Gambar bola resin atau fiberglass, kertas, bolpoin

Cara Membuat Fiberglass: Contoh, Gambar, Pengertian | Lengkap!

Cara membuat fiberglass – Halo sahabat mudah dicari, selamat datang di konten kami. Disini kami akan membahas tentang cara membuat fiberglass, mungkin ada yang sudah tahu apa itu kerajinan dari fiberglass?.

Fiberglass adalah kerajinan yang terbuat dari bahan kimia seperti resin, katalis, calk. Kemudian bahan tersebut, dijadikan satu adonan yang dapat mengeras.

Sehingga adonan yang mengeras tersebut dibuat menggunakan cetakan, saat ini banyak aksesoris yang terbuat dari resin atau fiberglass ini, misalnya gantungan, hiasan dll, dan pembuatan body alternatif menggunakan bahan fiber seperti body kendaraan mobil atau motor, souvenir, aksesoris.

Kerajinan diatas disebut dengan kerajinan dari bahan keras, kerajinan bahan keras memiliki berbagai macam seperti kerajinan dari bambu, kayu, kardus, sedotan, dll. Kerajinan tersebut bisa dibentuk dengan berbagai macam kerajinan, contohnya cara membuat bingkai foto dari kardus.

Berikut penjelasan lebih dalam, tentang cara membuat fiberglass, simak selengkapnya dibawah ini 🙂

Pengertian Fiberglass

Gambar fiberglass resin, drum, cairan resin
By: romadecade.org

Fiberglass adalah sebuah serat kaca, berasal dari kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis. Kemudian serat tersebut di pintal, atau ditenun seperti kain. Lalu, diresapi dengan resin, sehingga akan menjadi bahan yang kuat dan tahan korasi.

Namun, banyak orang yang mengnggap bahwa, fiberglass ini mudah pecah, alasannya karena bahannya terbuat dari kaca. Padahal setelah fiberglass ini diolah dengan berbagai proses penekanan, bubuk kaca menjadi serat atau cairan, menjadikan kaca membentuk serat yang tidak mudah pecah dan tahan lama.

Sifat mekanik fibergless tergantung dari beberapa faktor. Seperti orientasi, jenis serat, dan desainnya.

Cara Membuat Fiberglass

Untuk menghasilkan kerajinan dari fiberglass, yang mudah dan berkualitas, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah dibawah ini. Berikut cara membuat fiberglass. Ikuti sampai selesai ya, agar hasilnya maksimal 🙂

Siapkan Peralatan

Gambar alat dan cetakan membuat fiberglass dan resin
By: hendricitra.wordpress.com

Sebelum kita membahas cara membuat fiberglass, terlebih kita harus mengetahui, peralatan apa yang dibutuhkan untuk membuat fiberglass. Berikut peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan fiberglass.

Wadah untuk Membuat Adonan

Alat yang pertama dibutuhkan untuk membuat kerajinan fiberglass adalah wadah. Wadah ini gunakan sebagai tempat untuk membuat adonan resin atau sebagai penampung.

Jika Anda ingin hasil yang baik, maka gunakan wadah dengan takaran yang pas, untuk proses pembuatan resin atau fiberglass. Anda bisa perkirakan sediri ukurannya.

Alat untuk Mengaduk

Nah, alat untuk mengaduk ini, gunakan alat yang tidak mudah patah dan tidak terbuat dari bahan plastik. Misalnya alat yang dapat digunakan seperti.

  • Terbuat dari kayu.
  • Logam.
  • Dan lain sebagainya, yang bisa digunakan untuk mengaduk bahan fiber.

Alat untuk Mencetak

Sebaiknya jika Anda mencari alat cetak, carilah yang halus pada bagian pinggirnya, karena jika pada bagian pinggir kasar, akan mempengaruhi hasil fiberglass. Sehingga hasilnya akan terdapat serat.

Alat Tambahan

Anda bisa menambahkan peralatan seperti gelas air, sapu tangan dan amplas, gerinda atau alat penghalus lainnya. Yang dapat digunakan untuk menghaluskan fiber yang sudah dicetak.

Siapkan Bahan Pembuatan Fiberglass

Setelah kita mengetahui peralatan untuk membuat fiberglass, kita juga perlu mengetahui bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk cara membuat fiberglass. Berikut beberapa bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat fiberglass.

Resin

Gambar resin warna merah dengan menggunakan jrigen berat 500 gram
By: Bukalapak.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Bahan untuama untuk membuat fiberglass adalah resin. Resin ini dijual di toko dengan bentuk cair kental tanpa warna. Fungsi resin digunakan sebagai bahan untama untuk membuat polimer.

