Cara Mencari Akun Google Play Game yang Hilang dengan Beberapa Metode

Bagi pengguna Android yang menyukai game, maka tidak akan asing dengan yang namanya Google Play Game. Secara khusus, komponen ini dimanfaatkan untuk menyimpan data game yang dimiliki pengguna. Sayangnya, terkadang pengguna mendapat kendala berupa akun yang hilang. Oleh sebab itu, perlu tahu juga cara mencari akun Google Play Game yang hilang dengan beberapa metode.

Jika akun yang dimiliki hilang secara tiba-tiba, maka perlu adanya pemulihan data yang dimiliki. Untuk melakukannya, diperlukan serangkaian metode menyeluruh yang harus diaplikasikan. Lalu bagaimana jika akun hilang karena terhapus secara tidak sengaja? Maka metodenya juga berbeda. Untuk mengetahui semua komponen metodenya, simak uraiannya di bawah ini:

Metode Mengembalikan Akun Google Play Game Hilang Mendadak Tanpa Sebab

Cara mencari akun Google Play Game yang hilang sebenarnya memiliki banyak metode berbeda. Namun jika dikatakan secara keseluruhan, maka setiap metode ini saling berkaitan dalam penggunaannya. Untuk mengetahui setiap detail langkahnya, simak urutan cara yang ada di bawah ini tanpa ada yang terlewat:

1. Pakai Perangkat yang Sama

Langkah pertama yang bisa diaplikasikan adalah memanfaatkan perangkat yang sama. Jadi, pengguna yang kehilangan akun Google Play game di satu perangkat, bisa melakukan proses pemulihan di perangkat itu juga. Hal ini penting untuk dipahami karena bisa berpengaruh pada keseluruhan proses yang dilakukan.

Dengan memanfaatkan perangkat yang sama, maka sistem akan lebih mudah mengenali akun yang akan dipulihkan. Proses verifikasi data dan rangkaian proses lainnya juga bisa lebih cepat jika memanfaatkan akun yang sama. Sehingga, proses pengembalian akun yang dilakukan akan lebih terkonsep dan lebih terarah.

2. Pakai IP yang Diizinkan

Pengguna yang memanfaatkan IP yang diizinkan oleh Google tentunya juga bisa lebih mudah mengembalikan akunnya. Hal ini sudah menjadi salah satu komponen krusial yang bisa diterapkan. Apabila IP yang dipakai oleh perangkat tidak diizinkan oleh pihak Google, maka prosesnya tidak akan bisa dilakukan.

Oleh sebab itu, pihak yang ingin mengembalikan akun yang hilang harus secara penuh memperhatikan IP yang dipakai. Terkadang, proses yang dilakukan tidak berhasil dan membuat lelah untuk melanjutkan prosesnya. Jika mengalami kendala semacam ini, maka pastikan untuk mengecek IP yang dipakai di perangkat.

3. Pakai Layanan Pemulihan dari Google

Cara mencari akun Google Play Game yang hilang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan layanan pemulihan yang sudah tersedia. Secara khusus, pihak Google sudah menyediakan layanan ini untuk dimanfaatkan berbagai kalangan masyarakat. Sedangkan secara penggunaannya, layanan ini bukanlah layanan yang menyulitkan.

✅Baca Juga :  Inilah 3 Cara Menghapus Google Bisnisku dan Lokasinya

Pengguna bisa langsung masuk ke situs layanan pemulihan Google, kemudian buka bagian “Berikutnya”. Setelah itu, akan ada halaman baru yang muncul dan berisi beberapa kolom kosong. Isikan kolom dengan informasi yang benar, dan ikuti semua panduan yang ada hingga akun bisa kembali didapatkan.

Untuk menerapkan metode ini, maka komponen email dan kata sandi harus diingat secara penuh. Tanpa adanya kata sandi, maka proses tidak akan bisa dilanjutkan dan pengguna tidak akan bisa menuju halaman pengisian data. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengingat sandinya agar akun bisa kembali dan dipulihkan.

4. Memanfaatkan Tautan Kedua

Jika metode pertama tidak bisa diaplikasikan karena pengguna lupa sandi, maka bisa mencoba metode yang kedua ini. Secara struktural, kata sandi tidak diperlukan dalam proses ini. Komponen yang diperlukan adalah alamat email dan data pribadi. Sehingga, bagi yang lupa sandi tetap bisa memulihkan email-nya.

