Mengatasi Masalah Metode Pembayaran Google Play Ditolak

Anda sering berlanganna aplikasi atau item berbayar di google play? Tentunya untuk memperpanjang langganan atau membeli item anda harus membayar terlebih dahulu. Namun bagaimana jika metode pembayaran google play ditolak? Apa yang harus dilakukan?

Penyebab Metode Pembayaran Google Play Ditolak

Ada beberapa hal yang menyebabkan metode pembayaran ditolak, misalnya saja karena saldo dari kartu anda kurang, proses verifikasi pembayaran yang tidak lengkap dan karena kendala pada smartphone yang anda gunakan.

Kenapa smartphone bisa menyebabkan pembayaran ditolak? Bisa jadi karena smartphone tersebut mengalami hang atau error akibat banyaknya data yang dimiliki. Sehingga ketika memilih metode pembayaran akan gagal dan tidak bisa diproses.

Solusi Metode Pembayaran Google Play Ditolak

Untuk mengatasi hal ini anda wajib mengetahui terlebih dahulu kenapa pembayaran ditolak dan apa alasannya. Sebenarnya ada beberapa langkah mudah untuk mengatasi metode pembayaran yang ditolak tersebut, berikut ini beberapa diantaranya:

1. Perbaiki Profil Pembayaran

Pertama, anda bisa memperbaiki profil pembayaran. Bagaimana caranya? Cukup mudah, lakukan langkah-langkah dibawah ini:

  • Periksa alamat penagihan yang tercatat. Alamat ini bisa di cek pada setelan pembayaran google.
  • Jika alamat penagihan sudah benar. Langkah selanjutnya adalah memastikan alamat metode pembayaran sama dengan setelan pembayaran.
  • Jika kedua alamat berbeda. Maka gantilah agar sama.
  • Proses perbaikan profil sudah berhasil maka cobalah melakukan transaksi lagi.
✅Baca Juga :  Perbedaan MS Word 2010 dan 2013

2. Cek Kartu Pembayaran yang Digunakan

Apakah anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit? Sudah memastikan bahwa kartu yang anda gunakan tersebut masih berlaku dan memiliki saldo yang cukup? Jika belum maka cek kembali masa aktif dan saldo yang dimiliki.

Namun apabila, saldo masih tersisa banyak dan masa aktif masih lama tapi kartu tidak bisa digunakan. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengkonfirmasi pada kantor Bank terkait untuk menanyakan perihal kartu tersebut. Ada kemungkinan kartu anda sudah tidak bisa digunakan dan harus melakukan upgrade kartu.

3. Restart Ulang Smartphone

Banyaknya data dan file cache yang menumpuk pada smartphone bisa membuatnya mengalami error ketika mengurus pembayaran google play. Oleh karenanya, cobalah untuk merestart ulang smartphone sebelum menggunakannya untuk transaksi.

Masih belum tahu bagaimana cara restart smartphone? Cobalah untuk menekan tombol power cukup lama hingga muncul tulisan “restart” kemudian lik opsi tersebut. Jika sudah dilakukan maka secara otomatis smartphone akan mati dan akan mulai hidup kembali. Itulah yang dinamakan proses restart.

4. Ganti Metode Pembayaran

Jika semua cara masih gagal mengatasi metode pembayaran, mungkin ada baiknya anda menganti metode tersebut menggunakan cara yang lain. Tentunya pilihlah cara yang ada di google play store. Begini langkahnya:

  • Buka aplikasi google play.
  • Kemudian pilih item yang akan dibeli.
  • Cari setelah google play dan cari opsi “pembayaran & langganan”.
  • Pilihlah pada metode pembayaran menggunakan e-wallet. Seperti transfer DANA, Shopeepay, penagihan telkomsel atau lainnya.
  • Selesai.
✅Baca Juga :  Cara Menghasilkan Uang Dari Aplikasi Top Rich

Pastikan anda sudah memilih metode pembayaran yang paling mudah digunakan dan bisa digunakan. Jika anda terkendala pembayaran online cobalah untuk melakukan pembayaran offline.

Saat ini banyak pula tempat-tempat yang menerima pembayaran google play. Tentunya akan sangat membantu anda ketika pembayaran anda ditolak.

5. Smartphone Tidak Kompatibel

Terakhir, penyebab dari pembayaran ditolak karena smartphone yang digunakan tidak kompatibel. Anda tentunya sudah tidak asing dengan masalah satu ini, yaitu smartphone tidak mendukung aplikasi yang digunakan.

Harus diakui, beberapa aplikasi memiliki standar khusus untuk perangkat yang akan digunakan. Misalnya saja hanya bisa di install pada smartphone dengan android jenis tertentu. Jika smartphone tersebut masih memiliki spesifikasi dibawah yang sudah ditentukan, maka aplikasi tidak bisa diinstall.

Oleh karenanya, pastikanlah smartphone yang anda miliki sudah upgrade dan sudah mendukung google play ataupun aplikasi yang akan digunakan. Jika belum, itu artinya anda harus mengganti perangkat tersebut.

Itulah beberapa cara mengatasi metode pembayaran google play ditolak. Namun ketika semua cara sudah dilakukan namun pembayaran masih belum bisa terima maka cobalah untuk menghubungi customer service. Bisa jadi akun google play anda yang memang bermasalah.

Back to top button