7 Rekomendasi Aplikasi Baca Manga Terbaik di Indonesia

Anda yang menyukai anime manga tentunya harus mengetahui aplikasi baca manga yang terbaik di Indonesia ini. Ada cukup banyak pilihan bacaan anime manga yang tentunya sangat bisa menghibur pecinta anime manga tersebut.

Setiap aplikasi baca manga ini tersedia sejumlah komik bacaan yang cukup menarik untuk setiap pencintanya. Sebagian dari aplikasi ini juga dapat digunakan secara gratis, sehingga Anda tak perlu membayarkan serupiah pun untuk dapat menikmati bacaan komik manga dari aplikasi tersebut.

1.Bilibili Comics – Manga Reader

Aplikasi baca manga yang satu ini masih cukup baru di dunia komik manga. Dimana baru tahun 2021 ia dikeluarkan, namun telah ada 10 juta lebih pengguna yang membaca komik manga melalui aplikasi ini.

Ukuran aplikasi ini terbilang cukup besar yakni mencapai 42 mb. Meskipun ukuran aplikasi tersebut cukup besar, sangatlah sesuai dengan kualitas bacaan dan gambar yang diberikan. Gambar dari komik ini sangatlah hidup karena penggambarannya sangatlah detail.

Cerita bacaan komik yang tersedia juga cukup beragam. Terkadang juga ada gambar bergerak dari bacaan komik tersebut. Sehingga, setiap pembaca seakan dapat merasakan feel dari bacaan tersebut secara langsung dan nyata.

2. Manga Plus by SHUEISHA

Aplikasi ini berasal langsung dari negeri Jepang yang dimana tentu bacaannya komik manga nya lebih bervariatif. Anda bisa membaca jenis manga simultaneously dengan bahasa jepang. Jangan khawatir, jika Anda tidak memahami bahasa jepang bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa inggris.

Seluruh bacaan yang ada di aplikasi ini bisa dibaca secara gratis. Anda juga bisa menyimpan bacaan favorit ke dalam fitur “Favorites” yang nantinya Anda akan mendapatkan notifikasi pembaruan bab jika ada.

✅Baca Juga :  Aplikasi Cetak Struk Membantu Usaha Anda Menjadi Lebih Efisien!

Ukuran dari aplikasi ini hanyalah 15.73 mb dengan minimal spesifikasi Android 4.4. Nampaknya, OS rata-rata pada Android saat ini sudah lebih dari Android 9.0 yang artinya semua ponsel sudah bisa digunakan untuk menikmati baca manga dari aplikasi ini secara gampang dan gratis.

3. MangaToon – Manga Reader

Pada aplikasi Mangatoon ini Anda bisa menikmati bacaan manga secara offline. Sebelumnya, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu agar bisa membaca secara offline. Kualitas gambar dari setiap adegan pada bacaan manga di aplikasi ini sangatlah sempurna.

Ukuran dari aplikasi ini cukup besar yakni mencapai 34.60 mb. Batas minimal OS dari Android yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah Android 5.0 ke atas. Ada lebih dari 10 juta pengguna yang telah membaca manga reader dari tahun 2018 silam.

4. Komiku – Komik Indonesia

Jika Anda ingin menikmati bacaan manga dengan bahasa Indonesia, sebaiknya memilih aplikasi ini saja. Karena setiap bacaan manga yang tersedia di aplikasi ini sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia.

Aplikasi ini terbilang masih cukup baru, dimana sejak awal April 2022 terdapat lebih dari 100 ribu orang yang juga menggunakannya. Untuk minimal spesifikasi OS yang bisa menggunakannya adalah Android 5.0. Ukuran dari aplikasi ini sendiri terbilang sangatlah kecil, yakni hanya 6.24 mb.

5. WEBTOON

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Webtoon ini? Aplikasi ini secara khusus dibuat untuk media bacaan komik, manga, dan manhwa yang telah menjadi #1 top grossing in comics dari pihak Play Store.

✅Baca Juga :  Aplikasi Pengintai Layar Ponsel Android

Aplikasi Webtoon ini terbilang sudah cukup lama yakni sejak 2014 dan telah mendapatkan pengguna setianya sebanyak lebih dari 100 juta orang. Mengenai ukuran dari aplikasi ini terbilang cukup standard untuk aplikasi sejenis ini, yakni hanya 23.07 mb saja.

6. WebComics

Aplikasi yang satu ini sangat kaya akan art styles untuk setiap karakter yang ada pada bacaan tersebut. Tentunya, hal ini akan membuat setiap pembaca tidak akan merasa bosan atas tampilan dari bacaan yang ada di aplikasi ini.

Untuk pengguna dari aplikasi WebComics ini mencapai 5 juta lebih sejak awal tahun 2018 silam. Spesifikasi minimal OS untuk aplikasi ini yakni Android 4.4 ke atas. Hampir setiap tahunnya pasti ada pembaharuan aplikasi yang juga berdampak pada fitur yang ada di aplikasi ini.

7. Manga Fox – Manga Reader

Tampilan pada aplikasi Mangafox ini mirip dengan tampilan browser seperti google, mozilla, dsb. Dimana pengguna bisa mengetikkan judul/jenis dari bacaan manga yang ingin dibaca. Pada aplikasi ini juga menyediakan fitur library yang secara khusus akan membantu pengguna untuk menyimpan koleksi bacaan yang diinginkan.

Itulah informasi mengenai aplikasi baca manga yang semuanya dapat diakses secara gratis dan juga memiliki banyak koleksi bacaan manga yang menarik. Sesuaikan ukuran aplikasi bacaan manga ini dengan kapasitas memori ponsel yang tersedia agar tidak menyebabkan ponsel lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button