Inilah Dua Cara Melihat Akun Yang Terhubung Dengan Gmail Secara Cepat

Seringkali, akun Gmail menjadi syarat yang digunakan untuk mendaftar ataupun masuk ke suatu akun website dan aplikasi lainnya. Diketahui,dengan memasukkan akun Gmail dan juga kata sandi maka pengguna bisa masuk ke akun lain dan mengaksesnya dengan mudah. Dengan banyaknya aplikasi yang digunakan maka terkadang pengguna lupa akun mana saja yang masih tersambung. Untuk itu, berikut adalah cara melihat akun yang terhubung dengan Gmail  yang perlu diketahui!

Cara Melihat Akun Yang Terhubung Dengan Gmail Menggunakan Browser

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh pengguna yang ingin mengetahui akun mana saja yang bisa mengakses informasi gmail yaitu melalui browser. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

1. Buka Browser

Hal pertama yang mesti dilakukan pengguna sebagai cara melihat akun yang terhubung dengan Gmail yaitu dengan membuka browser terlebih dahulu. Pastikan internet yang dipakai berada dalam keadaan bisa diakses dan memiliki jaringan lancar.

Lebih lanjut, carilah menu browser yang terdapat di ponsel maupun PC, kemudian tulislah alamat website myaccount.google.com. Berikutnya, klik cari untuk mencarinya. Setelah itu, tunggulah beberapa saat sampai pengguna dapat masuk ke bagian beranda website tersebut.

2. Lakukan Login

Setelah berhasil masuk ke browser, cara melihat akun yang terhubung dengan Gmail berikutnya adalah dengan melakukan login ke akun Google terlebih dahulu apabila belum masuk. Namun, apabila PC maupun ponsel milik pengguna telah terhubung maka bisa langsung mengaksesnya. Setelah masuk, pengguna akan disuguhkan dengan laman beranda Google akun milik pengguna.

Di sana terdapat berbagai menu yang dapat diakses seperti info pribadi, data dan privasi, keamanan, orang dan berbagi, serta pembayaran dan langganan. Menu tersebut dapat dipilih berdasarkan keinginan dari pemilik akun tersebut.

3. Cari Opsi Keamanan

Berikutnya, setelah pengguna masuk ke laman maka hal yang harus dilakukan adalah memilih opsi keamanan yang ada di pojok bagian kanan layar pada ponsel maupun PC pengguna. Diketahui, menu keamanan ini berisi berbagai macam pengaturan Google yang berfungsi untuk menjaga keamanan akun milih pengguna.

Di bagian tersebut juga terdapat menu lain yang bisa dipakai misalnya menu lindungi akun untuk melindungi akun milik pengguna. Lalu ada menu tinjau aktivitas keamanan untuk mengetahui berbagai aktivitas dari pengguna akun tersebut.

Kemudian ada pula menu kelola perangkat untuk melihat perangkat mana saja yang tersambung untuk mengakses akun. Serta, yang terakhir adalah menu kelola akses pihak ketiga untuk melihat website dan akun aplikasi apa saja yang tertaut dengan akun Google.

✅Baca Juga :  Inilah 5 Cara Upload File ke Link Google Drive Orang Lain

4. Pilih Akses

Lalu, setelah masuk ke bagian opsi keamanan maka pengguna harus masuk ke menu kelola akses pihak ketiga yang ada di bagian paling bawah dengan beberapa menu pilihan. Contohnya saja seperti  masuk dengan Google+, pengelolaan kata sandi, serta akun-akun yang telah ditautkan oleh pengguna.

Setelah itu, yang harus dipilih oleh pengguna yaitu menu akun tertaut. Klik bagian menu tersebut sehingga pengguna dapat mengetahui berbagai akun aplikasi yang tersambung dan dapat mengakses informasi Gmail.

5. Lakukan Penghapusan

Berikutnya, setelah mengetahui cara melihat akun yang terhubung dengan gmail maka pengguna bisa pula menghapus beberapa akun yang tidak diinginkan. Caranya yaitu pada bagian akun tertaut tersebut klik nama aplikasi maupun layanan yang diinginkan.

Selanjutnya klik hapus akses untuk menghapusnya. Bila telah dihapus maka akun pada aplikasi atau layanan itu tidak akan terhubung lagi dengan akun Google maupun Gmail milik pengguna.

Cara Melihat Akun Yang Terhubung Dengan Gmail Melalui Aplikasi Gmail

Kemudian, cara melihat akun yang terhubung dengan gmail yang kedua yaitu melalui aplikasi Gmail secara langsung. Biasanya, dalam setiap perangkat akan secara otomatis memiliki aplikasi gmail yang terpasang. Namun, apabila pada perangkat pengguna tidak memiliki aplikasi Gmail, maka bisa mendownloadnya terlebih dahulu melalui toko aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya!