Resin ini memiliki banyak macam-macamnya, jika fibergless untuk bahan aksesoris, biasanya menggunakan resin keruh dan resin bening.

Jenis resin keruh biasanya digunakan untuk pembuatan aksesoris yang memiliki warna dasar dalam proses akhirnya, dan hargana lebih murah dari pada resin bening.

Sedangakan jenis resin bening digunakan membuat atau menonjolkan aksesoris yang berada dalam sebuah kerajinan. Contohnya seperti gantungan kunci, kalung, gelang, dan jenis-jenis kerajinan resin lainnya.

Resin bening, lebih menojol pernak-pernik didalamnya. Resin keruh, digunakan untuk pembuatan aksesoris warna dasar dalam proses akhirnya.

Katalis

Gambar catalis, katalis resin cara membuat fiberglass
By: Indonesia.alibaba.com

Katalis merupakan cat berwujud cair yang digunakan untuk campuran resin dan untuk mengeraskan fiberglass. Fungsi katalis adalah untuk mempercepat proses pengerasan polimerasi resin. Katalis juga memiliki karakter berwarna bening dan memiliki bau yang menyengat.

Untuk porsinya cukup gunakan katalis sedikit saja, tergantung resin yang digunakan. Perbandingannya 1 resin : 30 resin.

Semakin banyak campuran katalis. Maka, semakin cepat proses pengerasan resin.

Material

Gambar mat dalam pembuatan fiberglass body motor
By: javafiberglass.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

mat ini, berbentuk mirip seperti kain, dengan tekstur mulai dari yang kasar sampai yang halus. Mat ini berfungsi untuk.

  • Pelapis campuran fiberglass.
  • Sebagai pengikat, agar tidak mudah retak dan pecah.
  • Mat ini digunakan untuk membuat fibergas yang berbentuk besar atau kasar.
  • Jika untuk kerajinan tangan hal ini, tidak terlalu penting.

Dempol

Gambar san polac, depul atau dempol dalam proses cara membuat fiberglass
By: Bukalapak.com

Dempol digunakan untuk membentuk fiberglass yang sudah mengeras. Jika cetakan fiberglass sudah jadi, maka dilakukan pengamplasan dan dihaluskan dengan dempol. Jika Anda ingin hasil yang lebih baik Anda bisa menggunakan polyester.

Bahan Tambahan

Jika bahan diatas dirasa ada yang kurang, Anda bisa menambahkan sendiri ya hehehe, karena bahannya tidak hanya yang diatas. Namun jika digunakan untuk kerajinan tangan dari fiberglass, mungkin ini sudah cukup, tingga menambahkan cetakan.

Langkah-langkah Membuat Fiberglass Body Motor

Gambar body motor mini, hasil dari cara membuat fiberglass
By: minimotor.co.id
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Berikut cara membuat fiberglass, yang kuat dan mudah dibut. Sebagai contoh, cara membuat fiberglass body motor.

Tentukan Apa yang akan Anda buat

Maksudnya, terlebih kita membuat cetakan body yang akan kita buat. Jadi sebelum membuat cetakan, harus ditentukan model seperti apa yang Anda inginkan, Anda bisa meniru model motor yang sudah ada atau membuat model sendiri.

Jika Anda ingin hasil yang lebih bagus dan unik, Anda bisa menggunakan model 3D dengan menggunkan software semacam lightwave atau 3D smax Kemudian diolah dan di print out, maka akan menghasilkan sebuah cetakan, tinggal dibuat dari kertas yang sudah dibuat dari model 3D.

Proses Eksekusi

Setelah cetakan terbentuk dengan bagus, Anda bisa melanjutkan ke proses eksekusi. Tahap ini, Anda bisa menutup bagaian motor yang sekiranya akan terkena atau ketetesan resin dengan menggunkan koran atau kertas.

Jika motor terkena tetesan resin akan sangat sulit untuk dihilangkan, dan harus di grinda.

Proses Membuat Adonan Fiberglass

mencampur adonan untuk membuat fiberglass
By: Kumbangjantan.wordpress.com

Dalam tahap ini, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan yang sudah disebutkan diatas. Ditambah alat-alat pendukung seperti pengaduk, gelas air, dan sarung tangan yang digunakan untuk menghindari gatal pada tangan, karena terkena mat fiber.

