Cara Mengaktifkan IDM di Google Chrome dan Keunggulan yang Dimiliki

Download file di internet menggunakan IDM atau Internet Download Manager memang menjadi andalan pengguna internet. IDM dapat diintegrasikan ke berbagai browser dan salah satunya yakni Google Chrome. Namun sebelum menggunakan IDM diperlukan cara mengaktifkan IDM di Google Chrome.

Meski kini telah banyak cara untuk download file dari internet. Namun, IDM tetap menjadi andalan karena kemampuannya dalam download file besar. IDM mampu download file dengan kapasitas besar dalam waktu yang cukup singkat.

Keunggulan Download Menggunakan IDM

Banyak pengguna internet yang merasa wajib memiliki IDM pada PC yang dimiliki. Hal ini karena dalam hal download file, IDM memiliki beberapa keunggulan. Berikut keunggulan dari IDM atau Internet Download Manager:

1. IDM Bisa Download File Banyak Secara Bersamaan

Keunggulan utama yang membuat IDM menjadi wajib terinstal di PC yakni mampu mendownload file dalam jumlah banyak dalam waktu bersamaan. Hal ini tentunya dengan dukungan koneksi internet yang selalu lancar maka download melalui IDM akan semakin cepat.

2. Kecepatan Download Dapat Diatur

Selama download menggunakan IDM, kecepatan downloadnya dapat diatur. Pengguna IDM dapat menghentikan sebentar proses download lalu mengatur kecepatan download dengan mudah. Tentu bagi yang gemar download file di internet akan sangat terbantu dengan kecanggihan ini.

Hal Penting yang Perlu Dipahami Sebelum Aktivasi IDM

Sebelum melakukan cara mengaktifkan IDM di Google Chrome yang penting untuk dipahami. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan kegagalan dalam proses aktivasi IDM. Paham tentang IDM serta Google Chrome terlebih dahulu melalui penjelasan berikut ini:

✅Baca Juga :  Cara Bergabung di Google Meet Melalui Laptop dan HP

1. Pastikan Google Chrome dan IDM Menggunakan Versi Terbaru

Sebelum melakukan aktivasi IDM pastikan sudah update Google Chrome dan instal IDM yang versi terbaru. Selain itu, pada file IDM sendiri pastikan tidak corrupt sehingga dapat diinstal secara sempurna. Jika sudah begitu maka bisa dilakukan aktivasi IDM.

2. Seharusnya IDM Sudah Otomatis Aktif Setelah Terinstal

IDM yang terinstal akan otomatis aktif di Google Chrome. Tanda IDM aktif contohnya saat membuka video di Youtube maka akan otomatis muncul tombol download melalui IDM. Namun pada kasus tertentu, tombol ini tidak muncul sehingga memerlukan cara untuk mengaktifkannya.

Ini Dia Cara Mengaktifkan IDM di Google Chrome

Sudah instal IDM namun tidak aktif? Tidak perlu panik karena sangat mudah mengaktifkan IDM di Google Chrome. Hanya dengan beberapa langkah mudah, IDM bisa aktif dan bebas digunakan untuk download. Berikut cara aktifkan IDM di Google Chrome yang bisa dicoba:

1. Buka Pengaturan Ekstensi Google Chrome

Jika sudah install IDM, maka cara mengaktifkan IDM di Google Chrome yakni dengan membuka pengaturannya. Buka browser Google Chrome lalu pada halaman pertama buka di pojok kanan atas. Kemudian arahkan kursor pada menu “more tools”.

Selanjutnya pilih “extensions” kemudian minimize Google Chrome. Setelah itu buka file instalan IDM pada program file. File instal biasanya tersimpan dengan nama “Internet Download Manager”. Lalu cari file yang bertuliskan “IDMGCExt.crx”.

✅Baca Juga :  Cara Mudah Memindahkan Kontak dari iPhone ke Android

2. Aktifkan Extensi  IDM di Google Chrome

Jika file “IDMGCExt.crx” sudah ketemu selanjutnya tarik file tersebut ke dalam jendela extensions Google Chrome yang telah dibuka tadi. Caranya dengan klik kanan dan tahan file tersebut lalu tarik ke jendela extensions Google Chrome. Setelah itu akan muncul sebuah notifikasi.

Klik “continue” jika muncul sebuah notifikasi lalu ekstensi IDM telah ada di Google Chrome. Selanjutnya tinggal mengaktifkan ekstensi IDM. Pada Icon IDM yang muncul pada jendela ekstensi, klik toggle pada pojok kanan bawah untuk mengaktifkan IDM.

3. Memastikan IDM Aktif

IDM yang sudah aktif ditandai dengan selalu munculnya tombol pintasan untuk download. Saat membuka Google Chrome dan mencari file yang akan didownload maka tombol tersebut akan otomatis muncul. Termasuk saat membuka Youtube juga tombol download akan otomatis muncul.

Ini menandakan IDM telah aktif dan dapat digunakan untuk download. Selain tombol pintasan, ada cara lain untuk mengetahui IDM telah aktif. Saat membuka sebuah situs untuk download file. Maka setelah klik download file akan masuk ke sistem download IDM.

Demikian cara mengaktifkan IDM di Google Chrome. Jika sudah download dan instal IDM namun tidak aktif maka cara tadi bisa jadi solusi. Jangan biarkan IDM hanya terinstal tapi tidak aktif. Pastikan IDM sudah aktif untuk download berbagai file dengan lancar.

Back to top button