jenis batu alam untuk bangunan

Jenis-jenis Batu Alam Untuk Bahan Bangunan Lengkap

Jenis-jenis batu alam – Batu alam sangat dikenal masyraka sebagai salah satu material  bahan bangunan, baik itu untuk membangun rumah agar terkesan menyatu dengan alam, gedung atau jalan. Terutama dalam proses penyelesaian akhair (finishing). 

Batu alam juga memiliki serat atau alur yang alamiah, sehingga memiliki daya tarik, yang ditambang dari bukuit-bukit batu. Selain itu, ada juga jenis batu akik yang tergolong kedalam batu alam, yang digunakan untuk perhiasan dan memiliki banyak manfaat.

Berikut akan dijelaskan tentang pengertian batu alam, jenis-jenis batu alam, dan manfaat batu alam.

Pengertian Batu Alam

 gambar batu alam
By: Google

Batu adalah benda padat yang terbuat secara alami, dari mineraloid dan mineral. Dalam bangunan batu digunakan untuk pondasi bangunan, batu juga memberikan keindahan, keunikan dan warna dari batu alam.

Batu alam adalah semua bahan yang menyusun agregat mineral  dan suatu kerak bumi yang mengeras dikarenakan proses secara alami, seperti mengendap, membeku, pelapukan, serta adanya proses kimia.

Selain untuk bahan bangunan, batu alam juga dapat dimanfaatkan sebagai BBM, yang dihasilkan dari batu bara. Namun masih banyak lagi manfaat batu bara selain menghasilkan BBM.

Adapun jenis-jenis batu alam yang banyak digunakan untuk bahan bangunan diantaranya adalah.

Jenis-jenis Batu Alam Untuk Bahan Bangunan

Batu alam, sejak dulu dijadikan sebagai material bangunan, untuk keindahan rumah agar semakin terlihat alami. Batu alam biasanya diaplikasikan di dinding.

Batu alam sangat cocok diaplikasikan diberbagai jenis tipe rumah mulai dari, tipe yang moderen, tipe yang tradisiomal, sampai tipe rumah yang berbentuk minimalis.

Jenis Batu Alama Andesit

gambar batu alam andesit
gambar ini9 diambil dar google

By: Google

Batu andesit adalah batu yang banyak ditemukan disekitaran Pegunungan Andeks, sehingga dinamakan Batu Andesit. Di indonesia batu ini banyak ditemukan didaerah Cirebon dan Majalengka.

Batu andesit memiliki ciri-ciri, pori-porinya padat tetapi tidak sepadat granit, mempunyai warna yang mudah dikenal yaitu, warna abu-abu gelap dan terang,hitam, hijau dan memiliki dua jenis yaitu, andesit polos serta andesit bintik.

Batu andesit digunakan untuk dinding, lantai dan bersifat kuat serta tahan lumut.

Jenis Batu Alam Paras (kapur)

gambar batu alam Paras
By: Google
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Batu paraas ini memiliki permukaan yang halus dan berwarna putih, sehingga tidak cocok untuk diaplikasikan sebagai lantai yang membawa beban berat. Batu paras banyak digunakan untuk kemewahan dinding, karena batu paras ini terbuat dari kapur.

Jenis Batu Alam templek  (lempemg)

Gambar batu templek
By: Google

Batu ini dipasang dengan cara ditempelkan kedinding secara acak, tetapi tidak boleh dilakukan dengan semabarangan. Batu ini terbentuk dari perubahan tekanan panas bumi, kemudian dipotong dan dirapikan.

Jenis batu alam templek memiliki keunikan dan kelebihan yaitu, tahan terhadap panas, jamur, dan hujan. Dilihat dari karakter dan setrukturnya acak, serta sambungannya seperti tidak beraturan meskipun dalam satu kesatuan.

Adapun ciri-ciri yang dimiliki batu templek adalah, mudah dipasang dan dirawat, memiliki harga terjangkau dan kualitas baik, setruktur dan batuan yang kuat dan keras.

Jenis Batu Alam Paras Jogja

gambar batu alam paras jogja
By: Google
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Batu paras jogja ini, berasal dari Jogja atau disekitar daerah Jawa Tengah, yang cocok digunakan pada dinding yang ingin memfokuskan pada elemen detail arsitekturnya.

Adapun ciri-ciri khusus yang dimiliki adalah, jika dari kejauhan terlihat seperti polos, tapi sebenarnya memiliki guratan yang berwarna seperti abu-abu keputihan, memiliki guratan yang mirip batang kayu belah.

Jenis Batu Alam Palimanan

 gambar batu alam palimanan
By: Google

Batu alam palimanan ini ditambang didaerah Cirebon, yang terletak disekitar Gunung Ciremei, sehingga batu ini diambil dari sebuah nama yang berada di daerah Kabupaten Cirebon.

