Inilah Cara Melihat Chat WA Yang Dicadangkan di Google Drive Secara Mudah

Dalam perkembangan teknologi informasi yang terus mengalami perkembangan tiada henti, membuat seluruh aspek kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Misalnya aplikasi WhatsApp yang populer digunakan dalam berkomunikasi. Setiap bulannya, pihak WhatsApp akan melakukan pencadangan WA. Untuk cara melihat chat WA yang dicadangkan di Google Drive ini juga cukup mudah.

Pengguna tidak harus memiliki peralatan khusus maupun keahlian lebih mengenai dunia informatika ini agar dapat melihat chat WA yang telah dicadangkan tersebut. Tahapan proses yang dilakukan untuk dapat melihat chat WA yang telah dicadangkan tersebut juga tidaklah terlalu sulit. Mau tahu cara melihat chat WA yang dicadangkan di google drive secara gampang? Simak ulasan berikut:

Cara Mencadangkan Chat WA di Google Drive

Bagi pengguna yang belum bisa mencadangkan chat WA melalui google drive ini, bisa melakukan pencadangan chat terlebih dahulu. Ada banyak keuntungan yang didapatkan ketika chat WA ini telah dicadangkan secara rutin pada google drive. Misalnya saja, ketika pengguna tidak sengaja melakukan penghapusan, tiba-tiba memerlukan data tersebut dari chat yang telah dihapus, maka pengguna bisa melihatnya kembali.

Dengan begitu, pengguna tidak akan kehilangan data dari chat WA ini apabila telah dicadangkan sebelum melakukan penghapusan chat. Oleh karena pencadangan chat WA ini sangat bermanfaat untuk pengguna sendiri, ada baiknya pencadangan tersebut dilakukan secara rutin. Untuk tahapan cara mengenai pencadangan chat WA pada google drive ini, simak ulasan berikut:

1. Buka Aplikasi WhatsApp

Tentu untuk melakukan pencadangan tersebut, pengguna harus membuka aplikasi WA yang dimilikinya. Jangan lupa sebelum melakukan pencadangan ini, pengguna harus mengaktifkan mode data internet bisa dari WiFi ataupun internet biasa agar proses pencadangan WA ini dapat berjalan dengan baik.

2. Klik Setting WhatsApp

Untuk melakukan pencadangan ini, pengguna bisa pergi ke menu pengaturan atau setting WhatsApp pada menu titik tiga. Untuk menu tersebut terdapat di bagian atas dan pojok pada tampilan utama WhatsApp. Kemudian, akan muncul beberapa menu lain. Misalnya saja, grup baru, pesan berbintang, dan sebagainya. Termasuk juga menu pengaturan juga akan muncul dan pengguna bisa menekan menu tersebut.

3. Pilih Menu Chats

Setelah menu pengaturan ditekan, maka akan muncul profil dari akun WhatsApp pengguna sendiri. Mulai dari informasi akun beserta nomor dan profilnya hingga menu pengaturan lainnya. Pengguna bisa memilih menu chats pada tampilan menu yang sedang disajikan tersebut.

✅Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Akun Google yang Sudah Lama Dihapus dengan Mudah

4. Klik Menu Chat BackUp

Untuk proses pencadangan chat WA ini, dikhususkan pada menu chat backup atau cadangkan pesan. Setelah pengguna menekan menu chats pada tampilan profil, maka menu chat backup ini akan muncul di bagian bawah. Jadi, pengguna bisa menarik ke atas sedikit untuk mendapatkan menu chat back up ini.

5. Masukkan Email

Dalam proses pencadangan pesan ini diperlukan email pribadi pengguna yang akan dihubungkan pada google drive tersebut. Untuk memasukkan email pribadi tersebut, pengguna bisa mengisi informasi email pada menu google account. Biasanya pengguna cukup memilih akun email yang diinginkan. Jadi, tidak perlu untuk mengisi data ulang dari email yang akan digunakan pencadangan tersebut.

6. Pilih Waktu Pencadangan

Nantinya, untuk memudahkan pengguna dalam masa pencadangan ini, pihak WhatsApp menyarankan beberapa pilihan waktu pencadangan yang akan dilakukan secara otomatis. Sehingga, pengguna cukup memilihnya saja dan sistem WhatsApp akan melakukan pencadangan sesuai dengan pemilihan waktu atas pencadangan tersebut.