Langsung saja masuk ke situs “Temukan Email” di kolom pencarian Google. Kemudian, masukkan alamat email yang dimiliki dan lanjutkan proses dengan memencet tombol “Berikutnya”. Setelah itu, pastikan untuk mengisi semua data yang diperlukan dan pencet tombol yang tersedia agar sistem bisa segera melakukan proses.

Apabila prosesnya selesai, maka pengguna akan mendapat akses penuh untuk menggunakan akun yang hilang tersebut. Metode ini akan berhasil asal pengguna memasukkan alamat email dan data dengan benar. Sedangkan jika ada kesalahan dalam pengisiannya, maka akun tidak akan bisa dipulihkan seperti saat awal.

5. Melalui Layanan Tanpa Alamat Email

Lalu bagaimana jika pengguna lupa pada email dan sandi yang digunakan oleh akun yang hilang? Jika permasalahannya seperti ini, maka ada metode lain yang bisa dimanfaatkan. Pengguna bisa memakai nomor telepon yang dipakai saat pendaftaran akun. Dengan adanya metode ini, maka pengguna bisa menemukan solusi lainnya.

Langsung saja masuk ke situs “Temukan Email”, kemudian masukkan nomor telepon di kolom yang sudah tersedia. Setelah itu, pastikan untuk mengikuti serangkaian langkah yang diberikan. Sistem akan memandu pengguna hingga akun bisa kembali dan bisa dimanfaatkan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengikuti serangkaian prosesnya.

✅Baca Juga :  Cara Membuat Daftar Hadir di Google Form

Jika sudah selesai, maka sistem akan memberikan akses ke akun Google Play Game yang hilang. Karena metode ini memerlukan nomor telepon, maka pastikan untuk mengingat nomor telepon yang dipakai saat pendaftaran akun. Jika lupa, maka tidak bisa memanfaatkan metode ini untuk penyelesaian prosesnya.

Metode Mengembalikan Akun Google Play Game Hilang karena Terhapus

Selain karena hilang tanpa sebab, terkadang pengguna dan pemilik akun juga melakukan kesalahan tidak sengaja. Kesalahan ini adalah melakukan penghapusan akun. Jika bertemu permasalahan semacam ini, maka cara mencari akun Google Play Game yang hilang karena terhapus tidak sengaja juga berbeda.

Untuk mengetahui metode dan urutan langkah yang tepat, maka pada pembahasan ini akan diuraikan secara menyeluruh. Setiap rangkaian cara yang ada tentunya wajib untuk diikuti dengan baik tanpa ada yang terlewat. Simak setiap urutan langkah berikut ini dan praktekkan dengan baik secara menyeluruh pada tiap poinnya:

  • Pertama, masuk ke situs milik Google dan buka bagian “Pemulihan Akun Google”. Pengguna harus masuk ke situs ini agar prosesnya bisa dilanjutkan.
  • Kemudian, buka opsi “Berikutnya”. Dengan masuk ke bagian ini, maka pengguna akan diarahkan ke halaman baru untuk pengisian berbagai data yang diperlukan.
  • Setelah itu, pastikan untuk mengisi semua data yang diminta sistem tanpa terkecuali.
  • Jika pengisian sudah dilakukan, maka pihak Google akan melakukan verifikasi data yang ada. Proses ini diperlukan untuk melihat apakah akun sudah sesuai dengan yang sebenarnya atau tidak.
  • Langkah lanjutan yang bisa dilakukan adalah menunggu sistem menyelesaikan proses. Apabila data yang dimasukkan tidak salah, maka sistem akan mengembalikan akun yang tidak sengaja terhapus.

Proses ini bisa dikatakan selesai jika akun sudah bisa dipakai lagi. Namun jika ada pengisian data yang salah, maka prosesnya tidak akan bisa dilanjutkan dan akun tidak akan dikembalikan. Jika akun ini memang tidak sengaja terhapus, maka pastikan untuk memulihkannya sebelum pihak Google menghapusnya secara permanen.

Itulah penjelasan mengenai cara mencari akun Google Play Game yang hilang dengan berbagai metode yang ada. Dengan adanya serangkaian metode di atas, maka pengguna yang kehilangan akun bisa segera mengembalikannya. Asal semua rangkaian metodenya diikuti dengan baik, maka tidak akan ditemukan komponen hambatan yang menyulitkan.

 

Back to top button