Batu ini juga bisa dinamakan sebagai batuan sandstone, yang terbentuk dari hasil proses sedimentasi butir-butir pasir yang berada di sekitar pegunungan, selain iti batu alam ini terbentuk dari hasil aktivitas vulkanik geologi.

Batu ini memiliki karakter yang unik, sehingga sangat ideal untuk dijadikan dalam berbagai macam bidang dinding disetiap bangunan.

Batu ini memiliki warna yang sangat indah yaitu, batu alam palimanan kuning, batu alam palimanan emas dan batu alam palimanan putih.

jenis Batu Alam Putih

gambar batu putih
By: Google
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Batu alam putih ini memiliki tampuilan seperti paras jogja, yang berasal dari Cirebon. Perbedaannya terletak pada teksturnya yang kuat dan padat.

Jenis batu alam putih ini sangat ideal digunakan untuk laintai atau dinding kolam renang, selain itu, batu ini sangat cocok diterapkan di dinding yang memiliki konsep Arsitektur Klasik yang memberikan kesan Arsitektur Eropa atau vintage.

Karena warna dari batu alam ini putih terang, maka harus dirawat dengan rutin agar tampilannya terlihat bersih dan natural.

Jenis Batu Alam Sikat (kerikil)

Gambar batu sikat
By: Google

Batu alam sikat atau yang di dikenal dengan batu kerikil, batu ini berbentuk kecil, didapatkan di kali dan dari batu yang diolah menjadi kecil atau batu pecah.

biasanya batu yang digunakan adalah, jenis batu granit yang dipecahkan, yang digunakan sebagai campuran untuk memproduksi bata, atau berfungsi sebagai campuran untuk banguan.

Jenis Batu Alam Susun Sirih

Gambar susun sirih
By: Google
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Batu alam susun sirih adalah jenis batu andesit yang digunakan untuk dinding rumah, dan dibentuk dengan cara menyusun kepingan-kepingan batu dengan seragam, yang sudah dipotong dalam berbagai variasi susunan.

Batu susun sirih berbentuk pipih tipis, menghasilkan warna abu kehitaman yang berbeda, unik dan cukup elegan. Apliklasi batu alam ini memiliki kesan eksotis yang rapi.

Batu susun sirih ini, bisa dipasang dengan batu alam jenis lain untuk mendapatkan kombinasi batu alam didinding yang lebih bervariasi, tapi tetap berkesan minimalis.

Manfaat Batu Alam untuk Bangunan Rumah

gambar untuk bangunan rumah minimalis dari batu
By: Google

Batu alam memiliki banyak maanfaat untuk dekorasi rumah, seperti dapat menyerap panas matahari, menyejukkan, membuat rumah semakin terlihat lebih alami.

Berikut manfaat batu alam untuk rumah.

Manfaat Batu Alam untuk Lantai Kamar Mandi

  1. Lantai dari bahan batuan alam memberikan kehangatan pada kamar mandi.
  2. Lantai dari batu alam meiliki beberapa variasi pilihan.
    Biasanya warna yang digunakan untuk lantai kamarmandi adalah warna coklat dengan motif urat warna emas, abu-abu dan hitam.
  3. Lantai kamar mandi berbahan batu alam lebih tahan lama.
    Batu alam yang terbuat dari marmer dan granit ini tahan terhadap masalah kelembapan.
  4. Desain kamar mandi dari bahan batu lebih fleksibel dalam berbagai macam dekorasi.
    Lantai yang berbahan batu alam bisa memilih bentuk, bahan, corak, ukuran yang bervariasi.
  5. Lantai yang terbuat dari batu alam lebih aman. Sehingga tidak dikhawatirkan jatuh terpleset, karena tekstur batuan begitu aman.
  6. Lantai dari bahan batu alam menawarkan kemewahan. Batu alam bukan ciptaan manusia, sehingga tidak ada yang bisa menyaingi kualitas lantai buatan alam, oleh karena itu akan sangat eksklusif, unik dan menawan tampilannya.

Manfaat Batu Alam untuk Dekorasi Kolam Renag

  1. Lantai kolam renang tidak licin ketika dipijak. Berbeda dengan keramik jika terkena air menyebabkan rentan untuk terpleset.
  2. Menberi nilai jual yang tinggi pada kolam renang. Jika menggunakan batu alam, maka akan nampak seperti berenang ditempat bebas seperti sungai.
  3. Memberi kesan yang alamai pada kolam renang. Bisa mencari batu alam yang pas, sesuai dengan manfaat, agar mendapatkan kesan alami sesuai keinginan.
  4. Membawa hawa yang sejuk pada area sekitar kolam renang. Dengan menggunakan batu alam dapat menyerap udara yang panas.

Manfaat Batu Alam untuk Dinding

  1. Agar dinding lebih berfariasi, dan mengurangi panas matahari.
  2. Memiliki nilai artistik tersendiri untuk rumah, dan terkesan lebih alami.
  3. Memberikan motif yang berbeda, karena bentuknya yang unik.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *