6 Aplikasi Kompres Foto yang Bisa Diandalkan Pengguna Android

Pernah mengalami kesulitan mengirim file foto karena ukurannya terlalu besar? Aplikasi kompres foto akan jadi solusi tepat untuk mengatasi masalah ini. File foto yang ukurannya besar bisa dikirim dengan mudah karena dikompres tanpa mengurangi kualitasnya.

Kompres foto juga biasanya diperlukan saat harus melampirkan file foto dengan batas ukuran tertentu. Tidak perlu ribet lagi, langsung saja lakukan pengompresan size foto tersebut dengan aplikasi yang bisa dipasang langsung di perangkat smartphone.

Aplikasi Kompres Foto Paling Direkomendasikan

Banyak jenis aplikasi yang memang memberi kemudahan  untuk kompres foto saat ini. Bagi para pengguna Android, berikut ini 6 aplikasi kompres foto yang paling direkomendasikan dan bisa dipakai tanpa perlu ribet:

1. Photo Compress 2.0

Pilihan pertama ada aplikasi bernama Photo Compres 2.0. Aplikasi ini banyak difavoritkan oleh pengguna Android, salah satu alasannya karena  minim iklan. Jadi pengguna tidak akan terganggu dengan banyaknya iklan yang sering muncul di aplikasi-aplikasi lain.

Photo Compress 2.0 juga sangat ringan dari segi ukuran, hanya 1,7 MB jadi tidak akan mengganggu performa perangkat. Tidak perlu juga meluangkan memori yang besar. Aplikasi ini bisa kompres foto sampai 100 KB dan bisa juga digunakan untuk resize foto.

2. PicTools Batch

Berikutnya ada aplikasi PicTools Batch yang juga bisa dimanfaatkan untuk kompres foto dengan mudah. Aplikasi ini punya ukuran sangat ringan yaitu hanya 5 MB dan punya tampilan UI yang sangat simple namun tetap menarik untuk dipandang.

✅Baca Juga :  Cara Menghapus Cadangan Obrolan di Whatsapp

PicTools Batch banyak digemari karena mudah diakses baik secara online maupun offline. Fitur yang dihadirkan cukup lengkap dan sangat mudah untuk digunakan oleh para pemula. Gambar yang dikompres di aplikasi ini juga tidak akan kehilangan kualitasnya.

3. Photo Compress & Resize

Aplikasi kompres foto berikutnya yang juga bisa diandalkan adalah Photo Compress & Resize. Aplikasi ini dikembangkan oleh Lit Photo dan mampu mengecilkan ukuran foto sampai 200 KB. Ada juga fitur crop yang mempermudah pengguna menghapus bagian foto yang tidak diinginkan.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur Batch Compress. Pengguna bisa melakukan kompres foto dalam jumlah banyak sekaligus. Nantinya semua foto yang sudah berhasil dikompres akan tersimpan secara otomatis di folder yang berbeda-beda di smartphone.

4. TinyPhoto

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan membantu mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil. TinyPhoto sangat mudah untuk digunakan dan bisa melakukan kompresi foto dalam jumlah banyak sekaligus. Bahkan untuk format foto yang berbeda seperti JPEG dan PNG bisa dikompres bersama.

TinyPhoto juga menghadirkan fitur edit sederhana untuk file foto. Mulai dari convert format, resize, juga crop foto sesuai keinginan pengguna. Sangat mudah dipakai dan ukurannya hanya 4,6 MB sehingga tidak akan membebani performa smartphone.

✅Baca Juga :  Aplikasi Absensi Online: Solusi Praktis untuk Manajemen Kehadiran

5. Video & Image Compressor

Aplikasi lain yang bisa dicoba adalah Video & Image Compressor. Tidak hanya bisa kompres foto dengan format JPEG dan PNG namun juga bisa kompres foto dengan format WEBP. Pengguna juga bisa kompres video dengan format MP4 lewat aplikasi ini.

Ada beberapa fitur pendukung yang juga bisa digunakan di sini. Ada resize, optimize, convert format, juga crop. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga tidak punya banyak iklan yang mengganggu. Cocok dipakai pemula yang sebelumnya tidak pernah melakukan kompres foto.

6. Reduce Photo Size

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan membantu pengguna untuk mengurangi ukuran foto. Hanya berukuran 1,8 MB, aplikasi ini terasa sangat ringan dan bisa beroperasi dengan lancar di smartphone. Tampilannya pun sangat simple sehingga begitu mudah digunakan.

Aplikasi ini kompatibel dipasang di perangkat Android 3 ke atas. Selain bisa kompres foto, pengguna juga bisa menggunakan fitur resize foto dan memotong foto sesuai keinginan. Hasil kompres maupun edit sederhana dari aplikasi ini tidak akan mengurangi kualitas foto.

Tinggal pilih saja nama aplikasi kompres foto yang paling cocok digunakan sesuai kebutuhan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan tentunya dengan ketersediaan ruang di perangkat HP. Jika sudah terbiasa menggunakan aplikasi ini, proses kompres foto pasti bisa berjalan secepat kilat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button