Cara Mengatasi No Internet Secured Di Laptop Windows 7 Sampai 10 Pada Jaringan WiFi

Pengguna operating system windows tentunya sudah tidak asing lagi dengan masalah no internet secured. Masalah satu ini biasanya disebabkan karena pengaturan internet yang tidak tepat sehingga membuat jaringan internet mengalami problem. Untungnya ada beberapa cara mengatasi no internet secured yang bisa dilakukan sendiri, berikut  caranya:

1. Pastikan Laptop Terjangkau Sinyal WiFi

Cara mengatasi no internet secured pertama yang harus diperhatikan adalah dengan memastikan laptop berada di posisi yang mudah dijangkau oleh sinyal WiFi. Oleh karenanya pastikan laptop sudah berada di sumber sinyal WiFI untuk mempermudahkan laptop agar tersambung ke WiFi. Karena ketika laptop berada jauh dari pusat WiFi tentunya akan sulit mendapatkan sinyal.

Bagaimana cara mengetahui sudah berada di dekat sumber WiFi atau belum? Anda bisa melihatnya melalui ikon notifikasi sinyal pada taskbar laptop. Biasanya berada di pojok kanan bawah dan berbentuk seperti barisan sinyal. Jika sinyal yang terlihat penuh maka artinya anda sudah berada di dekat sumber WiFi.

2. Cek Router WiFi Access Point

Sinyal WiFi berasal dari perangkat router. Perangkat ini menyimpan semua konfigurasi jaringan WiFi. Biasanya router Dilengkapi dengan lampu indikator untuk mengetahui ada tidaknya sinyal internet. Jika lampu tersebut menyala menandakan bahwa WiFi tersedia, namun sebaliknya jika lampu indikator mati maka menandakan tidak ada jaringan internet.

Lantas bagaimana jika router tidak memberikan tanda adanya jaringan internet? Solusinya adalah dengan merestart router dengan cara mematikan dan menghidupan kembali. Cara ini membantu router untuk mendeteksi ulang sinyal WiFi.

✅Baca Juga :  Trik & Tips Cara Membuat Website

3. Hubungi CS Provider Internet

Sudah melakukan dua cara di atas namun masih ada indikasi no internet secured di Laptop Windows? Sebaliknya langsung hubungi customer service sesuai dengan provider yang digunakan.

Anda bisa menanyakan penyebab koneksi internet mengalami gangguan dan meminta solusi dari gangguan tersebut. Untuk menghubungi customer service cukup mudah, yaitu dengan menghubunginya melalui chat whatsapp, sms ataupun telepon. Anda juga bisa mengirimkan pesan pada media sosial provider yang digunakan.

4. Pastikan Sudah Membayar Tagihan Internet

Masih terjadi No internet secured di Laptop Windows? Anda yakin sudah memastikan membayar tagihan internet bulan ini? Jika belum, cek kembali tagihan internet yang anda gunakan. Karena jika anda terlambat membayar bisa jadi layanan internet milik anda dihentikan oleh provider. Dan internet akan kembali normal jika tagihan tersebut sudah dibayarkan.

5. Restart Perangkat Wifi Pada Laptop

Cara mengatasi no internet secured di Laptop Windows yang selanjutnya bukan berasal dari luar melainkan dari laptop sendiri. Beberapa masalah dalam laptop membuatnya kesulitan dalam menangkap jaringan internet. Kemudian bagaimana caranya untuk memperbaikinya?

Anda bisa merestart perangkat WiFi pada laptop. Caranya adalah dengan cari ikon jaringan yang berada di pojok bawah kanan taskbar kemudian pilih open network dan internet setting. Selanjutnya anda harus mengecek advanced network setting dan change adapter options. Selanjutnya klik kanan WiFi dan pilih disable, jika ikon sudah berubah menjadi abu-abu klik lagi WiFi dan pilih enable.

✅Baca Juga :  Cara Menonaktifkan Akun WhatsApp yang Dibajak Orang Lain

6. Gunakan Pengaturan IP Otomatis

Biasanya setiap laptop yang tersambung pada WiFi akan otomatis mendapatkan alamat IP untuk mendapatkan koneksi. Namun jika anda mencoba untuk menyambungkannya menggunakan IP manual, bisa jadi ditolak karena router tidak mengenal IP tersebut.

Solusinya adalah dengan memberikan IP otomatis pada laptop. Apa itu IP otomatis yaitu IP yang diisikan oleh jaringan bukan oleh user. Caranya adalah dengan sebagai berikut ini:

  • Klik ikon jaringan.
  • Pilih open network and internet setting.
  • Jika ada di bagian advanced network setting, pilih opsi change adapter options.
  • Klik wifi dan pilih properties.
  • Cek networking.
  • Pilihlah internet protocol version 4 lalu klik properties.
  • Pada tab general, pastikan anda sudah mengaktifkan opsi obtain IP address automatically.
  • Aktifkan pula obtain DNS server address automatically.
  • Jika sudah, anda perlu mengaktifkan automatic private IP.
  • Terakhir, klik OK.

Itulah beberapa cara mengatasi no internet secured di Laptop Windows yang bisa dilakukan. Tidak ada salahnya jika belum berhasil menggunakan satu cara maka cobalah cara lainnya. Semua cara di atas mudah dilakukan dan dijamin akan berhasil.

Back to top button