Cara Memperbaiki Titik Lokasi di Google Maps Agar Tidak Salah Sasaran

Mencari lokasi seseorang atau suatu tempat melalui Google Maps kini memang menjadi solusi terbaik. Namun, terkadang pencarian lokasi terkendala dengan titik lokasi yang tidak akurat. Tidak perlu cemas, lakukan cara memperbaiki titik lokasi di Google Maps agar titik lokasi akurat.

Banyak sekali yang mengandalkan Google Maps untuk mencari sebuah lokasi. Titik lokasi juga menjadi penentu agar seseorang tidak tersesat dan sampai pada tujuan dengan tepat. Namun, hal ini menjadi masalah jika titik lokasi yang muncul tidak pada titik yang sesuai.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Memperbaiki Titik Lokasi Google Maps

Sebelum memperbaiki titik lokasi langsung di aplikasi Google Maps, ada beberapa hal yang penting dilakukan. Tujuannya yakni agar memudahkan dalam memperbaiki titik lokasi. Lakukan beberapa hal berikut sebelum memperbaiki titik lokasi langsung dari Google Maps:

1. Pastikan Menggunakan Aplikasi Google Maps Versi Terbaru

Sebelum melakukan perbaikan titik lokasi Google Maps pastikan aplikasi yang sedang digunakan telah diupdate. Jika belum, maka lakukan update terlebih dahulu untuk mendapatkan versi terbaru. Aplikasi Google Maps dengan versi terbaru membuat alamat yang dimaksud lebih akurat.

2. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Selain update aplikasi, yang paling penting saat menjalankan Google Maps adalah memperhatikan koneksi internetnya. Aplikasi Google Maps sangat mengandalkan koneksi internet dalam pengoperasiannya. Termasuk saat akan melakukan cara  memperbaiki titik lokasi di Google Maps.

3. Bersihkan Data Google Maps

Sebelum melakukan perbaikan penting juga untuk membersihkan data dalam aplikasi tersebut seperti cache dan lain-lain. Hal ini bisa jadi lokasi di Google Maps disebabkan karena penumpukan data sehingga performanya tidak maksimal.

✅Baca Juga :  Cara Mematikan Hp Otomatis

4. Jalankan Mode Akurasi Tinggi

Terakhir, sebelum melakukan perbaikan lokasi di Google Maps yakni dengan mengaktifkan fitur mode akurasi tinggi. Jika menggunakan android caranya dengan membuka menu setting  lalu pilih “lokasi”. Setelah itu pilih “akurasi lokasi Google” dan aktifkan.

Cara Memperbaiki Titik Lokasi Pada Google Maps yang Salah

Setelah memperhatikan beberapa hal sebelum memperbaiki titik lokasi pada aplikasi Google Maps selanjutnya lakukan perbaikan titik lokasi melalui aplikasi. Berikut ini cara memperbaiki titik lokasi di Google Maps yang salah:

1. Jalankan Google Maps

Langkah pertama memperbaiki titik lokasi Google Maps yakni dengan membuka aplikasi tersebut. Buka Google Maps dan pastikan sedang dalam keadaan koneksi internet yang lancar. Lalu pastikan sudah login dalam aplikasi menggunakan akun Gmail yang dimiliki.

2. Cari Titik Lokasi yang Akan Diperbaiki

Setelah itu lakukan pencarian pada alamat atau titik lokasi yang akan diperbaiki. Jika sudah selanjutnya pilih icon balon berwarna merah pada titik lokasi yang dimaksud. Lokasi ini adalah lokasi yang masih dalam keadaan salah dan akan diperbaiki titik lokasi sesuai keadaan sebenarnya.

3. Buka Informasi Titik Lokasi yang Akan Diperbaiki

Setelah klik icon balon merah maka akan muncul sebuah alamat pada bagian bawah halaman Google Maps. Lalu klik alamat tersebut dan akan muncul tampilan yang menutupi peta. Tampilan yang muncul adalah informasi titik sebuah lokasi yang akan diperbaiki.

✅Baca Juga :  Cara Memindahkan Word ke Google Docs dengan Mudah

4. Edit Lokasi yang Salah

Jika informasi titik lokasi yang salah sudah muncul, kemudian scroll ke bawah. Cari menu “sarankan edit” lalu akan muncul pilihan. Pilih tulisan “hapus tempat ini” dan pilih alasan sesuai pilihan yang muncul. Cari tulisan “sudah pindah” yang artinya untuk memindahkan titik lokasi yang sesuai.

5. Pindahkan ke Lokasi yang Sesuai

Untuk memindahkan lokasi pada titik yang tepat sangat mudah yakni setelah memilih alasan pemindahan lokasi selanjutnya klik kotak bagian bawah. Klik kotak bertuliskan “upload lokasi di peta”. Kemudian arahkan titik koordinat dengan icon balon merah ke lokasi yang semestinya.

6. Tunggu Waktu Tinjau Google Maps Selesai

Terakhir setelah melakukan semuanya, klik “oke” pada kanan atas layar lalu kirim. Perlu diketahui perbaikan lokasi tidak otomatis langsung berpindah saat itu juga. Google memerlukan beberapa waktu untuk meninjau lokasi lalu akan memberikan balasan lewat email.

Demikian cara memperbaiki titik lokasi di Google Maps dengan hasil akurat. Perbaikan titik lokasi penting agar siapapun yang akan mencari lokasi tersebut lebih tepat sasaran. Terutama bagi pemilik sebuah usaha, pastikan titik lokasi sudah tepat agar pelanggan mudah untuk mencari.

Back to top button