Gambar contoh pidato singkat

Contoh Cerammah Singkat Terlengkap

Ceramah singkat adalah suatu kegiatan yang identik dengan pidato keagamaan, yang dapat disampaikan oleh seorang ustad atau yang ahli dalam bidang agama, dan disampaikan didepan umum.

Ceramah singkat bertujuan umtuk menambah wawasan, pengetahuan, petunjuk yang baik, agar mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Adapun  contoh ceramah singkat yang akan dibahas tentang syaja’ah, a’dalah, iffah, berbaikti kepada orang tua, sabar dan masih banyak lagi.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Syaja’ah

 gambar untuk contoh pidato syajaah

By: Google

Asalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah, karena telah memberi rahmat, taufiq, serta hidayah, sehingga kita dapat berkumpul di majelis ini dalam keadaan sehat walafiat.

Sholawat serata salam kita haturka kepada Nabi kita, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa umatnya dari zaman jahiliya menuju zaman islamiyah, yang kita nantikan syafaatnya, di yaumil akhair. Disini saya akan membahas sedikit ceramah tentang syaja’ah.

Hadirin yang dirahmati Allah

Syaja’ah menurut bahasa berarti, berani atau gagah. Menurut istilah syaja’ah adalah keuatan pendirian, keteguhan hati, untuk membela kebenaran, yang dilakukan dengan penuh pertimbangan.

Adapun dalam islam syaja’ah dibedakan menjadi dua yaitu, syaja’ah harbiyah, dan syaja’ah nafsiyah. Syaja’ah harbiyah adalah keberaniyan yang nampak, seperti dalam medan perang, yang dilakukan para sahabat.

Syaja’ah nafsiyah adalah, menghadapi keberanian diluar medan peperangan, berani menegakkan kebenaran, berkata jujur dihadapan orang zhalim termasuk jihad bil lisan.

Oleh karena itu, orang yang bersifa syaja’ah akan disenangi oleh Allah dan dijamin surga karena termasuk jihad. Biasanya orang yang memiliki sifat syaja’ah mempunyai ciri, mampu memotofasi orang lain, semangat, menciptakan kemajuan dll.

Semoga kita bisa menerapkan sifat syajaah ini dalam kehidupan sehari-hari. Cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf.

Wasalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Contoh Ceramah Singkat Tentang ‘Adalah

Gambar untuk contoh pidato singkat tentang 'adalah

By: Google

Asalamualaikum wr. wb.

Marillah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayah-Nya, sehingga dapat berkumpul di majelis ini dalam keadaan sehat. Sholawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Para jama’ah yang dimuliyakan Allah. ‘adalah atau adil adalah memperlakukan kewajiban dan hak secara seimbang, tidak memihak dan tidak merugikan orang lain. Secara bahasa berarti menempatkan sesuatu pada tempatnya. Sebagaimana dalam surat Al-Hujrot/59:9.

Banyak dari kita yang masih kurang dalam bersikap adil, baik terhadap dirisendiri, orang lain, kepada Allah dan kepada alam semesta. Adapun adil terhadap diri sendiri berarti. menempatkan diri pada kebaikan, dan tidak menganiaya dirisendiri.

Adapun adil terhadap Allah adalah menempatkan bahwa Allah adalah Tuhan yang disembah. Maka kita tidakboleh mnyekutukan-Nya. Adapun adil terhadap orang lain adalh berlaku baik kepada orang lain, tidak boleh menzolimi apalagi memfitnah, karena itu perbuatan yang keji.

Para jama’ah yang dirahmati Allah, banyak sekali dari kita yang kurang peduli dengan lingkungan, kurang memberikan keadilan terhadap alam semesta ini, padahal lingkungan sudah memberikan kita mnfaat yang besar.

Oleh karena itu marilah kita saling berbuat baik, entah terhadap diri sendiri, oranglain bahkan terhadap alam semesta yang Allah berikan kepada kita. Dan selau taat akan perintah Allah.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat.

Wasalamualaikum wr.wb

Contoh Ceramah Singkat Tentang Iffah

Gambar contoh pidato singkat tentang iffah

https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

By: Google

Asalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah, karena telah memberi rahmat, taufiq, serta hidayah, sehingga kita dapat berkumpul di majelis ini dalam keadaan sehat walafiat.

Sholawat serata salam kita haturka kepada Nabi kita, Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa umatnya dari zaman jahiliya menuju zaman islamiyah, yang kita nantikan syafaatnya, di yaumil akhair.

Para sahabatku yang di rahmati oleh Allah.

Kali ini saya akan membahas tentang iffah, iffah adalah menjaga kehormatan diri dari perbuatan-perbuatan dosa, baik yang dilakukan lisan, tangan, bahkan kemaluannya. Orang yang menjaga kehormatan dirinya maka dicintai Allah dan manusia.

Sifat iffah itu sangt penting bagi seorang muslim, sebagaimana yang di jelaskan dalam surat An-Nur: 30-31. Karena menjaga kehormatan diri adalah sifat orang yang beriman yang beradab dan beretika,.

Teman-temanku sekalian, misal dalam berjabat tangan dengan lawan jenis yang bukan makhromnya dilarang, karena khawatir akan timbul didalam jiwa, yang mengarah kepada perbuatan yang buruk.

