Ini Dia Cara Aktifkan Google Authenticator untuk Amankan Akun

Memiliki akun Google akan membutuhkan proteksi lebih. Mengingat Google merupakan salah satu platform terbesar dengan banyak pengguna. Oleh sebab itu, Google mengeluarkan aplikasi keamanan bernama Google Authenticator. Pemilik akun Google yang ingin akunnya aman tentu perlu cara aktifkan Google Authenticator.

Jaman sekarang rasanya mudah sekali untuk orang lain berbuat tidak baik salah satunya dengan meretas akun. Namun, upaya peretasan akun dapat diminimalkan dengan memberikan proteksi lebih pada akun yang dimiliki. Oleh karena itu, Google mengeluarkan aplikasi Google Authenticator.

Cara Aktifkan Google Authenticator

Dengan adanya Google Authenticator akun yang dimiliki lebih aman dan terhindar dari sasaran peretasan. Melindungi akun memang sangat penting, terutama bila akun Google yang dimiliki telah terhubung ke berbagai media sosial. Berikut cara untuk aktivasi Google Authenticator:

1. Instal Aplikasi Google Authenticator dan Lakukan Verifikasi di Akun Google

Jika memiliki akun Google pastikan tidak ketinggalan untuk download aplikasi Google Authentication. Aplikasi ini gratis dan bisa dengan mudah di download di Playstore. Jika sudah download dan instal aplikasi ini selanjutnya lakukan verifikasi dengan membuka akun Google.

Lakukan verifikasi dua langkah pada akun Google yang dimiliki. Cara verifikasi dua langkah yakni saat masuk ke akun Google pilih “Keamanan” kemudian “Login ke Google”. Setelah itu pilih verifikasi dua langkah lalu pilih “Authenticator App” dengan scroll ke bawah.

2. Pilih Jenis HP yang Digunakan

Setelah melakukan verifikasi dua langkah di akun Google, cara aktifkan Google Authenticator yakni pilih HP yang sedang digunakan. Buka kembali aplikasi Google Authenticator yang sudah diinstal lalu pilih jenis HP yang digunakan. Pilihan yang muncul yakni “android” dan “iPhone”.

✅Baca Juga :  Cara Menghilangkan Garis Kotak-kotak di Microsoft Word

Pastikan memilih jenis HP menyesuaikan dengan HP yang digunakan untuk menginstal aplikasi Google Authenticator. Setelah itu lanjut pada langkah selanjutnya dan pastikan tetap membuka akun Google Bersama dengan aplikasi Google Authenticator.

3. Verifikasi Pada Aplikasi Google Authenticator

Ketika sudah memilih jenis HP yang digunakan untuk instal aplikasi Google Authenticator selanjutnya perlu melakukan verifikasi lagi dari aplikasi tersebut. Untuk melakukan verifikasi, di layar HP akan muncul pilihan untuk verifikasi dengan scan QR code atau dengan cara manual.

Jika memilih scan QR code maka harus download aplikasi scan barcode. Lalu scan QR code yang muncul pada akun Google jika dibuka melalui PC. Jika memilih cara manual maka Google Authenticator akan mengirimkan kode ke email untuk menyelesaikan proses verifikasi.

4. Buat Sandi Baru

Cara aktifkan Google Authenticator selanjutnya dengan mengaktifkan “time based”. Namun sebelumnya pastikan dulu seluruh proses verifikasi telah selesai dan kode yang verifikasi yang masuk ke email telah sesuai. Lalu buat sandi yang berisi 6 digit angka.

Sandi tersebut yang nantinya akan digunakan untuk setiap kali masuk ke akun Google. Sampai disini aktivasi Google Authenticator telah selesai. Sandi yang telah dibuat tadi akan diminta saat setiap kali akan login pada akun yang terhubung dengan Google.

Cara Mengaktifkan Google Authenticator untuk Media Sosial yang Terhubung

Google Authenticator tidak hanya berguna melindungi akun Google. Seperti cara sebelumnya, bahwa sandi yang dibuat pada Google Authenticator bisa untuk melindungi akun-akun yang terhubung ke Google. Akun tersebut misalkan media sosial seperti Instagram dan Facebook dengan cara seperti berikut ini:

✅Baca Juga :  Cara Mudah Mengecek Kesehatan Baterai Samsung

1. Buka Aplikasi Media Sosial yang Ingin Dihubungkan dengan Google Authenticator

Setelah melakukan cara aktivasi Google Authenticator seperti sebelumnya, maka selanjutnya coba gunakan pengaman akun ini ke media sosial yang dimiliki. Misalkan memiliki Instagram atau Facebook dengan akun yang sama dengan akun Google maka bisa memanfaatkan Google Authenticator untuk perlindungan.

Caranya dengan login ke Instagram atau Facebook kemudian buka menu pengaturan. Kemudian pilih menu keamanan lanjut pilih “autentikasi dua faktor”. Aktifkan pilihan “gunakan autentikasi dua faktor” untuk mengaktifkan Google Authenticator.

2. Login Ke Akun Media Sosial Menggunakan Sandi Dari Aplikasi

Jika sudah pernah mengaktifkan Google Authenticator maka akn mendapat kode sandi 6 digit. Kode tersebut akan diminta setiap kali akan login ke akun media sosial yang sudah diatur autentikasinya. Contohnya disini adalah Instagram dan Facebook.

Setiap kali akan login ke Instagram maupun Facebook akan muncul permintaan untuk memasukkan kode sandi autentikasi. Gunakan kode yang sama pada aplikasi Google Authenticator untuk login. Kode dapat diganti sewaktu- waktu melalui aplikasi jika diperlukan.

Demikian pembahasan mengenai cara aktifkan Google Authenticator yang sangat penting untuk dipelajari. Keamanan akun akan lebih terjaga dengan adanya aplikasi tersebut. Segera download aplikasi Google Authenticator dan amankan akun yang dimiliki.

Back to top button