secara gratis dan bisa membantu mengembangkan aplikasi Jitsi Meet ini tanpa melanggar hak ciptanya.

Meskipun semua aplikasi diatas bisa diakses secara gratis namun fitur yang tersedia tidak selengkap versi premiumnya. Untuk kebutuhan professional atau jika sering digunakan maka pengguna disarankan untuk berlangganan per bulannya agar mendapatkan fitur lengkap.

Itulah aplikasi meeting online gratis yang bisa dipilih untuk menjawab kebutuhan meeting online saat ini. Memang setiap aplikasi memiliki kelebihan yang menarik dan penting, namun perlu diingat bahwa setiap aplikasi juga memiliki kekurangan. Sehingga sebelum menggunakannya sesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu. Pilihlah aplikasi yang bisa menjawab kebutuhan dari pengguna.

 

 

Back to top button