Oleh karena itu kita sebagai umat muslim, sudah seharusnya untuk menjaga kehornatan diri dari perbuatan yang merusak iman kita.

Semoga bermanfaat, cukup sekian yang dapat saya sampaikan.

Wasalamualaikum wr. wb

Contoh Ceramah Singkat Tentang Berbakti Kepada Orangtua

Gambar contoh pidato singkat tentang berbakti kepada ke dua orangtua

By: Google

Asalamualaikum wr. wb

Hadirin yang di muliyakan Allah

Sudah sepantasnya kita sebagai anak, harus berbakti kepad ke dua orangtua kita, karena orangtua adalh yang sudah merawat kita, dan yang selau kita repotkan mulai darikecil sampai dewasa, pasti kita masih membutuhkan sosok orang tua.

Dalam islam juga sudah dijelaskan bahwa, berbakti kepada orangtia itu sangat penting, sebagaimana yang diterangkan dalam surat Al-isro’:/ 17:23. Bahwa kita tidak boleh berkata kasar, dan berkata “ah” kepada orang tua.

Dalam Hadis yang dirwayatkan Hakim, At-Thabrani, juga diterangkan bahwa, kita diharuskan untuk berbakti kepada orang tua. Allah sangat murka kepada orang yang tidak berbakti kepada ke dua orang tua.

Ridho orang tua juga menjadi sebab terkabulnya do’a kita sebagai anak, karena dengan keridhoan orang tua akan mendapat kedudukan yang tinggi dan mendapat peluang ridho dari Allah.

Seperti kisah Uais Al qorni, beliau adalah seorang yang sangt berbakti kepada ibunya, sehingga Allah memberikan keistemewaan dengan dikabulkan do’anya dan kemuliaan.

Semoga kita dimudahlan oleh Allah untuk sselalu berbakti kepada ke dua orangtua. Semoga brmanfaat.

Waalaikumussalam wr. wb.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sabar

Gambar contoh pidato singkat tentang sabar

https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

By: Google

Asalamualaikum wr. wb.

Hadirin yang dirahmati Allah SWT.

“Apakah hadirin sudah bisa untuk istiqomah dalam berlaku sabar?”. Sabar itu sangat mudah untuk di ucapkan, akan tetapi sulit untuk dilakakukan. Akan tetapi jika kita sering melatih diri untuk selalu bersabar, insyaallah akan dimudahkan oleh Allah.

Sabar adalah, menahan diri dari sesuatu yang dilarang oleh Allah, terlebih menahan diri dari nafsu yang tidak baik. Dan menerima segala kesulitan atau ujian dari Allah.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam surat Al-Baqoroh: 153. Kita diperintahkan untuk selalu bersabar, baik ujian Allah dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buhan. Maka barangsiapa yang bersabar akan diberi kabar gembira.

Hadirin yang di rahmati Allah, perlu diketahui bahwa kita sebagai umat muslim, harus bersabar dalam menjalankan ketaatan dan ibadah dari Allah, dan dengan sholat akan menjadikan jiwa menjadi tentram.

Misalannya, ketika harus bangun sholat malam, untuk menjalankan sholat lail, pasti terasa berat dan malas untuk beranjak ke tempat wudhu, karena enak-enaknya tidur. Maka sesungguhnya itu adalah godaan setan yang terkutuk.

Maka bersabarlah dan tetap menjalankan perintah Allah, meskipun itu berat, sesungguhnya Allah akan memberikan hadiah kenikmatan di dunia terlebih di akhirat.

Semoga kita dimudahkan oleh Allah untuk selalu bersabar dalam keadaan apapun, dan selalu dalam lindunganNya.

Semoga bermanfaat. Wasalamualaikum wr. wb.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Sedekah

Gambar contoh pidato singkat tentang sodaqoh

By: Google

Asalamualaikum wr. wb.

Hadirin yang dimulyakan oleh Allah

Sedekah adalah salah satu akhlak yang mulia, yang didalam dirinya ada sifat suka membantu dan sebagai bentuk kemurahan sebagai seorang muslim.

Sedekah bertujuan untuk membersihkan harta kita, serta menjadikan jiwa dan hati menjadi tentram. Karena sesungguhnya sebagian dari harta kita, ada harta orang yang kurang mampu.

Bersedekah tidak harus orang kaya, orang yang sederhana juga bisa untuk bersedekah, dengan cara selalu tersenyum terhadap oranglain, membantu dengan tenaga. Jadi sedekah bisa dilakaukan oleh siapapun.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-baqoroh ayat 261, yang mana dijelaskan bahwa orang yang bersedekah umpama ” menumbuhkan 7 bulir kebaikan, yang mana ada 100 biji di setiap 1 bulir”. Maksudnya Allah akan melimpat gandakan bagi siapapun yang Dia kehendaki.

Hadiri yang di rahmati Allah, itu tadi seputar tentang sedekah. Seharusnya kita sebagai umat muslim mengutamakan untuk selalu bersedekah, karena sedekah tidak akan membuat kita miskin, akantetapi malah sebaliknya.

Sekian yang dapat saya sampaikan seputar tentang sedekah, semoga dapat bermanfaat.

Demikian contoh pidato singkat yang dapat diguanakan untuk berpidato, selain itu semoga dengan adanya contoh di atas dapat menjadi peringatan khususnya untuk diri pribadi gar selalu dekat dengan Allah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *