Apakah Kelebihan Google Formulir Dibandingkan dengan Google Dokumen Cek Disini!

Belakangan ini ada banyak individu maupun perusahaan yang memanfaatkan Google Formulir demi memudahkan pekerjaan tertentu. Namun demikian, ternyata masih banyak yang menanyakan apakah kelebihan Google Formulir dibandingkan dengan Google Dokumen yang juga banyak digunakan.

Google Formulir merupakan layanan untuk mewujudkan kuesioner online yang diberikan oleh Google. Fitur ini banyak digunakan sebab sangat simpel dan mudah. Walaupun sama-sama fitur besutan Google, namun Google Formulir ini memiliki keunggulan tersendiri. Berikut adalah kelebihan Google Formulir secara lengkap:

1. Memiliki Fitur Drag and Drop

Google Formulir sudah dibekali dengan fitur Drag and Drop yang mempermudah pengguna saat ingin membuat pertanyaan. Fitur Drag and Drop memungkinkan para pengguna dalam memindahkan objek tertentu hanya dengan mengklik. Kemudian objek tersebut ditarik ke lokasi yang diinginkan.

Adapun cara untuk menggunakan fitur yang ada dalam Google Formulir ini sangat mudah. Ketika pengguna ingin menarik objek (drag), caranya adalah dengan menahan tombol kiri mouse. Kemudian jika ingin meletakkan (drop) maka perlu melepaskannya.

2. Memiliki Ringkasan Hasil Jawaban

Jika bertanya terkait apakah kelebihan Google Formulir dibandingkan dengan Google Dokumen maka salah satunya adalah adanya fitur ringkasan hasil jawaban. Fitur ini secara otomatis menyediakan ringkasan dari hasil jawaban yang diberikan responden. Ringkasan yang ditampilkan adalah dalam bentuk diagram atau grafik.

Tentu saja menyesuaikan jenis pertanyaan yang sudah dibuat sebelumnya. Dengan adanya fitur ringkasan hasil jawaban akan mempermudah para pengguna untuk melihat jawaban dari para responden secara umum kemudian menganalisis data tersebut. Agar lebih detail maka bisa mengekspor ke Google Sheets atau Excel.

✅Baca Juga :  Cara Mencari Akun Google Play Game yang Hilang dengan Beberapa Metode

3. Terdapat Conditional Branching

Kelebihan lain dari Google Formulir jika dibandingkan dengan Google Dokumen yaitu memiliki fitur Conditional Branching. Fitur yang juga dikenal dengan sebutan skip logic ini memungkinkan responden untuk berpindah ke pertanyaan lanjutan yang jauh lebih detail. Tentunya dengan menyesuaikan jawaban yang sudah dipilih sebelumnya. Caranya yaitu dengan memilih section lanjutan untuk setiap jawaban.

Namun perlu diingat, daftar ini hanya tersedia apabila section sudah dibuat. Apabila pada branching question responden memilih jawaban yang tidak ada Go to section, maka default adalah ke section selanjutnya. Dengan kata lain, fitur ini membantu bagi siapa saja yang membutuhkan informasi yang lebih detail.

4. Validasi Tanggapan

Apakah kelebihan Google Formulir dibandingkan dengan Google Dokumen maka bisa dilihat dari fitur validasi tanggapan yang ada. Dengan fitur ini, responden harus mengisi jawaban sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan. Misalnya, pengguna menetapkan aturan jika jawaban yang dimasukkan harus teks singkat.

Atau pengguna juga bisa menetapkan aturan lainnya sesuai dengan kebutuhan. Namun perlu diingat, tidak semua pertanyaan dibekali dengan fitur validasi tanggapan. Melainkan hanya pertanyaan yang bersifat short answer, checkboxes maupun paragraph saja.

5. Bisa Mengajukan Jenis Pertanyaan yang Beragam

Google Formulir lebih unggul jika dibandingkan dengan Google Dokumen, sebab fitur ini bisa digunakan untuk mengajukan berbagai jenis pertanyaan. Sehingga pengguna bisa membuat pertanyaan dengan menyesuaikan kebutuhan masing-masing. Beberapa jenis pertanyaan yang dimaksud antara lain:

  • Multiple choice.
  • Multiple choice grid.
  • Checkbox grid.
  • Linear scale.
  • Short answer.
✅Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Akun Google yang Sudah Lama Dihapus dengan Mudah

6. Memiliki Hasil Survey yang Real Time

Kelebihan lain dari Google Formulir adalah memberikan hasil jawaban responden yang update dan real time. Jadi, ketika responden sudah klik tombol Submit atau Kirim, maka hasil akan langsung otomatis diperbaharui.

Dengan demikian, pembuat pertanyaan bisa langsung melihat jawaban yang diberikan oleh responden tersebut tanpa harus menunggu waktu. Tentunya hal ini sangat mempermudah bagi siapa saja yang ingin mendapatkan data dengan segera.

7. Gratis, Mudah Digunakan Maupun Dibagikan

Layanan Google Dokumen ini gratis digunakan sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Namun demikian, pengguna tetap membutuhkan paket data untuk bisa mengaksesnya. Bukan hanya itu, Google Dokumen juga mudah digunakan ketika ingin membuat survey atau kuesioner.

Memiliki tampilan yang simple bisa membantu pengguna untuk membuat daftar pertanyaan dengan mudah. Menariknya, pengguna juga bisa membagikan survey atau kuesioner yang sudah dibuat dengan beberapa cara. Seperti email, link atau embed form di blog maupun website.

Itulah jawaban dari apakah kelebihan Google Formulir dibandingkan dengan Google Dokumen yang perlu diketahui. Meskipun keduanya merupakan dua hal yang berbeda, tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Siapa saja bisa memanfaatkan dua fitur Google ini sesuai dengan kebutuhan.

Back to top button