Gambar cara membuat montase

Cara Membuat Montase: Pengertian, Fungsi, Tips, Contoh | Terlengkap!

Cara membuat montase – Karya montase adalah karya seni yang jarang dikenali oleh masyarakat Indonesia. Kemudahan dan keunikan montase dapat dipraktikkan oleh semua orang, bahkan anak-anak juga bisa membuat montase ini.

Selain mengetahui mengenai montase Anda juga harus tahu tentang cara membuat kolase, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan bahan-bahan seperti biji-bijian, kaca, keramik, tumbuhan, dll.

Benda-benda tersebut ditempel di atas alas, kemudian dibentuk sesuai keinginan, yang tentunya akan lebih unik. Kolase ini juga hampir mirip dengan cara membuat mozaik.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui tentang cara membuat montase, baca artike ini sampai selesai ya 🙂 Disini akan dibahas mengenai pengertian montase, fungsi montase, cara membuat montase, teknik, gambar montase, contoh montase dan tips membuat montase.

Pengertian Montase

Gambar kartun montase
By: hariannusantara.com

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) montase adalah komposisi gambar yang dihasilakan dari pencampuran unsur dari beberapa sumber. Awalnya montase terbatas pada akrya dua dimensi, namun seiring berkembangnya sekarang menjadi karya 3 dimensi.

Karya seni montase dibuat dari berbagai gambar yang disatukan dan diatur sehingga bergabung serta saling tumpang tindih, yang membentuk kejadian baru atau suatu cerita.

Sebagai contoh karya montase adalah sebuah gambar bunga dari majalah, kemudian dipotong dan diambil bunganya saja, kemudian ditempel diatas permukaan alas gambar.

Ada banyak sekali gambar seni montase yang dapat Anda temukan di koran, majalah, kalender, poto, dan lain-lain. Kemudian dipotong dan ditempelkan. Seni montase sendiri dapat terbagi menjadi 2 yaitu montase dua dimensi dan montase tiga dimensi.

Untuk seni montase dua dimensi hampir mirip seperti lukisan, karena materialnya terdiri dari sekumpulan gambar yang sudah jadi, dan hanya dipotong-potong kemudian dipadupadatkan menjadi satu kesatuan sebuah karya ilustrasi. Sedangkan montase tiga dimensi berbentuk setting.

Nah, teknik montase ini sangat baik untuk pengajaran atau pembelajaran untuk anak TK, yang dapat mengembangkan dan menggilai potensi siswa, dan mengembangkan daya imajinasi siswa yang dapat menghasilkan berbagai macam karya yang sangat menarik.

Fungsi Montase

Gambar kolase gedung
By: competition0715.nonamehome73.live
  1. Montase yang dapat mengembangkan daya serap, emosi, daya pikir, estetika, dan kreativitas. Disebut dengan fungsi edukatif.
  2. Fungsi praktis, adalah fungsi yang terdapat pada benda dalam kehidupan sehari-hari, yang dapat digunakan untuk dekorasi atau hiasan rumah.
  3. Teknik montase yang menggunkan berbagai bahan dan tekstur sehingga dapat membantu menuangkan berbagai ekspresi. Termasuk fungsi ekspresi
  4. Montase yang dihasilkan menjadi suatu karya yang menarik dan unik, sehingga diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan modal kreativitas. Termasuk fungsi sosial.
  5. Saat Anda menuangkan sebuah karya dengan menuangkan semua emosi, ide yang dapat menimbulkan kepuasan dan rasa senang sehingga dapat mengurang beban pesikologo. Jadi hal tersebut termasuk fungsi pesikologi.

Teknik dan Cara Membuat Montase

Gambar orang membuat montase
By: Klikmu.com

Nah, untuk itu mari kita belajar bagaimana cara membuat montase yang baik dan benar, berikut yang perlu diperhatikan saat membuat montase yang mudah.

Sediakan Semua Bahan dan Alat

Adapun alat dan bahan yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

  • Anda juga bisa mencari sumber referensi gambar seperti koran, majalah, foto, kalender dan sebagainya. Pilihlah gambar semenarik dan sebagus mungkin agar lebih menarik.
  • Gunting.
  • Lem untuk merekatkan kertas.
  • Crayon atau pensil warna.
  • Buku gambar atau kertas HVS, untuk menempelkan gambar.

Buat Tema dan Konsep Gambar Montase

Anda juga perlu untuk membuat rancangan gambar montase apa yang akan Anda buat dan sumber gambar dari mana. Jangan lupa pikirkan juga susunan gambar dengan mengatur penempatan pada setiap gambar yang sesuai.

Nah, disinilah kreativitas dan imajinasi Anda dapat berperan penting untuk menghasilkan sebuah susunan baru.

Potong Gambar dari Sumber Referensi

Setelah Anda tadi menentukan rancangan gambar maka pilih dan potonglah gambar yang cocok dan menarik untuk dibuat, dari majalah atau sumber gambar tersebut dengan menggunakan gunting. Dan Anda juga prlu untuk berhati-hati dalam memotong objek gambar agar tidak merusak kualitas gambar.

Anda harus mengumpulakn semua potongan objek gambar tersebut yang akan Anda tempel dengan rapi.

Tempelkan Gambar-Gambar Tersebut

Nah, setelah Anda memilih gambar dan sudah menyiapkan pola gambar tersebut, sekarang Anda tinggal menempelkan satu persatu gambar yang sudah dipotong tersebut, pada posisi tempat yang sudah Anda rancang di kertas atau buku gambar.

