Penyebab dan Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang Paling Mudah

Indosat merupakan salah satu perusahaan operator seluler yang cukup besar dan memiliki banyak pelanggan di Indonesia. Operator ini terkenal dengan fitur yang memanjakan kaum muda. Namun seringkali terjadi kondisi menjengkelkan dimana sinyalnya mendadak hilang atau lemot. Apa penyebabnya? apa saja cara mengatasi sinyal Indosat hilang? Ulasan di bawah ini akan menjawab dua pertanyaan tersebut.

Penyebab Sinyal Indosat Tiba-Tiba Hilang

Jangkauan sinyal Indosat sebenarnya sudah sangat bagus di beberapa kota besar. Namun pada beberapa kondisi tertentu pengguna layanan Indosat mengeluhkan jaringan yang sering hilang dan lemot. Akibatnya banyak aktivitas yang terganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Penyebab sinyal Indosat hilang bisa terjadi karena banyak faktor. Ada faktor internal seperti HP yang mengalami kendala, eror dan sebagainya. Ada juga faktor luar seperti kondisi cuaca , lingkungan dan sebagainya.  Apa saja penyebab sinyal Indosat menghilang?.

  • Sim card tidak terpasang dengan benar, hal ini dapat menyebabkan HP  tidak bisa menerima sinyal dengan baik.
  • Hadirnya bug di sistem HP. Bug ini adalah bagian dari sistem operasional HP yang salah satunya berperan untuk menangkap sinyal, jika terjadi masalah pada bug maka jaringan bisa saja hilang.
  • Pengaturan speed internet yang salah. Lakukan pengaturan yang sesuai di Menu agar jaringan tetap tertangkap.
  • Adanya pemadaman listrik, hal ini akan membuat jaringan terputus dan menghilang.
  • Kemampuan HP dalam menangkap sinyal sudah lemah, hal ini bisa disebabkan usia HP yang sudah tua atau kondisi HP yang mengalami kerusakan.
  • Lokasi yang terpencil sehingga sinyal hilang.

Cara Mengatasi Sinyal Indosat Hilang Secara Mendadak

Ketika berada dalam kondisi dimana sinyal Indosat menghilang, rasanya memang menjengkelkan. Aktivitas terganggu dan rasanya tidak nyaman.  Pengguna tidak dapat berinteraksi menggunakan HP. Namun jika sedang berada dalam kondisi ini jangan panik atau emosi. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:

1.  Lakukan Cek Info Perbaikan Jaringan

Jika Indosat akan melakukan perbaikan jaringan, pemberitahuan berupa SMS akan dikirimkan ke pengguna yang mungkin akan terdampak sesuai daerah perbaikan. Cek inbox di HP apakah ada pesan masuk dari Indosat terkait masalah perbaikan jaringan ini. Jika ada pesan masuk, artinya tinggal sabar menunggu hingga perbaikan selesai dan jaringan kembali normal.

2. Mainkan Mode Pesawat

Cara mengatasi sinyal Indosat hilang selanjutnya adalah dengan memainkan mode pesawat di HP. Caranya adalah dengan menyalakan dan mematikan mode pesawat secara bergantian. Nyalakan mode pesawat selama beberapa waktu. Kemudian matikan kembali mode tersebut agar jaringan Indosat di HP bisa di refresh.

✅Baca Juga :  Cara Membuat Body Note pada MS Word

Fungsi dari memainkan mode pesawat ini adalah memperbaiki sistem operasi yang mungkin mengalami crash sehingga akan kembali melalui proses ini. Dengan menyalakan mode pesawat maka mode jaringan seluler tidak akan menyala. Setelah mode pesawat dimatikan, jaringan seluler akan menyala secara otomatis dan sistem operasi mengalami refresh.

3. Lakukan Restart di HP

Matikan HP selama beberapa waktu. Setelah beberapa saat hidupkan HP kembali. Hal ini diharapkan dapat mengembalikan jaringan atau sinyal Indosat yang tersendat. Software dalam HP yang mengalami crash akibat hal tertentu seperti overload, bisa menyebabkan sinyal menjadi hilang. Dengan melakukan restart maka seluruh sistem operasi akan di refresh dan di mulai ulang. Setelah HP dinyalakan kembali silahkan di cek apakah sinyal Indosat sudah kembali.

