Penyebab Google Meet Tidak Bisa Ganti Background dan Cara Ganti Background Google Meet di Laptop

Salah satu aplikasi meeting yang banyak digunakan saat ini yakni Google Meet. Meeting secara virtual kurang lengkap tanpa menggunakan background sesuai dengan tema meeting. Namun apa jadinya jika Google Meet tidak bisa ganti background? Temukan jawabannya di sini.

Mengganti background meeting cukup penting bagi peserta meeting terutama jika meeting bersifat resmi. Biasanya pemimpin rapat akan memberikan background khusus sesuai tema acara agar peserta memasangnya selama meeting berlangsung. Namun, mengganti background terkadang muncul kendala yakni background tidak dapat diganti.

Tujuan Mengganti Background Google Meet

Meeting secara virtual menggunakan Google Meet terkadang dilakukan dimanapun bahkan tidak mengenal tempat. Tidak semua orang yang menjadi peserta meeting akan berada di tempat yang sesuai. Oleh karena itu, latar belakang dari peserta akan tampak dalam kamera saat meeting.

Dalam hal ini mengganti background meeting sangat penting agar tampilan saat meeting memiliki kesan formal. Jadi penting bagi yang kerap kali mengakses Google Meet untuk mengetahui cara mengganti background serta cara mengatasi jika ada kendala.

Mengapa Tidak Bisa Ganti Background di Google Meet di Laptop dan Cara Mengatasinya

Sebelum meeting berlangsung biasanya peserta perlu mengganti background. Namun, mengganti background terkadang tidak selalu berhasil, ada beberapa kendala Google Meet tidak bisa ganti background. Jika menggunakan laptop, berikut penyebab background Google Meet tidak bisa diganti dan cara mengatasinya:

1. Browser Tidak Memiliki Fitur Penggantian Background

Jika merasa akan selalu mengadakan rapat secara virtual di Google Meet, hal ini wajib untuk diketahui. Tidak bisa mengganti background di Google Meet bisa jadi karena browser yang digunakan tidak mendukung penggantian background.

✅Baca Juga :  Cara Mematikan HP Samsung dengan Mudah

Oleh karena itu, sebelum mengakses Google Meet perlu memahami browser mana saja yang mendukung penggantian background meeting. Jika menggunakan browser Google Chrome maka gunakan yang versi M84 ke atas baik di Windows, Linux, maupun Mac.

2. Sistem Operasi Tidak Sesuai

Selain browser, sistem operasi juga berpengaruh pada kinerja laptop untuk menjalankan Google Meet. Google Meet tidak bisa ganti background bisa jadi karena sistem operasi pada laptop tidak sesuai. Sistem operasi untuk menjalankan Google Meet yang sesuai yakni tipe 64 bit.

Pastikan laptop yang digunakan telah memiliki sistem operasi yang sesuai. Setelah sistem operasi, browser yang digunakan juga harus sesuai dengan sistem operasi laptop yakni versi 64 bit juga. Jika tidak sesuai maka saat menjalankan Google Meet, gagal saat mengganti backgroundnya.

3. Belum Mengaktifkan Hardware Acceleration pada Google Chrome

Jika menggunakan browser Google Chrome dan gagal mengganti background Google Meet bisa jadi masalahnya belum melakukan aktivasi hardware acceleration. Aktivasi ini penting karena akan berpengaruh saat menjalankan Google Meet. Memastikan apakah akselerasi hardware sudah aktif yakni dengan membuka Google Chrome.

Setelah itu buka menu “settings” dengan klik titik tiga pada bagian kanan atas halaman utama Google Chrome. Kemudian klik “advanced” lalu klik “system”. Jika belum aktif maka aktifkan dengan klik pilihan “use hardware acceleration when available” dan jalankan Google Meet.

Ini Dia Cara Mengganti Background Google Meet di Laptop

Ketika sudah mengetahui penyebab Google Meet tidak bisa ganti background, selanjutnya mempelajari cara mengganti backgroundnya melalui laptop. Siapkan laptop, lalu perhatikan cara mengganti background Google Meet seperti berikut ini:

✅Baca Juga :  Panduan Lengkap Cara Membuat Grafik di MS Word 

1. Jalankan Google Meet

Langkah pertama mengganti background Google Meet bisa dilakukan pada saat akan melaksanakan meeting. Caranya dengan membuka Google Meet seperti biasa dan akses rapat yang akan berlangsung. Pastinya dengan masuk menggunakan akun yang telah dimiliki untuk membuka Google Meet.

2. Buka Pengaturan Background

Setelah masuk ke akun Google Meet lalu buka pengaturan background yang ditandai dengan icon titik tiga dan klik “apply visual effect”. Pada menu tersebut dapat memilih untuk membuat background menjadi blur atau akan memasukkan gambar yang akan menjadi background.

3. Pilih Background dari Google Meet

Mengganti background bisa menggunakan gambar yang tersedia di Google Meet. Setelah membuka pengaturan background maka pilih untuk mengganti gambar menggunakan gambar dari Google Meet. Tersedia beberapa pilihan gambar hingga animasi yang bisa dipilih untuk mengganti background.

4. Pilih Background dari Penyimpanan Laptop

Selain memilih gambar dari Google Meet bisa menggunakan gambar yang tersimpan di Laptop. Caranya setelah membuka pengaturan background Google Meet buka icon gambar untuk membuka penyimpanan laptop. Pilih gambar lalu klik gambar tersebut dan otomatis background akan terganti.

Demikian tadi pembahasan tentang penyebab Google Meet tidak bisa ganti background. Jika sudah paham dengan penyebabnya maka sangat mudah untuk mengatasinya. Setelah itu jalankan Google Meet lalu coba ganti background sesuai dengan tema meeting yang berjalan.

Back to top button