Tambahkan Warna dan Arsiran

Untuk menambahkan nilai keindahan dan artistik, Anda dapat memberikan warna atau arsiran dengan menggunakan crayon atau pensil warna, sehingga akan lebih cantik dan orang melihatnya lebih nyaman.

Namun perlu Anda ingat bahwa warna hanya sebagai pelengkap untuk hiasan saja. Sehingga pastikan warna tidak mendominasi montase, pada cara membuat montase.

Lihatlah Hasil Karyamu

Setelah Anda selesai menempel gambar-gambar tersebut, maka akan menghasilkan sebuah gambaran baru dan juga menghasilkan cerita yang baru.

Sebenarnya teknik montase ini mudah, karena kita hanya perlu memilih, memotong dan menempel gambar, sehingga menghasilkan serita baru. Meski demikian cara membuat montase ini memerlukan sebuah kreativitas untuk menentukan pemilihan gambar, agar hasilnya lebih menarik.

Contoh Gambar Montase – Cara Membuat Montase

Gambar Montase Lingkungan

Gambar montase lingkungan
By: dwisariani21.blogspot.com

Cara membuat montase lingkungan, sama dengan tahap-tahap diatas. Hanya saja dengan menggunakan tema lingkungan, berarti Anda harus mencari gambar yang berkaitan, seperti tumbuhan, rumah, manusia, dll.

Gambar Montase Pemandangan

Gambar montase pemandangan
By: Pinterest.com

Gambar Montase Hewan

Gambar montase hewan jerapah
By: filenya.com

Gambar Montase Lingkungan Hidup

Gambar montase lingkungan hidup
By: docplayer.info

Gambar Montase Lingkungan Alam

Gambar lingkungan dan hewan
By: hariannusantara.com

Montase untuk Anak Kecil – cara Membuat Montase

Hasil gambar untuk HD gambar montase"
By: kalsel.kemenag.go.id

Dengan adanya cara membuat montase yang mudah, karya seni ini sering diperkenalkan kepada anak-anak, dan memiliki manfaat yang sangat bagus untuk perkembangan si kecil, seperti:

  1. Dapat berfungsi sebagai keperluan dukasi.
  2. Membantu perkembangan daya pikir, estatika, emosi, kreativitas dan konsentrasi.
  3. Untuk fungsi psikologi anak, dapat mengasah ide-ide baru dan dapat mengurangi setres, dan membuat semangat belajar anak.

Jika Anda ingin memperkenalkan pada anak, baik di sekolah maupun di rumah. Anda bisa mencari gambar di majalah atau di koran, kemudian dipotong dan dan dilekatkan dikertas dan ditambah lukisan-lukisan yang menarik.

Selain itu, Anda juga bisa mencari gambar yang berwarna agar lebih menarik, dan dapat memberikan semangat pada anak.

Merambah Seni 3D – Cara Membuat Montase

gambar menara montase
By: hariannusantara.com

Sebenarnya montase sendiri tidak hanya dikerjakan secara manual, misalnya dengan menggunkan gunting, atau tempel. namun dapat merambah ke dunia lain. Seperti montase (photomontage) yang diaplikasikan untuk memodifikasi gambar baik analog maupun digital.

Photomontage sudah mulai terkenal sejak tahun 1920-an di Eropa. Yang dipopulerkan oleh seniman-seniman photomontage yang terkenal setelah perang Dunia I dan II. Adapun seniman-seniman montase yang terkenal di Dunia adalah:

  • Raoul Haussmann.
  • Hannah Hoch.
  • Huelsenbeck.
  • Dan sebagainya.

Selain itu cara membuat montase di dalam sinematografi yang diartikan sebagai sebuah rangkaian gambar tidak bergambar. Cara membuat montase sekarang sudah mengalami perubahan yang menjadi karya 3 dimensi.

Tips Cara Membuat Montase

Gambar lingkungan islam montase
By: Pikdo.online

Untuk Anda yang ingin membuat montase, Anda juga perlu memperhatikan cara membuat montase yang baik dan benar, berikut akan kami berikan tips membuat montase.

  1. Usahakan mencari gambar yang sesuai tema atau tidak acak-acakan, agar terlihat rapi dan tidak membingungkan.
  2. Carilah gambar di koran atau majalah dengan gambar yang berwarna, agar terlihat lebih cantik.
  3. Jika digunakan untuk anak-anak, Anda juga bisa mencari gambar yang berwarna-warni, karena dengan begitu anak menjadi semangat dalam belajar sambil bermain.
  4. Berhati-hatilah dalam memotong gambar, karena dapat mempengaruhi hasil karya Anda dan hasilnya kurang maksimal.
  5. Dalam memberikat lem untuk perekat gambar di atas kertas, jangan terlalu banyak, selain lama dalam mengeringkan, gambar yang dilekatkan malah kan menjadi rusak.
  6. Lakukankah cara membuat montase dengan berhati-hati dan teliti, serta pilihlah gambar dan tema sesuai dengan keinginan Anda.

Penutup – Cara Membuat Montase

Demikian yang dapat kami ulas mengenai cara membuat montase, yang dapat Anda jadikan referensi untuk membuat montase di sekolah maupun di rumah Anda, yang dapat membuat anak Anda menjadi semangat belajar.

Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan sehingga kurang faham, dan semoga dapat bertemu kembali dengan kami hanya di mudahdicari.com. Selamat mencoba, semoga mergasil 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *