Manfaat dan Cara Membuat Pesan Otomatis Di Whatsapp Bisnis Pembisnis Wajib Tahu

Banyak platform online yang dimanfaatkan para pebisnis untuk memasarkan produknya yang juga mempermudah para konsumen untuk membeli produk. Sebagai alternatif untuk melayani para konsumen secara instan dan cepat, para pebisnis banyak memanfaatkan fitur pesan instan untuk mendukung sistem operasional usaha yang dimiliki. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara membuat pesan otomatis di Whatsapp bisnis.

Membuat pesan otomatis di whatsApp bisnis sangat berguna terlebih untuk para pebisnis online. Tentu dengan adanya fitur ini akan membantu para konsumen untuk berkomunikasi dengan para penjual begitu pun sebaliknya. Fitur ini dapat digunakan untuk membalas pesan otomatis, menyortir pesan, sampai pada membalas pertanyaan yang diajukan oleh para konsumen

Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis

Banyak keuntungan jika seorang pebisnis memiliki whatsapp bisnis. Salah satu keuntungan tersebut adalah bisa membalas pesan dari pelanggan selama 24 jam non stop. Lalu bagaimana cara membuat pesan otomatis di Whatsapp bisnis tersebut? Ini caranya!

1. Instal Aplikasi 

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk cara membuat pesan otomatis di Whatsapp bisnis adalah mengunduh aplikasi whatsapp bisnis di aplikasi pengunduhan yang terdapat di smartphone. Sekilas memang terlihat mirip antara whatsapp biasa dengan whatsapp bisnis.

Namun untuk membedakannya adalah dengan melihat logo dari aplikasi yang tampil. Whatsapp biasa terdapat gambar telepon di bagian tengah logo sedangkan whatsapp bisnis terdapat gambar huruf B di bagian tengah logo. Setelah proses mengunduh selesai whatsapp bisnis siap untuk diinstal di smartphone masing-masing.

2.  Buat Akun Bisnis dan Lengkapi Profil

Setelah aplikasi terpasang di smartphone, mulaialah untuk membuat akun bisnis.Sebelumnya para pebisnis online perlu mendaftarkan nomor ponsel di whatsapp bisnis. Disarankan untuk menggunakan nomor yang berbeda dengan nomor pribadi sehingga akan memudahkan untuk proses verifikasi. Selain itu, dengan adanya nomor khusus untuk bisnis tentu akan memudahkan proses komunikasi antara urusan bisnis dan urusan pribadi.

Setelah nomor terdaftar mulailah melengkapi profil. Profil tersebut meliputi nama usaha, logo usaha, tipe atau jenis usaha, jam operasional yang dikehendaki, alamat jika terdapat toko yang dapat dikunjungi konsumen secara langsung, serta link yang berkaitan dengan usaha. Semakin lengkap profil yang disajikan akan semakin mudah pula konsumen mengetahui tentang usaha yang dimiliki.

3. Mulailah Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Bisnis

Setelah melakukan dua langkah sebelumnya. Selanjutnya pengguna tinggal membuat pesan otomatis untuk bisnisnya. Berikut cara yang dapat diikuti untuk memanfaatkan fitur pesan otomatis antara lain :

  • Perhatikan tampilan halaman pesan, klik icon titik tiga di ujung kanan atas.
  • Setelah muncul, pilih “Business Tools” pada bagian atas.
  • Kemudian geser ke bawah sampai terlihat menu “Messaging Tools”.
✅Baca Juga :  Cara Ganti Akun Mobile Legends

Fitur Dalam Pesan Otomatis Whatsapp Bisnis

Setelah mengetahui cara membuat pesan otomatis di whatsapp bisnis. Pengguna harus mengenal beberapa fitur yang ada di pesan otomatis tersebut untuk memaksimalkan penggunaan. Berikut ini beberapa fitur di dalamnya:

1. Fitur Away Message

Fitur ini dapat digunakan untuk mengirimkan pesan kepada konsumen sesuai dengan jadwal yang telah diatur oleh pemilik usaha. Ketika usaha sedang tutup atau gadget sedang tidak beroperasi, konsumen masih bisa mendapat informasi terkait produk tanpa harus menunggu balasan dari pemilik usaha. Tentunya cara ini cukup efektif dan efisien untuk kelangsungan bisnis dan usaha yang dijalankan. Berikut cara-cara yang dapat diikuti:

  • Tekan “Away Message” yang tampil kemudian tekan tombol “send away message” dan aktifkan
  • Tulislah pesan sesuai kebutuhan untuk dikirimkan kepada konsumen
  • Aturlah jadwal yang dikehendaki untuk mengirim pesan tersebut kepada konsumen
  • Pengaturan dapat dilakukan untuk mengatur siapa saja penerima yang dikehendaki. Terdapat pilihan untuk semua orang, semua orang dengan pengecualian, dikhususkan untuk beberapa penerima saja.
  • Setelah pengaturan selesai dilakukan dapat menyimpan dengan menekan “save”.