Kemudian racik bahan-bahan tersebut, komposisinya:

  •  1/2 gelas, resin dan ditambah tlak dengan perbandingan kira-kira 1:1. Kemudian diaduk terus-menerus.
  • Ditambah lagi katalis 10 – 12 tetes. Namun jangan sampai kebanyakan katalis, karena akan membuat adonan keras jika tidak diaduk.
  • Kermudian aduk sampai rata.

Membuat Lapisan Pertama

  • Pastikan permukaan bersih, bila perlu gunkan mirror glaze mold release. Hal ini bertujuan untuk agar hasilnya mudah diambil dari cetakan. Namun jika tidak memungkinkan, juga tidak apa-apa.
  • Kemudian oleskan adonan diatas, dengan menggunkan kuas di cetakan body, kira-kira membutuhkan waktu 30 menit.
  • Setelah satu lapis berhasil, tunggu 10 menit, sampai agak kering sedikit.
  • Kemudian, tempelkan mat, cukup satu lapis pada setiap bagian. Setelah semua sudah terlapisi mat, oleskan lagi resin tersebut, dan tunggu sampai agak kering.

Membuat Lapisan Ke Dua

Untuk membuat lapisan yang ke dua, dengan komposisi 

  • 1/2 gelas resin.
  • 10 – 12 tetes katalis.
  • Disini tidak menggunkan tlak lagi, karena nanti hasilnya akan berat. Lapisan pertama sudah cukup untuk dijadikan podasi.

Langkah-langkahnya:

  • Tempelkan mat merata pada semua sisi.
  • Kemudian oleskan lagi katalis sampai merta.
  • Anda bisa membuat kira-kira 3 lapis mat. Tidak terlalu tebal, namun sudah cukup kuat.
  • Setelah selesai, tunggu sampai benar-benar kering sekitar 6 – 8 jam.
  • Kemudian angkat dari cetakan.

Tahap Finising

Gambar body motor
By: Kombangjantan.wordpress.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Nah, setelah body motor dipisahin dari cetakan, maka akan kelihatan hasilnya, keren kan hehehe. Tahap ini masih belum selesai kau hanya sekedar dilepas dari cetakan.

Tahap selanjutnya Anda perlu untuk:

  • Menghaluskan hasil fiberglass body motor, dengan menggunakan amplas kasar atau gerinda.
  • Setelah itu, bisa Anda dempul, di-epoxy dan dicat.

Jika menggunkan garinda harus hati-hati, dan jangan kebnyakan dikikis hingga merubah bentuknya.

Nah, sudah jadi deh body motor dari fiberglass, gimana ? mudah kan cara membuat fiberglass nya 🙂 coba yuk.

Contoh Kerajinan dari Fiberglass

Kerajinan Fiberglass Gambar Gantungan Kunci

Gambar gantungan kunci dari resin gambar masjid, kabah, dan mekah
By: Bukalapak.com
Gambar gantungan kunci dari resin dengan gambar logo sekolah, tulisan dan benda
By: Kuycreative.blogspot.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Kerajinan Fiberglass Gambar Plakat

membuat kerajinan fiberglass, cara membuat fiberglass
By: Romandecade.com

Kerajinan Gambar Topeng Fiberglass

membuat kerajinan fiberglass
By: Romandecade.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Kerajinan Fiberglass Gambar Kapal

membuat kerajinan fiberglass
By: Romandecade.com

Kerajinan Fiberglass Gambar Gelang

Gambar gelang kerajinan dari fiberglass atau resin yang mudah dan unik
By: shoppy.co.id
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Fungsi Fiberglaas – Cara Membuat Fiberglass

Gambar bola resin atau fiberglass, kertas, bolpoin
By: museumselection.co.uk

Sebenarny, fiberglass ini digunakan untuk keperluan perang, namun seiring berkemangnya zaman, inovasi, teknologi, sudah mengalami peningkatan.

Adapun fungsi fiberglass sebagai berikut:

  1. Digunakan sebagai salah satu bahan kendaraan, seperti body mobil, body motor, perahu, tangki air.
  2. Fiberglass, juga bisa difungsikan sebagai atap, payung promosi dan sejenisnya.
  3. Selain itu, bisa difungsikan sebagai bahan kerajinan yang unik dan sangat menarik, seperti gelang dari resin, gantungan dari resin, bros dari resin, dan hiasan-hiasan lain yang terbuat dari resin.

Penutup – Cara Membuat Fiberglass

Demikianlah, sekilas mengenai cara membuat fiberglass, yang dapat disampaikan di artikel ini. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat, selain itu semoga konten ini dapat membantu semua yang Anda cari. Selamat mencoba semoga sukses 🙂 dan jangan lupa untuk mampir di mudah dicari.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *