Inilah Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Google Foto Termudah

Cara mengembalikan foto yang terhapus di Google Foto menjadi salah satu metode yang harus dipahami bagi para pengguna smartphone. Terlebih ketika pengguna tidak sengaja menghapus foto maupun video penting yang sudah tersimpan di Google Foto sebelumnya.

Google Foto sendiri merupakan ruang penyimpanan gratis yang mampu mencadangkan foto maupun video tanpa harus memberatkan memori penyimpanan smartphone. Nah, jika tidak sengaja menghapus foto serta ingin memulihkannya kembali maka bisa mengikuti cara mudah berikut ini:

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Google Foto

Kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh fitur Google Foto terbilang cukup besar, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya. Menariknya, pengguna juga bisa menyimpan foto dan video hingga 15 megapiksel serta HD 1080 piksel. Berikut adalah cara yang perlu dilakukan untuk memulihkan foto yang telah terhapus:

1.  Menelusuri Foto yang Hilang

Ada beberapa foto yang seolah-olah hilang akibat pengguna menggunakan akun lain. apabila hal ini terjadi, mungkin disebabkan karena tanggal foto berbeda. Maka dari itu, apabila ingin memindai foto dengan setelan tanggal dan waktu berbeda, maka bisa melakukan cara berikut ini:

  • Buka Google Foto melalui komputer dan klik Baru Ditambahkan di Google Foto.
  • Apabila tidak ada, telusuri foto menggunakan tanggal yang sesuai melalui kolom di atas.
  • Jika penelusuran tidak membuahkan hasil, gunakan kata kunci lain dan lakukan penelusuran 3-5 hari. Apabila ingin cara yang lebih cepat, maka bisa mengikuti cara berikutnya

2. Memulihkan Foto Menggunakan Smartphone

Bagi para pengguna Android maupun iOS yang tidak sengaja menghapus foto di penyimpanan Google Foto maka kini tidak perlu khawatir lagi. Pengguna bisa memulihkan foto tersebut dengan mudah hanya dengan memanfaatkan smartphone yang digunakan. Di bawah ini adalah tahapan yang perlu dilalui pengguna:

  • Terlebih dahulu buka aplikasi Google Foto melalui smartphone atau tablet.
  • Kemudian ketuk Galeri Foto yang ada di bagian bawah dan klik menu Sampah Hapus.
  • Tekan lama pada foto maupun video yang ingin dipulihkan kembali. Maka akan muncul tanda centang.
  • Selanjutnya ketuk menu Pulihkan di bagian bawah. Maka foto maupun video akan dikembalikan ke aplikasi galeri yang ada di smartphone.
✅Baca Juga :  Cara Mengunci Whatsapp di Android dan iOS, Agar Privasi Tetap Terjaga

Sebagai catatan, metode ini bisa dilakukan untuk Android maupun iOS untuk berbagai versi. Pasalnya, aplikasi Google Foto sendiri merupakan bawaan dari smartphone itu sendiri, sehingga tidak perlu install ulang. Alhasil, semua file foto atau video akan otomatis tersimpan selama beberapa waktu setelah terhapus.

3. Menggunakan Laptop atau Komputer

Cara mengembalikan foto yang terhapus di Google Foto juga dapat dilakukan melalui PC atau laptop. Tahapan yang perlu dilalui juga tidak kalah mudah ketika menggunakan smartphone. Jadi kini tidak perlu khawatir jika tidak sengaja menghapus foto yang tersimpan di Google Foto. Berikut adalah tahapan yang perlu dilakukan:

  • Bukan PC atau laptop yang dimiliki terlebih dahulu.
  • Kemudian akses  situs Google Foto.
  • Apabila situs sudah terbuka, langkah selanjutnya adalah klik menu Sampah Hapus.
  • Berikutnya, tempatkan kursor di atas foto atau video yang hendak dipulihkan dan ketuk menu Pilih.
  • Kemudian, tekan menu Pulihkan yang ada di kanan atas.
  • Maka foto atau video yang sudah dipilih akan dikembalikan ke akun Google Foto kemudian dikembalikan ke lokasi album semula.
✅Baca Juga :  10 Penyebab HP Android Cepat Panas dan Solusinya

Alasan Foto yang Sudah Terhapus Tidak Dapat Dipulihkan

Meskipun ada cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan foto yang terhapus, namun ternyata tidak semua foto maupun video dapat dipulihkan. Ada beberapa penyebab yang menjadikan hal tersebut terjadi. Berikut adalah beberapa alasan yang perlu dipahami sebelum memulihkan foto yang terhapus di Google Foto:

  • Pengguna sudah memindahkan foto ke file sampah selama lebih dari 60 hari. Karena sistem Google Foto akan menghapus secara otomatis semua foto yang sudah masuk ke dalam folder sampah lebih dari 60 hari.
  • Foto yang dipindahkan ke sampah sudah dikosongkan.
  • Pengguna telah memindahkan foto ke sampah lebih dari 30 hari yang lalu bagi pengguna Android 11 atau versi yang lebih baru.
  • Foto sudah dihapus dari sampah secara permanen.
  • Tidak melakukan pencadangan pada foto.
  • Pengguna sudah menghapus foto dari aplikasi Galeri yang ada di smartphone secara permanen.

Itulah cara mengembalikan foto yang terhapus di Google Foto dengan mudah. Perlu diingat, pengguna hanya bisa mengembalikan foto yang sudah terhapus sebelum 60 hari. Apabila sudah melewati 60 hari, maka foto maupun video akan hilang secara permanen dan sudah tidak bisa lagi dipulihkan.

Back to top button