2. Greeting Message

Fitur ini digunakan untuk menyapa atau “say hello” kepada para konsumen untuk pertama kalinya ketika menghubungi pemilik usaha. Fitur ini dapat mengirimkan pesan kepada para konsumen yang tidak sedang berinteraksi dengan pemilik usaha. Berikut cara untuk mengaktifkan fitur greeting message, diantaranya:

  • Tuliskan pesan yang ingin dikirimkan kepada para konsumen untuk pertama kali.
  • Atur kepada siapa saja penerima yang dikehendaki.
  • Setelah selesai, dapat mengklik “save” untuk menyimpan pengaturan.

3. Quick Replies

Fitur ini digunakan untuk membuat pesan otomatis yang berisikan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan oleh para konsumen, jumlah yang dapat dibuat yakni berjumlah 50 pesan. Berikut adalah cara membuatnya meliputi:

  • Tekan “Quick Replies”.
  • Tekan tombol plus (+) warna hijau yang terdapat di sisi ujung kanan bawah.
  • Mulailah menulis pesan yang ingin dikirimkan kepada konsumen, pesan juga dapat ditambahkan foto atau emoticon sesuai dengan kebutuhan.
  • Kemudian isi “Shortcut” untuk memudahkan pengiriman template jawaban. Sebelum mengirim, dapat menambahkan tanda (/) di awal kata.
  • Selain itu, keyword juga dapat ditambahkan dalam pesan ini.

4. Label Pesan

Fitur ini digunakan untuk mempermudah pengiriman pesan dengan cepat dan tepat tanpa takut tertukar dengan membuat pengkategorian. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Tekan “labels” yang terdapat di bawah menu “quick replies”.
  • Buatlah kategori yang diinginkan, misalnya new customer, new order, paid, pending payment, dan lain-lain.
  • Untuk memudahkan, berikan warna yang berbeda di setiap kategori
  • Kembalilah ke halaman depan.
  • Pilihlah kontak tujuan, lalu tekan logo label yang terletak disamping logo “pinned, klik save untuk menyimpan.
✅Baca Juga :  5 Cara Membuka Facebook Lupa Kata Sandi Nomor Hp Tidak Aktif Lewat Hp

Keuntungan Penggunaan Pesan Otomatis Bagi Pebisnis

Selain kemudahan pengaplikasian cara membuat pesan otomatis di Whatsapp bisnis, ternyata pembuatan pesan otomatis di whatsapp bisnis juga memiliki banyak keunggulan yang dapat dinikmati oleh para pebisnis online. Keuntungan tersebut meliputi:

1. Mengoptimalkan Pelayanan Kepada Konsumen

Dengan adanya fitur pesan otomatis tentu pelanggan serta pemilik usaha akan merasa terbantu. Para konsumen tidak perlu balasan pemilik usaha, selain itu para konsumen juga bisa langsung melihat produk usaha anda yang sudah tercantum di katalog whatsapp bisnis.

Para konsumen tentu menginginkan pelayanan yang optimal dalam berbelanja. Waktu yang terlalu lama dalam menunggu dapat membuat para konsumen beralih ke toko yang lain. Namun, dengan adanya fitur pesan otomatis ini, para konsumen dapat memperoleh jawaban secara otomatis tanpa harus menunggu lama, bahkan ketika para pemilik usaha sedang sibuk.

2. Efisiensi Waktu dan Lebih Profesional

Para pemilik usaha tidak perlu secara terus menerus mengirim dan mengetik pesan yang sama untuk para konsumen. Hal ini tentu akan menghemat waktu, dan pemilik usaha lebih punya banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan yang lain.

Selain itu dengan memakai whatsapp bisnis tentu usaha anda akan terlihat lebih rapi dan profesional, sehingga para konsumen akan menaruh kepercayaan yang lebih untuk membeli produk yang ditawarkan.

3. Interaksi Dengan Konsumen Lebih Mudah

Tanpa harus mengetik dan membalas, dengan adanya fitur Greeting Message, pemilik toko dapat menyapa konsumen secara otomatis. Dengan begitu, para konsumen yang berkunjung akan merasa dihargai. Selain menyapa, fitur ini juga dapat digunakan sebagai pengingat para pelanggan yang sudah lama tidak berkunjung ke toko usaha.

Teknologi hadir untuk memudahkan pekerjaan serta mempercepat pekerjaan salah satunya adalah dengan adanya fitur pesan otomatis dalam aplikasi whatsapp bisnis. Sangat mudah bukan untuk membuat pesan otomatis di whatsapp bisnis? dengan mengikuti langkah-langkah tersebut diatas tentu para pebisnis atau pemilik toko online akan mampu menciptakan pelayanan yang optimal untuk para konsumen.

Penggunaan fitur pesan otomatis ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk bisnis atau usaha online. Mudahnya langkah yang dilakukan serta banyaknya keuntungan yang didapatkan, para pebisnis online yang belum memanfaatkan fitur ini, diharapkan dapat mencoba cara membuat pesan otomatis di Whatsapp bisnis sehingga mampu merasakan dampaknya terhadap usaha yang dimiliki.

 

Back to top button