Fungsi Google Analytics untuk Mendukung Perkembangan Bisnis Online

Google Analytics merupakan alat analisis web yang dapat menampilkan informasi terkait performa dari situs web serta kinerja dari sebuah bisnis online. Banyak sekali fungsi Google Analytics yang bisa dimanfaatkan bagi para pelaku bisnis online agar kinerja dari website atau blog semakin meningkat.

Tidak mengherankan jika hingga saat ini angka pengguna situs web yang terhubung dengan layanan ini semakin bertambah. Bahkan Google Analytics menjadi pilihan yang tepat untuk menggaet audiens secara potensial sehingga bisa menjadi pelanggan. Berikut adalah beberapa fungsi dari layanan Google ini:

1. Mengetahui Kinerja Iklan Digital

Pada dasarnya, iklan digital dapat menampilkan data iklan termasuk conversions. Namun perlu diketahui, Google Analytics mampu menampilkan data yang lebih menyeluruh terkait performa dari iklan. Artinya, fungsi Google Analytics adalah melacak data dari setiap iklan hingga kinerjanya secara real time.

Dalam periklanan, Google Analytics memungkinkan pengguna menemukan tempat iklan terbaik dalam memasang ads. Yakni dengan melacak juga memanfaatkan data metrik yang berasal dari berbagai sumber iklan. Dengan begitu, pengguna bisa mengoptimalkan jenis iklan sehingga performa lebih setara dengan website maupun konten.

2. Melacak Trafik dari Website

Google Analytics mampu melacak seluruh sumber trafik pengunjung website secara online. Semua informasi mengenai sumber datangnya trafik akan terlihat dengan jelas. Seperti organic (pencarian langsung), referral (website lain), direct (alamat website), paid search (iklan PPC), social, display, email dan lainnya.

✅Baca Juga :  Inilah Cara Upload Video di Google Drive dan Share Link yang Benar

Dengan mengetahui sumber trafik, maka pemilik website bisa menentukan langkah atau strategi yang tepat untuk campaign marketing. Pengguna juga bisa mengetahui perkembangan jumlah trafik dari sumber tertentu untuk membuat keputusan berdasarkan data yang ditampilkan oleh Google Analytics.

3. Mengumpulkan Informasi Pengunjung

Google Analytics juga berfungsi untuk mengumpulkan informasi penting terkait pengunjung website. Identitas dari pengunjung tersebut dapat dilacak melalui tools online ini dengan mudah. Mulai dari lokasi, jenis kelamin, jenis device yang digunakan, aktivitas internet, ketertarikan dan lainnya.

Semua informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menganalisis visitor website atau blog bisnis. Dengan demikian, pemilik website dapat menyusun langkah serta strategi terbaik agar performa dari pemasaran website lebih meningkat.

4. Menganalisis Konten Populer

Fungsi Google Analytics berikutnya adalah mengetahui perilaku dari pengunjung ketika berselancar di website. Sehingga pengguna bisa menganalisis performa dari konten yang ada. Misalnya, dari semua konten yang diberikan manakah konten yang paling populer dan memiliki banyak pengunjung.

Pengguna bisa menjadikan informasi ini sebagai tolok ukur dalam memantau perkembangan trafik di setiap konten yang diunggah. Selain itu, pengguna juga bisa menjadikan sebagai acuan dalam menyusun strategi konten selanjutnya harus seperti apa, mempertahankan topik serta meningkatkan kualitas.

5. Meningkatkan Performa SEO

Dengan adanya Google Analytics mampu mengidentifikasi halaman web yang memiliki performa terbaik. Informasi ini bisa menjadi insight untuk membangun strategi pemasaran konten. Perlu diketahui, SEO dan pemasaran konten merupakan kombinasi strategi yang bisa meningkatkan pendapatan bisnis online.

✅Baca Juga :  Mengatasi Masalah Metode Pembayaran Google Play Ditolak

Kedua aspek tersebut akan terus mengalami perubahan setiap waktu. Akan tetapi, keberadaan Google Analytics menjadikan pengguna bisa memantau indikator keberhasilan dari strategi yang dilakukan. Dengan demikian, website atau blog akan memiliki banyak pengunjung yang berpengaruh terhadap hasil pemasaran.

6. Google Analytics Cost

Selain menjadi salah satu alat analisis web gratis, ada banyak fungsi Google Analytics lain yang akan dirasakan penggunanya. Namun perlu dipahami, karena berbasis gratis, maka proses pemasangan tools ini membutuhkan banyak waktu dan usaha. Fungsi layanan yang standar ini sudah mampu menampung hingga 10 juta klik per bulan.

Akan tetapi, pengguna juga bisa menggunakan layanan versi berbayar. Dengan layanan ini, pengguna akan mendapatkan berbagai fitur analitik premium yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola situs web dalam cakupan yang lebih luas. Namun jangan khawatir, kedua versi ini akan memberikan manfaat yang berlipat ke depannya.

Itulah beberapa fungsi Google Analytics yang akan dirasakan oleh para pengguna website atau blog. Dengan tools ini pengguna bisa meningkatkan konversi serta keuntungan dari bisnis online yang dijalankan. Apalagi Google Analytics mampu memberikan informasi yang memang bisa dijadikan untuk mengembangkan bisnis.

Back to top button