6 Penyebab Baterai Hp Boros Dan Solusinya Yang Sering Tidak Disadari

Saat ini smartphone sangat penting untuk mendukung semua aktivitas, maka tidak heran bila barang satu ini dibawa kemana saja. Bahkan tidak jarang orang-orang memastikan daya baterai smartphone yang terisi penuh sebelum beraktivitas. Sayangnya, sering terjadi baterai hp yang boros, kenapa bisa begitu? Apa sebenarnya Penyebab baterai hp boros dan solusinya harus bagaimana?

Semua orang tentunya sangat ingin memiliki smartphone dengan performa baterai yang baik. Oleh karena itu penting sekali mengetahui Penyebab baterai hp boros dan solusinya dibawahnya:

Penyebab Baterai Hp Boros

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab baterai Hp menjadi boros. Penyebab-penyebab ini jarang disadari oleh penggunanya. Berikut ini hal-hal yang menjadi penyebab baterai Hp boros dan tidak bisa bertahan lama saat digunakan, diantaranya:

1. Kecerahan Layar Maksimal

Layar Hp adalah komponen yang menghabiskan daya baterai lebih banyak. Salah satu penyebab baterai Hp boros adalah kecerahan layar yang maksimal. Harus diketahui bahwa jika menggunakan kecerahan layak yang maksimal maka konsumsi baterai Hp akan semakin besar.

Pengguna bisa memeriksa penggunaan baterai dan aplikasi atau komponen apa saja yang menghabiskan daya baterai besar. Caranya adalah melakukan pengecekan di pengaturan, dengan langkah sebagai berikut:

  • Pertama, masuk ke pengaturan kemudian cari ikon baterai.
  • Kedua, klik opsi tiga titik yang berada di sebelah kanan atas.
  • Kemudian pilih opus penggunaan baterai.
  • Pilihlah bagian show full device usage untuk menampilkan penggunaan Hp secara lengkap.

2. Aplikasi Yang Berjalan Di Latar belakang

Sering tidak disadari oleh pengguna, bahwa ada aplikasi-aplikasi yang masih berjalan di latar belakang padahal tidak sedang digunakan. Misalnya saja beberapa aplikasi sosial media seperti facebook, messenger dan instagram. Aplikasi media social memang selalu berjalan di latar belakang dan menghabiskan cukup banyak daya baterai meskipun tidak digunakan secara aktif.

3. Sering Menggunakan GPS, WiFi dan Bluetooth

Untuk bisa mengakses layanan lokasi atau GPS, mengakses WiFi dan menggunakan Bluetooth ternyata membutuhkan koneksi internet yang kuat. Hal inilah yang menjadi Penyebab baterai hp boros dan solusinya  daya baterai berkurang lebih cepat dan boros. Bagi pengguna yang sering sekali mengaktifkan fitur tersebut, jangan Tanya kenapa baterai Hp menjadi cepat habis.

Selain membuat baterai cepat habis, layanan tersebut jika digunakan terus-menerus bisa menyebabkan baterai menjadi cepat panas. Lebih berbahaya lagi, jika koneksi yang disambungkan adalah koneksi yang tidak aman, hal tersebut bisa membahayakan perangkat Hp yang digunakan.

✅Baca Juga :  8 Aplikasi Penambah Followers Twitter Terbaik Dan Teknik Menambah Followers Termudah

4. Kondisi Sinyal Yang Buruk

Tidak banyak yang memperhatikan bahwa ketika berada di area dengan sinyal buruk maka baterai Hp akan cepat habis. Hal ini karena koneksi internet dan sinyal yang buruk membuat Hp mengeluarkan daya yang lebih besar agar tetap bisa beroperasi dengan baik. Kondisi inilah yang akhirnya membuat baterai Hp menjadi boros.

5. Belum Update Software

Malas mengupdate aplikasi atau software perangkat Hp dengan rutin? Siap siap baterai Hp menjadi boros. Karena software yang belum diupdate ternyata bisa menjadi penyebab baterai cepat habis. Hal ini akibat sistem operasi lama yang digunakan belum mengenali bugs aplikasi yang terbaru.

6. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Diinstal

Disadari atau tidak bahwa semakin banyak aplikasi yang diinstal di Hp akan membuat daya baterai Hp cepat berkurang. Memang banyak sekali aplikasi bagus dan menarik yang bisa di install di Hp namun beberapa aplikasi ternyata membutuhkan daya yang besar untuk bisa menjalankannya.

