Cara Agar WiFi Tidak Bisa Di Scan Barcode Paling Lengkap

WiFi memang sangat membantu kebutuhan internet sehari-hari di rumah. Namun, hal tersebut akan sia-sia jika WiFi lemot karena banyak yang memakai. Padahal, WiFi sudah dikunci password, namun ternyata ada orang yang bisa membobolnya dengan barcode. Hal tersebut membuat banyak orang bertanya-tanya bagaimana cara agar WiFi tidak bisa di scan barcode .

Sebenarnya, semua jenis WiFi yang menggunakan pengaman WPA2/PSK akan tetap bisa di scan barcode. Oleh karena itu, pemakai WiFi tidak bisa hanya bergantung pada router saja untuk mengatasinya. Harus diperlukan cara-cara lain agar WiFi tidak dibobol dengan barcode. Berikut ini adalah 7 cara agar WiFi tidak bisa di scan barcode:

1. Mengatur Settingan Basic Mikrotik

Mikrotik merupakan suatu sistem operasi berbasis software yang digunakan dalam memfungsikan komputer menjadi router suatu jaringan. Operation System (OS) ini sangat cocok dalam membuat administrasi jaringan dalam berbagai skala. Fungsi mikrotik antara lain adalah sebagai sistem mengotentikasi, mengkonfigurasi jaringan lokal, dan mengelola jaringan sistem.

Pada dasarnya, setiap mikrotik memiliki aturan umumnya masing-masing. Namun, pengaturan tersebut kadang-kadang tidak cocok dengan dengan router yang dipasang dan dipergunakan. Sehingga pengguna WiFi harus mensetting ulang atau reset guna membuat topologi jaringan yang akan dipakai nantinya.

Cara agar WiFi tidak bisa di scan barcode satu ini bertujuan supaya pengguna mempunyai bayangan jelas tentang apa yang dilakukan. Format topologi ini biasanya dipakai di berbagai jenis jaringan seperti hotspot di tempat umum, kafe, dll. Konstruksi topologi akan disesuaikan dengan keadaan di sekitar area WiFi tersebut dipasang.

2. Mengatur IP Address Pada WiFi

IP address atau alamat IP adalah adalah suatu nomor pengidentifikasi yang berkaitan dengan komputer atau pada jaringan suatu komputer. Alamat IP sendiri biasanya berupa kombinasi angka biner. IP address berfungsi membuat komputer mampu mengirim dan menerima informasi yang didapat dari jaringan internet.

Cara agar WiFi tidak bisa di scan barcode dengan mengatur IP addres bisa dilakukan menggunakan aplikasi winbox. Winbox merupakan suatu aplikasi berupa alat konfigurasi mikrotik router yang memanfaatkan GUI (Graphical User Interface). Tentunya pengguna harus mendownload terlebih dahulu aplikasi winbox ini.

Pengguna tinggal login ke winbox dengan password kosong dan klik Remove Configuration. Setelah itu, copy dan paste data script di new terminal, lalu tunggu sampai proses restart selesai. Jika sudah, login kembali pada winbox dan mulailah mengkonfigurasi IP addres sesuai topologinya. Masukkan IP address yang sesuai pada masing-masing ether.

✅Baca Juga :  Cara Buat Website Gratis dengan Mudah

3. Mematikan Sistem Keamanan WPS Pada Router

WiFi Protected Setup (WPS) adalah salah satu sistem keamanan website yang berfungsi dalam mengkoneksikan perangkat pada jaringan WiFi. Sistem keamanan WiFi yang satu ini bisa dibilang merupakan sistem yang paling umum digunakan di kalangan pengguna WiFi.

Cara agar WiFi tidak bisa di scan barcode yang satu ini memang sedikit aneh. Bagaimana bisa WiFi aman dari pembobol jika sistem keamanannya saja dimatikan? Disitulah letak celahnya, di mana penyusup bisa membobol WiFi ini dengan mudah. Sehingga pengguna harus mematikan fitur WPS ini untuk mencegah pembobol memasuki jaringan WiFi.

Untuk mematikan WPS, pengguna hanya perlu menghubungkan perangkat ke WiFi, lalu masuk ke IP address WiFi menggunakan browser. Setelah itu, login dengan username dan kata sandi yang tepat. Jika sudah login, masuk ke bagian network dan klik WPS. Setelah itu, klik disabled dan WPS sudah berhasil dimatikan.