4. Lakukan Pengaturan Ulang APN Indosat

Kesalahan ketika melakukan setting APN bisa menimbulkan masalah jaringan yang lemot dan menghilang. Lakukan cara berikut untuk mengembalikan settingan APN ke pengaturan default:

  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih menu Koneksi lalu klik Jaringan Seluler.
  • Pilih Poin Akses / APN.
  • Klik indosatgprs, kosongkan bagian username dan password.
  • Pastikan tidak ada kesalahan saat menginput data karena akan sangat berpengaruh dalam penerimaan sinyal di HP.

5. Kunci Jaringan 4G Menggunakan Kode

Jika pengguna tidak mengunci jaringan 4G maka bisa saja terjadi sinyal mendadak menghilang. Masuklah ke papan tombol telepon lalu ketik kode *#*#4636#*#* kemampuan pilih Enable 4G. jika cara ini tidak berhasil coba kode berikutnya yaitu *#673644# lalu nyalakan 4G di HP. Tunggu beberapa saat hingga sinyal muncul kembali.

6. Matikan Kartu SIM

Selain Mode Pesawat, pengguna juga bisa memainkan kartu SIM sebagai salah satu cara mengatasi sinyal Indosat hilang.  Lakukan cara berikut ini:

  • Masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih menu Koneksi dan Pengelola Kartu SIM
  • Tap Enable atau Disable secara bergantian.
  • Dengan Menghidupkan (Enable) dan Mematikan (Disable) kartu SIM, diharapkan sinyal Indosat akan kembali refresh.

7. Periksa Kartu SIM

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek kartu SIM. Periksa apakah ada kerusakan di bagian kuningan pada kartu. Jika ada kerusakan maka sinyal tidak akan bisa kembali normal. Bawalah ke gerai Indosat untuk menukar kartu SIM dengan kartu yang baru dengan nomor yang sama dan pastikan tidak ada kerusakan pada bagian kuningannya.

✅Baca Juga :  Kenali Ciri Ciri Hardisk Laptop Rusak Beserta Penyebab Dan Solusinya

8. Lakukan Reset Factory

Apabila diketahui permasalahan sinyal ini berasal dari software di dalam HP maka terpaksa pengguna harus rela untuk melakukan reset factory. Sebelum melakukan hal ini silahkan backup data yang ada karena jika tidak di backup maka data yang ada di HP akan hilang seluruhnya.

  • Buka menu Pengaturan, pilih Manajemen Umum.
  • Pilih Reset dan klik Reset Data Pabrik / Reset Data Factory.

9. Hubungi Call Centre

Untuk mengetahui apakah sinyal hilang dikarenakan jaringan yang buruk atau akibat HP yang bermasalah, segera hubungi Call Centre Indosat. Sebutkan nama lengkap, nomor Indosat dan detail alamat. Hal ini diperlukan agar Customer Service dapat menemukan data lokasi dan membantu memberi informasi mengenai jaringan di lokasi tersebut.

10. Perbaiki Komponen Penerima Sinyal

Jika semua cara mengatasi sinyal Indosat hilang telah dicoba dan sinyal masih belum kembali, bawalah HP ke gerai atau service yang terdekat dan terpercaya. Mintalah untuk di cek IC sinyal. Jika ternyata bermasalah bahkan rusak, segera ganti komponen tersebut agar sinyal bisa kembali.

Kesimpulan

Sinyal yang hilang memang sangat menjengkelkan terutama jika sedang memiliki kegiatan yang berhubungan dengan HP dan Internet. Walaupun Indosat adalah salah satu operator selular yang terpercaya di Indonesia, namun kondisi sinyal hilang bisa saja terjadi.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab masalah ini terjadi. Selain dari faktor dari dalam HP sendiri berupa adanya kerusakan komponen, error pada software atau kartu SIM yang mengalami masalah, sinyal yang hilang juga seringkali terjadi akibat cuaca yang buruk, kegiatan perbaikan jaringan rutin hingga lokasi pengguna yang berada di tempat terpencil.

Ketika berhadapan dengan situasi semacam ini, pengguna tidak perlu panik atau emosi. Lakukan beberapa cara mengatasi sinyal Indosat hilang yang telah dipaparkan di atas. Semoga setelah melakukan semua langkah tersebut dengan benar, sinyal Indosat dapat kembali dan bisa digunakan dengan baik.

 

 

 

Back to top button