Penyebab dan Cara Mengatasi Saldo GoPay Tidak Masuk, Terbaru 2022

Penggunaan dompet digital kini semakin marak di tengah masyarakat. Salah satunya adalah GoPay. Saldo dalam aplikasi GoPay bisa dipakai membayar berbagai transaksi di berbagai merchant yang terdaftar. Namun bagaimana jika saldo tidak masuk saat melakukan top up? Simak cara mengatasi saldo GoPay tidak masuk beserta penyebabnya berikut ini:

Apa Penyebab Saldo GoPay Tidak Masuk?

Saldo GoPay tidak hanya digunakan untuk membayar produk layanan dari Gojek saja. Kini sudah banyak merchant yang menerima pembayaran melalui saldo GoPay. Hal ini membuat GoPay banyak dipilih oleh masyarakat sebagai salah satu dompet digital yang wajib dimiliki. Namun pada kondisi tertentu, bisa saja terjadi pengguna mengalami kesulitan saat melakukan top up saldo.

Bukan hanya gagal top up, tetapi bisa juga terjadi dimana transaksi dinyatakan sukses tetapi dana tidak masuk ke nomor akun GoPay yang bersangkutan. Hal ini tentu saja meresahkan dan pengguna yang masih awam cenderung cepat panik. Terdapat beberapa hal yang bisa menjadi penyebabnya, diantaranya adalah:

  • Gangguan jaringan atau sistem pada penyedia layanan GoPay.
  • Terjadi gangguan pada koneksi internet atau kondisi internet sedang tidak stabil.
  • Top Up dilakukan di hari libur nasional, pengguna harus paham ketentuan umum saat melakukan top up termasuk hari dimana pelayanan diliburkan serentak.
  • Kesalahan pada saat memasukkan nomor akun virtual GoPay.
  • Adanya pemblokiran terhadap akun yang bersangkutan oleh pihak GoPay dengan alasan tertentu.
  • Terjadi error pada sistem saat melakukan Top Up di gerai minimarket.

Faktor diatas menjadi penyebab saldo GoPay tidak bertambah walaupun transaksi top up dinyatakan sukses. Hal ini memang cukup menjengkelkan. Saat hal ini terjadi, jangan panik. Lakukan beberapa cara mengatasi saldo gopay tidak masuk di bawah ini.

Cara Untuk Mengatasi Saldo GoPay Tidak Masuk

Saat ini dompet digital GoPay termasuk ke dalam aplikasi yang aman dan dapat dipercaya. Saldo pengguna tersimpan dengan aman dan terlindungi secara maksimal. Namun kendati demikian, bisa saja terjadi dimana pengguna melakukan top up dan saldo tidak bertambah walaupun transaksi dinyatakan berhasil. Untuk kondisi ini pihak GoPay memiliki beberapa solusi yang dapat digunakan oleh penggunanya.

1. Tunggu Hingga Server Kembali Normal

Saldo GoPay tidak masuk saat melakukan top up bisa terjadi akibat terjadi gangguan server. Pada saat hal ini terjadi maka pengguna harus menunggu hingga server berjalan normal kembali. Umumnya hal ini tidak akan berlangsung lama.

✅Baca Juga :  8 Aplikasi Cleaner Android Terbaik Tanpa Iklan

2. Periksalah Kondisi Jaringan Internet

Dompet digital seperti GoPay sangat tergantung pada koneksi internet. Apabila jaringan internet tidak stabil pada saat melakukan transaksi top up, bisa dipastikan akan terjadi dua hal. Pertama transaksi tidak dapat dilaksanakan atau gagal, dan kedua transaksi berhasil tetapi saldo tidak masuk. Sambil menunggu server berjalan normal, pastikan koneksi internet pun berjalan dengan stabil agar transaksi berjalan lancar.

3. Periksalah Riwayat Transaksi

Cara mengatasi saldo GoPay berikutnya adalah dengan mengecek riwayat transaksi. Cara melakukan hal ini adalah dengan masuk ke aplikasi Gojek dan pilih menu Riwayat. Periksa riwayat transaksi yang telah dilakukan. Terkadang notifikasi top up tidak masuk sehingga saldo tidak bertambah.

Pengguna harus jeli dalam melihat riwayat transaksi. Restart HP agar aplikasi menjadi refresh dan riwayat terbarukan. Jika masih belum mendapat notifikasi dan saldo belum bertambah juga, lakukan pengisian ulang kembali.