Solusi Baterai Hp Boros Paling Mudah

Penyebab baterai hp boros dan solusinya memanglah banyak. Setelah mengetahui penyebab baterai Hp boros maka pengguna harus mengetahui bagaimana solusi untuk mengatasinya. Ingat, bahwa penyebab baterai hp boros haruslah dihindari jika ingin performa baterai Hp yang maksimal. Berikut ini beberapa solusi untuk baterai Hp yang boros, diantaranya:

1. Kurangi Kecerahan Layar Hp

Karena salah satu penyebab baterai Hp boros adalah tingkat kecerahannya maka solusinya adalah dengan mengurangi kecerahan layar Hp. Jangan gunakan kecerahan maksimal layar yang bisa menyebabkan baterai menjadi boros namun ada baiknya kurangi kecerahan layar Hp.

Bisa juga pilihlah kecerahan otomatis, sehingga Hp akan mengatur sendiri kecerahannya. Misalnya di kondisi ruangan yang gelap maka kecerahan akan rendah sedangkan jika pengguna sedang berada diluar ruangan dalam keadaan cerah maka layar akan memberikan kecerahan tinggi.

2. Kurangi Pengguna Aplikasi Yang tidak Penting

Penyebab baterai hp boros dan solusinya yang selanjutnya, jika sudah tidak menggunakan aplikasi social media seperti facebook, instagram dan messenger maka log outlah akun. Kemudian nonaktifkan pop up dari ketiga social media tersebut karena social media selalu tersambung ke internet meskipun sedang tidak digunakan.

✅Baca Juga :  9 Aplikasi Jadwal Sholat Dengan Suara Adzan Terpopuler

Hal lainnya, uninstall aplikasi-aplikasi yang dianggap jarang digunakan. Bisa juga dengan menginstall dua aplikasi yang memiliki fungsi sama misalnya aplikasi pemutar music, aplikasi pemutar video dan aplikasi dokumen. Pilihlah salah satu yang paling sering digunakan dan uninstall aplikasi lainnya.

3. Batasi Fitur Location Service

Beberapa fitur location services seperti GPS, WiFi dan Bluetooth membutuhkan koneksi yang kuat untuk beroperasi dengan baik. Tidak heran, jika saat menggunakan fitur ini maka baterai berkurang lebih cepat. Sehingga untuk mengatasinya adalah dengan membatasi penggunaan ketiga fitur ini. Fitur tetap bisa digunakan disaat penting atau dibutuhkan saja, tidak selalu aktif ketika tidak digunakan.

4. Saat Sinyal Buruk Aktifkan Airplane Mode

Jika sedang berada di tempat dengan sinyal buruk namun internet terus diaktifkan maka baterai akan menjadi cepat habis. Solusinya adalah dengan mengaktifkan mode airplane ketika sinyal sedang buruk dengan cara inilah baterai Hp menjadi lebih awet. Jadi pengguna jangan memaksa performa Hp agar optimal padahal di wilayah yang sulit sinyal.

5. Rutin Update Software dan Clear Cache

Jika sudah muncul pemberitahuan untuk update software baik aplikasi atau perangkat maka langsung lakukan update jika memungkinkan. Jangan tunda-tunda lagi agar perangkat bisa mengenali bug aplikasi terbaru dan bisa mengatasinya.

Selain itu, lakukanlah clear cache secara berkala. Pengguna sering tidak menyadari bahwa file sampah di perangkat menjadi penyebab baterai cepat boros. Karena semakin banyak file sampah dan data cache maka akan membuat Hp harus bekerja lebih keras dan membutuhkan daya baterai yang lebih besar.

6. Aktifkan Mode Power Saving

Untuk beberapa jenis smartphone dilengkapi dengan fitur mode hemat atau power saving. Fitur ini sangat membantu dalam menjaga performa dari baterai. Karena CPU bisa membantu mengatur penggunaan daya baterai agar bisa bertahan lebih lama dan lebih hemat,khususnya ketika baterai sedang low.

Itulah beberapa Penyebab baterai hp boros dan solusinya. Banyak sekali hal-hal yang sering tidak disadari menjadi penyebab baterai Hp boros dan cepat habis. Oleh karenanya, selalulah cek kondisi baterai Hp secara berkala kemudian terapkan solusi baterai boros dengan benar. Dengan cara inilah baterai akan awet dan tahan lama.

 

 

Back to top button