Inilah 6 Aplikasi Perekam Layar PC yang Recommended

Aplikasi perekam layar PC sering digunakan untuk merekam berbagai aktivitas yang dilakukan lewat PC. Mulai dari bermain game, video call serta live streaming. Merekam layar PC juga banyak digunakan dalam hal untuk berbagi pengalaman tertentu, misalnya saat hendak memecahkan suatu masalah pada komputer.

Dengan adanya aplikasi ini, berbagai hal bisa diketahui lebih jelas. Berbagai aplikasi yang ada saat ini bahkan sudah menyediakan fitur editing agar kualitas rekaman semakin baik. Jika saat ini sedang mencari aplikasi untuk merekam layar PC, maka simak beberapa yang direkomendasikan berikut ini:

1. Movavi Screen Recorder Studio

Aplikasi perekaman layar ini sangat direkomendasikan karena dibekali dengan segudang fitur rekam video hingga editing. Beberapa fitur yang ada seperti trim, flip, crop serta menambahkan filter dan watermark menjadikan aplikasi ini layak untuk dipilih.

Dengan aplikasi ini, pengguna juga bisa screenshot layar serta menyimpan sebagai file. Selain itu, Movavi Screen Recorder Studio juga memungkinkan untuk merekam audio menggunakan mikrofon. Aplikasi perekam layar ini tersedia untuk pengguna Windows maupun Mac sehingga masing-masing pengguna tidak perlu bingung lagi.

2. ShareX

Aplikasi ShareX tersedia secara gratis dan bersifat open source, ringan dan tanpa iklan. Akan tetapi, aplikasi perekam layar PC ShareX hanya tersedia pada OS Windows 7, 8.1 juga 10 saja. ShareX dapat digunakan untuk merekam sebagian atau seluruh bagian layar.

✅Baca Juga :  Aplikasi Kasir Android: Solusi Modern untuk Manajemen Toko Anda

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menangkap area layar dalam berbagai bentuk, seperti elips, persegi panjang maupun tangan bebas. Yang menarik, ShareX memungkinkan penggunanya untuk menambahkan efek watermark maupun gambar. Jika ingin share hasil rekaman, maka cukup menggunakan metode drag and drop.

3. VideoProc

Aplikasi yang satu ini akan memudahkan pengguna Windows dan Mac untuk merekam layar dalam durasi video yang tidak terbatas. Tidak heran jika aplikasi ini sangat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari live streaming, YouTube, webinar, Skype, meeting online dan lainnya.

Berkat teknologi akselerasi GPU, hasil rekaman yang diperoleh sangat stabil dengan kinerja CPU yang rendah. Dengan VideoProc pengguna bisa menentukan apakah ingin merekam seluruh layar atau hanya di bagian tertentu saja. Aplikasi ini membutuhkan RAM sebesar 1GB saja.

4. Camtasia

Selanjutnya adalah aplikasi Camtasia yang merupakan aplikasi perekam layar PC untuk berbagai keperluan. Aplikasi ini menyediakan fitur yang lengkap dengan akses penggunaan yang mudah. Di dalam aplikasi menyediakan berbagai template serta preset yang akan membuat video rekaman lebih bervariatif.

Fitur canggih lainnya adalah green screen, menghilangkan background noise di suara, penambahan closed caption atau subtitle, dukungan integrasi dengan Microsoft PowerPoint dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini menawarkan metode drag and drop yang memudahkan orang awam dalam menggunakannya.

✅Baca Juga :  6 Penyebab Baterai Hp Boros Dan Solusinya Yang Sering Tidak Disadari

5. HitPaw Screen Recorder

Interface dari aplikasi perekam layar ini sangat ramah pengguna sebab sangat sederhana dan praktis. Berbagai fitur menarik juga melengkapi HitPaw Screen Recorder, sehingga memudahkan pengguna merekam layar di berbagai kebutuhan. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menyesuaikan resolusi rekaman layar sesuai keinginan.

Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah zoom recording yang memungkinkan pengguna untuk merekam seluruh layar maupun spot screen tertentu saja. Kemudian di tengah proses perekaman, pengguna bisa menangkap layar. Menarinya, aplikasi ini sudah support perekaman picture in picture.

6. Screenpresso

Aplikasi perekam layar PC berikutnya adalah Screenpresso yang menawarkan dua mode yaitu gratis dan premium. Untuk mode premium, pengguna dapat menikmati fitur lengkap dari aplikasi ini. Namun, jika tidak ingin mengeluarkan biaya yang lebih maka bisa menggunakan mode gratis saja.

Jangan khawatir, baik gratis maupun premium pengguna tetap bisa menikmati fitur tanpa watermark. Pengguna juga bisa share hasil rekaman layar ke berbagai media sosial. Kemudian ada juga fitur sortir, library serta workspace yang sangat menguntungkan bagi penggunanya.

Demikianlah enam aplikasi perekam layar PC yang banyak digunakan. Dengan aplikasi tersebut akan membantu pengguna dalam kepentingan konten, presentasi, live streaming dan lainnya. Bagi para pengguna PC, pastikan memilih aplikasi perekam layar sesuai dengan kebutuhan serta kondisi PC yang digunakan.

Back to top button