4. Lakukanlah Pengecekan Bukti Transfer

Jangan membuang bukti transfer sembarangan. Hal ini penting jika terjadi sesuatu saat pengguna akun melakukan transaksi transfer. Contohnya dalam hal ini terjadi kondisi dimana saldo yang dikirim e akun GoPay tidak masuk.

Melalui bukti transfer dan riwayat transaksi, pengguna dapat mengajukan klaim apabila saldo belum juga masuk. Periksa juga apakah akun yang tertera dalam bukti transfer sudah benar. Bukti transfer ini dapat digunakan untuk meminta refund jika nomor akun yang dituju sudah benar namun saldo tidak masuk.

5. Periksalah Nomor Virtual Account Yang Dituju

Nomor Virtual Account sangat penting dan tidak boleh salah saat melakukan top up saldo dompet digital seperti GoPay. Kesalahan 1 nomor saja pada akun virtual yang diinput maka saldo akan terkirim kepada tujuan yang salah dan pengguna tidak dapat mengajukan klaim atau refund. Telitilah dan selalu periksa ulang sampai benar-benar yakin bahwa nomor akun virtual GoPay yang dimasukkan sudah benar.

6. Tunggulah Hingga 2 x 24 Jam

Setelah melakukan transaksi, ada durasi maksimal 2 x 24 jam untuk kepastian saldo masuk ke nomor yang dituju. Jika terjadi masalah dimana top up dinyatakan berhasil tetapi saldo tidak bertambah, maka pengguna harus menunggu selama 2 x 24 jam sebelum dapat mengajukan klaim kepada pihak GoPay dengan membawa bukti yang kuat.

7. Restart HP dan Hentikan Aplikasi

Pengguna dapat mencoba memperbaiki error pada sistem di HP dengan cara melakukan restart dan melakukan pengaturan aplikasi dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk ke dalam menu Settings, pilih Manajemen Aplikasi.
  • Pilih Setelan Aplikasi dan cari aplikasi Gojek.
  • Klik pilihan Penyimpanan dan Cache.
  • Hapus cache dan Data. Diharapkan setelah melakukan langkah ini sistem pada HP telah di restart dan refresh.
✅Baca Juga :  Cara Melihat Password Instagram yang Tersimpan di Android

8. Hubungi Layanan Customer Service

Saat mengalami hal yang kurang menyenangkan seperti saldo top up yang tidak masuk di akun GoPay, siapkan bukti terkait dan setelah 2 x 24 jam segera hubungi Customer Service. Ini merupakan solusi terakhir yang dapat dilakukan. Cara mengatasi saldo Gopay tidak masuk melalui Customer Service bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur bantuan yang ada di Gojek.

Buka aplikasi Gojek di HP, kemudian klik fitur “Hubungi Kami” dan secara otomatis pengguna akan terhubung dengan layanan Customer Service Gojek di 021-5084-9000. Selain melalui telepon, pengguna GoPay juga bisa mengajukan klaim melalui alamat email customerservice@gojek.com dengan melampirkan bukti-bukti yang diperlukan.

Pihak Gojek akan merespon keluhan pengguna dan mengembalikan dana yang telah di top up apabila terbukti bahwa dana yang dimaksud tidak pernah masuk ke dalam akun GoPay yang bersangkutan. Ini merupakan salah satu layanan untuk menjamin kenyamanan para pengguna Gojek dan untuk menjaga agar akun GoPay tetap aman untuk digunakan.

Kesimpulan

Beberapa orang pasti pernah merasakan kejengkelan saat melakukan transaksi top up saldo Gopay tetapi tidak masuk. Akibatnya pengguna tidak dapat melakukan transaksi melakukan dompet digital GoPay. Jika mengalami hal seperti ini, jangan panik. Siapkan beberapa dokumen yang bisa dijadikan bukti transaksi. Seperti bukti transfer dan riwayat transaksi.

Lakukan beberapa cara untuk mengatasi hal ini dengan benar dan tenang. Jika saldo tidak juga kembali dalam waktu 2 x 24 jam maka pilihan terakhir adalah dengan menghubungi Customer Service melalui nomor telepon atau alamat email. Dana yang telah dikirimkan kepada akun GoPay akan segera di refund oleh pihak Gojek.

Menggunakan fitur dompet digital seperti GoPay memang praktis dan menyenangkan, namun pengguna harus sadar bahwa kejadian semacam ini bisa saja terjadi. Jika berada dalam kondisi ini tetaplah bersikap tenang. Demikian ulasan mengenai cara mengatasi saldo GoPay tidak masuk dan semoga informasi ini bermanfaat.

 

Back to top button