4. Blokir Pengguna Yang Membobol WiFi

Cara selanjutnya adalah dengan memblokir pengguna yang terindikasi telah membobol WiFi. Memblokir pembobol sebenarnya bukan cara yang paling ampuh, karena pembobol bisa melakukannya lagi dengan perangkat yang lain. Namun, cara ini setidaknya bisa meminimalisir terjadinya pembobolan lain di kemudian hari.

Untuk memblokir pengguna WiFi sebenarnya bisa dilakukan secara langsung pada pengaturan hp, Namun, cara tersebut kurang efektif karena memiliki banyak celah. Ada baiknya pengguna menggunakan aplikasi untuk memblokir pembobol WiFi. Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Block WiFi Freeloader.

Cara menggunakan aplikasi ini bisa dilakukan dengan menghubungkan perangkat pada WiFi. Setelah itu, buka aplikasinya dan pengguna bisa melihat nama dan SSID WiFi beserta siapa saja yang menggunakannya. Jika terdapat pengguna yang tidak dikenal, maka bisa diganti statusnya menjadi Stranger dengan masuk Router Manage > Block.

5. Melakukan Setting Gateway Internet Mikrotik

Mikrotik sebagai gateway merupakan hal yang penting dalam pengonfigurasian WiFi. Implementasinya pun juga sangat umum dipakai banyak orang. Tujuannya untuk menghubungan WiFi dengan perangkat pengguna dengan IP yang berbeda-beda.

Mensetting gateway internet mikrotik sebenarnya berbeda dengan mengatur settingan basic pada mikrotik. Karena settingan basic mikrotik diatur dengan mereset ulang router. Sedangkan, setting gateway mikrotik dilakukan dengan mengkoneksikan modem yang sudah terhubung dengan jaringan pada port ether1 sebagai penghubung koneksi.

✅Baca Juga :  Aplikasi Pengintai Layar Ponsel Android

Pada dasarnya, semua perangkat yang terkoneksi dengan jaringan internet akan membutuhkan mikrotik sebagai gateway defaultnya. Cara untuk menambah gateway default bisa dilakukan dengan menyalin script dan menempelkannya di new terminal menggunakan aplikasi Winbox.

6. Memfilter Alamat Mac WiFi

Cara lain agar WiFi tidak dibobol orang lain dengan scan barcode adalah dengan memfilter alamat mac WiFi. Perlu diketahui, bahwasannya setiap perangkat atau hardware pasti memiliki alamat mac nya masing-masing.

Alamat mac berguna dalam mendaftarkan perangkat pada router WiFi agar tidak ada perangkat lain yang bisa masuk ke router pengguna. Dengan begitu, penyusup yang pernah membobol WiFi pengguna tidak akan pernah bisa membobolnya lagi, bahkan dengan scan barcode sekalipun.

Cara mengaktifkan alamat mac pun cukup mudah. Pengguna tinggal masuk ke dalam pengaturan modem menggunakan alamat ip default. Setelah itu, masuk ke Security Firewall, klik Mac address dan klik enable. Jika sudah, tambahkan alamat Mac yang baru dan klik apply.

7. Memasang Mikrotik Dengan Fitur Login

Cara agar WiFi tidak bisa di scan barcode yang terakhir adalah dengan memasang mikrotik pada router dengan fitur login. Bisa dibilang cara ini cukup unik, walaupun juga sedikit ribet. Karena cara ini memerlukan login agar bisa terhubung ke dalam WiFi, yang mana akan membuat WiFi terkesan eksklusif.

Dengan cara ini, setiap orang tanpa terkecuali harus login terlebih dahulu agar bisa memakai jaringan pada WiFi. Sehingga cara ini bisa meminimalisir pembobolan WiFi walau dengan scan barcode sekalipun. Cara ini bisa digunakan sebagai proteksi sekunder selain password jika WiFi memang sering dibobol.

Meskipun fitur dan perlindungan yang ditawarkan sangat canggih, namun cara pemasangannya memang sangat sulit. Pengguna bisa memanggil teknisi WiFi untuk langsung memasangnya. Beberapa fiturnya antara lain seperti mengawasi siapa saja yang terhubung pada WiFi, memblokir website, anti netcut, dll.

Demikianlah pembahasan seputar cara agar WiFi tidak bisa di scan barcode . Memang cara-cara tersebut tetap memiliki kelemahannya sendiri-sendiri. Namun, setidaknya pengguna bisa meminimalisir pembobolan WiFinya. Jika salah satu cara di atas tidak berhasil, maka bisa dicoba cara-cara yang lain.

 

 

Back to top button