5 Aplikasi Screenshot PC Terbaik untuk 2022 yang Bisa Jadi Pilihan!

Hampir semua pengguna PC pasti pernah merasa perlu untuk menangkap gambar di yang muncul di layar. Saat itulah, keberadaan aplikasi screenshot PC terbaik sangat membantu. Hanya dengan beberapa langkah mudah, apa yang tengah dimunculkan di layar bisa terabadikan.

Seberapa Perlu Screenshot PC?

Sebenarnya, pada PC berbasis Windows, sudah ada tombol PrtSc yang akan secara otomatis menangkap gambar layar. Sayangnya, fitur capture to Clipboard bawaan ini dirasa masih banyak yang kurang.

Kebutuhan akan aplikasi screenshot PC pasti mutlak terjadi untuk berbagai kepentingan. Mulai dari kebutuhan pekerjaan, sekolah, bahkan ataupun hanya untuk sekedar hiburan dan hobi. Meski begitu, tingkat kepentingannya pun tetaplah sama.

Aplikasi Screenshot PC Terbaik 2022

Lalu, apakah ada aplikasi screenshot PC yang bisa memberikan hasil tangkapan layar dengan kualitas terbaik? Jawabannya, tentu saja ada. Terlebih lagi, PC menjadi kelengkapan penting untuk berbagai aktivitas. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menangkap gambar layar di PC:

1. Snagit

Aplikasi ini adalah salah satu dari yang paling populer untuk menangkap gambar layar PC. Dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 14 juta pengguna, baik dari sistem Windows maupun Mac.

Popularitas aplikasi ini tidak lepas dari kemampuannya dalam menangkap layar dalam bentuk screenshot maupun menangkap layar yang tengah digulir. Bukan hanya itu saja, hasilnya pun bisa diedit dengan ditambahkan teks, highlight, tanda panah, dan lainnya.

2. Screen-O-Matic

Selain screenshot, aplikasi gratis ini juga bisa merekam layar atau via webcam hingga 15 menit. Akan tetapi, jika merasa perlu untuk upgrade, ada versi Deluxe (sekitar Rp25 ribu per bulan) atau Premier (sekitar Rp 60 ribu per bulan) yang bisa dipilih.

✅Baca Juga :  10 Cara Memperbaiki Play Store Tidak Bisa Dibuka

Hanya saja, fitur yang ditawarkan fitur Deluxe dan Premier lebih dibutuhkan bagi yang menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan merekam layar. Seperti misalnya zoom, speech to text untuk caption video, hingga merekam suara. Khusus untuk Premier, ada tambahan fitur seperti gambar stock hingga backup data.

3. Scribe

Kalau yang dibutuhkan adalah menangkap gambar layar langkah demi langkah, maka aplikasi ini adalah yang paling cocok digunakan. Aplikasi ini sebenarnya adalah Ekstensi dari Chrome yang bisa digunakan secara gratis.

Dengan Scribe, membuat tutorial langkah-langkah suatu proses bisa jadi semakin mudah. Selain itu, juga bisa menambahkan highlight dan menuliskan instruksi. Hasilnya pun bisa dibagikan melalui link atau langsung di-embed.

4. Ashampoo Snap

Sebagai aplikasi berbayar, Ashampoo memang tidak selengkap Snagit yang sudah dibahas di atas. Hanya saja, dengan harganya yang lebih murah (Rp600 ribu, sementara Snagit mencapai sekitar Rp750 ribu), masih banyak fitur menarik yang ditawarkan.

Jika menggunakan aplikasi ini, ada fitur pembuatan GIFs, menangkap layar yang tengah digulir, sampai ada fitur editor gambar. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini pun dilengkapi dengan optical character recognition atau lebih dikenal sebagai OCR yang bisa menangkap teks.

5. Faststone Capture

Untuk akses seumur hidup, Faststone hanya perlu sekitar Rp30 ribu saja. Aplikasi ini bisa menangkap keseluruhan maupun hanya sebagian layar yang dibutuhkan pengguna. Tak hanya itu saja, ukuran gambarnya pun bisa diatur, dipotong, ditajamkan kualitas warnanya, sampai bisa menambahkan watermark.

✅Baca Juga :  Aplikasi Beli Followers Instagram

Hasil tangkapan layarnya akan bisa langsung dikirimkan ke printer untuk dicetak, disimpan di Clipboard, maupun dikirimkan ke email. Selain itu, gambar tangkapan layarnya pun bisa langsung dibagikan via sosial media ataupun dicantumkan ke website.

Bonus: Fitur Bawaan Windows dan Mac

Tak lengkap rasanya jika tidak menyebutkan fitur bawaan yang sudah disediakan baik oleh Windows maupun Mac. Sebenarnya, jika hanya membutuhkan tangkapan layar sederhana, keduanya sudah sangat cukup dan bisa mengakomodir kebutuhan tangkapan layar di PC.

Bagi pengguna Windows, dengan menekan tombol Windows+Shift+S, maka layar akan bisa tertangkap sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna. Tinggal arahkan kursor ke area yang ingin dan ditangkap, kemudian tekan Ctrl+V untuk menyalin gambar.

Sama halnya dengan di Mac OS, dengan menekan Command+Shift+4, maka pengguna bisa mengatur area mana yang ingin ditangkap layarnya dengan kursor. Hasil tangkapan layar kemudian akan tersimpan secara otomatis ke desktop begitu kursor dilepas.

Konklusi

Keberadaan aplikasi screenshot PC memang sangat membantu dalam bermacam kebutuhan. Namun untuk menggunakan aplikasi berbayar, bisa dipertimbangkan lagi tingkat keperluan yang diinginkan. Jika hanya butuh untuk tangkapan layar sederhana, maka fitur bawaan dari PC saja sebenarnya sudah cukup.

Back to top button