7. Klik Menu Back Up

Untuk melakukan backup secara manual, pengguna bisa menekan menu back up tersebut. Menu dari back up tersebut akan muncul dibagian atas dan berwarna latar hijau yang mencolok. Sehingga, pengguna dapat melakukan pencadangan secara manual. Namun, kedepannya pencadangan tersebut dapat dilakukan secara otomatis sesuai dengan pengaturan waktu atas pencadangan tersebut.

Cara Melihat Chat WA Yang Dicadangkan di Google Drive

Ketika pesan-pesan yang telah dicadangkan sebelumnya melalui google drive, pengguna bisa melihat chat WA tersebut meskipun telah dilakukan penghapusan. Akan tetapi, pesan tersebut harus sudah pada masa pencadangan agar dapat muncul kembali. Mengenai cara untuk melihat chat WA yang telah dicadangkan ini, pengguna dapat menggunakan cara sebagai berikut:

1. Melihat Chat WA Yang Dicadangkan di Google Drive Melalui Android

Untuk pengguna yang tidak memiliki PC/Laptop, bisa melihat pencadangan WA ini melalui Google Drive di HP Android masing-masing. Mengenai proses yang harus dilakukan tersebut, juga tidak terlalu rumit. Adapun proses yang perlu dilakukan oleh pengguna agar dapat melihat chat WA yang telah dicadangkan melalui google drive di android ini, simak ulasan berikut:

  • Bukalah aplikasi Google Drive. Biasanya untuk android ini sudah terpasang aplikasi google drive di HP masing-masing. Untuk aplikasi drive ini akan dikelompokkan secara otomatis pada kumpulan aplikasi Google.
  • Log In pada akun email yang sudah tersinkronisasi dengan email pencadangan WA sebelumnya. Hal ini perlu dipastikan bahwa email yang digunakan untuk melihat ini harus sama pada saat pencadangan chat WA sebelumnya.
  • Klik ikon baris tiga di pojok. Untuk dapat melihat chat yang telah dicadangkan, pengguna perlu menekan ikon titik tiga tersebut.
  • Pilih menu cadangan. Agar cadangan chat dapat ditampilkan, pengguna perlu memilih menu cadangan ini.
  • Tekan menu WhatsApp. Setelah menu WhatsApp ini ditekan, maka file pencadangan yang telah dilakukan sebelumnya akan terlihat. Pengguna dapat melihat chat yang telah dicadangkan tersebut secara mudah dan lengkap.
✅Baca Juga :  Cara Memindahkan Word ke Google Docs dengan Mudah

2. Melihat Chat WA Yang Dicadangkan di Google Drive Melalui PC/Laptop

Selain cara melihat chat WA yang dicadangkan di google drive melalui Android, pengguna juga dapat melakukannya melalui PC/Laptop. Saat pengguna memilih melihat pencadangan chat WA melalui PC/Laptop ini, maka akan dapat terlihat lebih jelas. Oleh karenanya, cara ini sangat disarankan apabila pengguna memiliki perangkat pendukung tersebut.

Mengenai cara melihat pada PC/Laptop ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara melihat chat WA yang telah dicadangkan melalui android ini. Untuk lebih jelasnya, pengguna bisa melihat tahapan berikut:

  • Buka website Google Drive. Biasanya pada laptop ini tidak tersedia aplikasi GDrive, sehingga pengguna perlu membuka website dari Google Drive ini. Untuk cara membukanya, pengguna bisa log in pada email yang tersinkronisasi dengan email pencadangan WA sebelumnya. Kemudian pilih icon strip bar di bagian pojok kanan untuk memilih menu layanan google lainnya, termasuk google drive ini.
  • Klik ikon baris tiga di pojok. Untuk dapat melihat chat yang telah dicadangkan, pengguna perlu menekan ikon titik tiga tersebut.
  • Pilih menu cadangan. Agar cadangan chat dapat ditampilkan, pengguna perlu memilih menu cadangan ini.
  • Tekan menu WhatsApp. Setelah menu WhatsApp ini ditekan, maka file pencadangan yang telah dilakukan sebelumnya akan terlihat. Pengguna dapat melihat chat yang telah dicadangkan tersebut secara mudah dan lengkap.

Itulah informasi mengenai cara melihat chat WA yang dicadangkan di Google Drive secara gampang. Chat WA yang telah dicadangkan ini akan tetap dapat dilihat melalui google drive, meskipun chat di aplikasi WhatsApp nya telah terhapus. Oleh karenanya, ada baiknya pengguna selalu mencadangkan pesan WA nya secara rutin.

 

Back to top button