1. Mendownload Aplikasi

Langkah pertama yang harus dilakukan bila tidak memiliki aplikasi Gmail yang terinstal di perangkat adalah dengan mendownloadnya. Caranya, bagi pengguna perangkat android maka bisa mencarinya melalui Google Play Store. Sedangkan, jika perangkat yang dipakai oleh pengguna adalah system iOS maka untuk mendownloadnya bisa melalui App Store.

Setelah mendownload serta menginstal aplikasi tersebut di perangkat, maka langkah selanjutnya adalah membukanya. Kemudian, pengguna harus login terlebih dahulu menggunakan email milik pengguna serta memasukkan password. Tunggu selama beberapa saat sampai akun gmail tersebut sinkron dengan perangkat.

2. Kelola Akun

Berikutnya, untuk mengetahui akun pada aplikasi ataupun perangkat mana saja yang tersambung dengan gmail maka pengguna harus masuk ke bagian kelola akun. Adapun kelola akun tersebut dilakukan untuk mengetahui berbagai informasi penting mengenai akun Google milik pengguna yang juga tersambung dengan email. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi gmail yang sudah terpasang pada perangkat milik pengguna.
  • Pada bagian halaman utama, klik ikon inisial nama email milik pengguna yang biasanya ada pada bagian layar pojok sebelah kanan.
  • Setelah di klik nantinya akan muncul keterangan singkat akun gmail yang terpasang pada perangkat.
  • Lebih lanjut, klik tulisan kelola akun Google anda yang berada di bawah nama pengguna email.
✅Baca Juga :  Cara Melacak Pemilik Nomor Hp Lewat Internet Paling Lengkap

3. Pilih Opsi Keamanan

Selanjutnya, cara melihat akun yang terhubung dengan gmail yaitu dengan masuk ke bagian menu keamanan. Saat pengguna sudah masuk ke bagian kelola akun tadi, pengguna akan menemukan bagian beranda yang berisi beberapa pilihan. Lalu, untuk masuk ke bagian keamanan, maka geserlah layar ke arah kanan hingga muncul tulisan keamanan.

Pada bagian tersebut, terdapat berbagai opsi mengenai keamanan akun milik pengguna. Misalnya saja aktivitas keamanan terbaru, verifikasi dan lain-lain. Geser layar hingga ke bagian bawah yang bertuliskan perangkat anda. Di bagian ini, pengguna akan menemukan berbagai perangkat yang telah login menggunakan akun Google yang tersambung dengan Gmail milik pengguna.

Sedangkan, untuk melihat aplikasi ataupun website apa saja yang memiliki akses terhadap akun Gmail dan Google yaitu berada di bagian bawahnya. Adapun opsi tersebut yaitu yang bertuliskan aplikasi pihak ketiga dengan akses akun.

Untuk melihat lebih jelas perangkat mana saja yang tersambung maka bisa dengan klik kelola perangkat. Kemudian, jika ingin melihat dengan detail aplikasi atau website mana saja yang terhubung dengan akun maka bisa klik tulisan kelola akses pihak ketiga.

4. Menghapus Akun

Apabila daftar perangkat dan aplikasi yang masih tersambung dengan akun Gmail sudah banyak yang tidak dipakai lagi atau takut disalahgunakan oleh pihak lain maka pengguna bisa log out atau menghapusnya.

Pada perangkat, caranya adalah dengan klik titik tiga pada nama perangkat ataupun bisa klik detail selengkapnya. Berikutnya klik tombol logout untuk keluar dari perangkat tersebut. Dengan demikian, perangkat tersebut pun sudah tidak terhubung dengan Gmail pengguna.

Untuk aplikasi ataupun website caranya juga sedikit mirip. Pilih nama aplikasi ataupun web yang masih terhubung, kemudian klik tombol hapus akses . Dengan begitu, web ataupun aplikasi tersebut pun tidak dapat mengakses akun Gmail milik pengguna lagi.

Demikianlah cara melihat akun yang terhubung dengan Gmail sekaligus akun Google. Apabila pengguna merasa khawatir akan adanya penyalahgunaan pada akun yang terhubung maka sebaiknya pengguna segera menghapusnya. Selain itu, pengguna juga mesti berhati-hati untuk memberikan akses baik itu pada perangkat ataupun aplikasi yang terlihat kurang aman.

 

Back to top button