Gambar sumber daya alam

Manfaat, Jenis, Contoh Sumber Daya Alam, Lengkap!!

Sumber daya alam (SDA) – Saat ini, seiring bekembangnya zaman, kebutuhan semakin bertambah sehingga menuntut kita untuk menjaga dan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan baik. Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat banyak, sehingga harus dijaga dengan baik.

Sumber daya alam mempunyai sifat yang langka dan terbatas, sehingga pemanfaatannya pun memerkulan beberapa pertimbangan.

Kita sebagai warga indinesia juga harus menjaga suberdaya alam dengan baik, dengan cara menjaga kelestarian Indonesia serta kelestarian alam raya ini.

Disini akan diulas tentang pengertian, macam-macam, manfaat serta contoh sumber daya alam yang ada disekitar kita.

Pengertian Sumber daya Alam (SDA)

gambat sumber daya alam
By: Shutterstock.com

Sumber daya alam (SDA), adalah segala sesuatu yang berasal dari alam, yang dugunakan untuk memenuhi kebutuhan manusi.

Sumber daya alam yang di butuhkan manusia seperti tumbuhan, hewan, mikroorganisme yang disebut dengan biotik. Selain itu ada minyak bumi, logam, gas alam, tanah dan air yang disebut dengan abiotik.

Jenis-jenis Sumber Daya Alam (SDA)

gambar untuk jenis sumber daya alam
By: dsengeografi.com

SDM bisa diartikan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam, dan dapat di manfaatkan untuk kebutuhan manusia, adapun sumber daya alam dabat dibagi menjadi 3 yaitu.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya (Renewable)

 jenis sumber daya alam
By: Pixabay
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam yang relatif mudah untuk dipulihkan dengan waktu yang tidak lama.

Sehingga apabila sumber daya alam ini habis, maka dalam waktu dekat dapat dipulihkan kembali, melalui proses pembaharuan, baik itu alamiah ataupun dengan rekayasa.

Berikut jenis jenis SDA berdasarkan sifatnya.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui (Renewable)

Gambar sumber daya alam yang tidak dapat di perbaharui
By: Pixabay

Untuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui, sangat mudah ditemukan dilingkunagn kita.

Berikut contoh SDM yang dapat diperbaharui.

  • Sumber daya alam tumbuh-tumbuhan

Tumbuhan berperan sebagai penghasil oksigen, dan penghasil karbonhidrat dari proses fotosintesis. Tumbuhan bermanfaat untuk manusi sebagai penghasil tumbuhan kayu, tumbuhan yang menghasilkan buah, dan tumbuhan yang lainnya seperti sayur-sayuran.

Didalam rantai makanan tumbuhan menempati sebagai produsen yang berperan sebagai penghasil makanan, maka dari itu tumbuhan dinamakan sebagai sumber daya alam.

Sumber daya alam termasuk sumber daya yang dapat diperbaharui, karena pembaharuannya dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, cukup dengan penanaman kembali.

  • Sumber daya alam tanah

Tanah sangat bermanfaat bagi manusia, yakni salah satunya adalah untuk tempat tinggal. Tanah juga dibutuhkan oleh tumbuhan untuk hidup.

Tanah juga mempunyai kualitas yang tinggi, meskipun unsur haranya sudah terserap dengan tumbuhan, tetapi bisa pulih seperti semula, dengan proses pemupukan.

  • Sumber daya hewan

Hewan adalah sumber daya manusia yang di manfaatkan untuk digunakan sebagai sumber pangan dan yang membantu pekerjaan manusia. Contohnya dalah kerbau, yang membantu untuk membajakan sawah.

hewan dapat diperbaharui dengan cara diternak sehinggan menghasilkan pupuk, atau dengan cara berkembang biak dengan sendirinya.

  • Sumber daya alam air

SDA air sangat dibutuhan semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Alam dapat mnghasilkan air secata terus menerus, sehingga makhluk hidp dibumi tidak kekurangan air.

Pembaharuan air dalam sumber daya alam (SDA) tidak perlu membutuhkan waktu lama. Air juga mempunyai siklus tersendiri, sehingga termasuk dalam sumber alam yang dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Gambar simber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
By: Seputarforex.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Sumber daya alam  yang tidak dapat diperbaharui adalah, jenis sumber daya alam yang apabila persediaannya habis, maka akan sulit untuk menyediakan lagi, bahkan bisa jadi tidak dapat untuk disediakan.

Sumber daya alam yang tidak dapat diper baharui, bisa jadi membutuhkan waktu berjuta-juta tahun. Jumlahnya pun sangat banyak, dan sering digunakan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut contoh dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

  • Emas

Sumber daya alam emas adalah jenis batu alam yang terbentuk dari proses alami di bumi, sehingga jumlahnya sangat terbatas, sehingga dikatakan sebagai sumber daya alam buatan. Emas juga termasuk barang berharga dan sangt berguna bagi manusia, karena nilainya sangat tinggi.

  • Gas alam

Sumber daya alam (SDA) gas alam adalah sumber daya yang memiliki peran sebagai energi, yang dapat digunakan manusia untuk aktifitas sehari- hari.

Gas alam sangat bermanfaat untuk manusia yang digunakan sebagai, bahan bakar untuk memasak, sebagai pembangkit listrik, dan sebagai penggerak mesin.

Indonesia termasuk negara yang memiliki gas bumi yang melimpah, letaknya sama dengan sumber minyak bumi. Kegunaann dari gas bumi sebagai penyedia energi.

  • Minyak bumi

Minyak bumi adalah sumber daya alam yang sangat dibutuhkan manusia. Manusia membutuhkan energi untuk menjalankan semua aktifitas,.

Hasil minyak bumi adalah penghasilan yang paling banyak digunakan manusia saat ini. Hasil oalahannya digunakan untuk menyalakan listrik, menjalankan mesin pabrik, menggerakkan mesin kendaraan.

Minyak bumi ini jumlahnya terbatas dan tidakbisa diperbaharui lagi, karena terbentuk dari endapan makhluk mikroorganisme pada zaman purba, yang membutuhkan waktu jutaan tahun untuk menghasilkan minyak tersebut.

  • Batu bara

Batu bara terbuat dari pembusukan bagian-bagian tumbuhan. Batu bara termasuk jenis bebatuan yang mudah terbakar dan terglong batu mineral.

Proses pembuatan batu bara adalah, sisa tumbuhan yang membentuk gambut, yang kemudian membetuk satu  tempat. Karena ada tekanan penimbunan dan pergerakan tanah, maka kumpulan gambut akan berubah menjadi batu bara.

Batu bara memiliki prosentase dalam jumlah karbon yang tinggi, karbon tersebebut dapat diolah oleh manusia sebagai sumber energi. Contoh dari batu bara sebagai sumber energi adalah, sebagai bahan bakar kapal laut, dan kereta api.

  • Intan

Sumber daya alam yang memiliki nilai jual yang sangat tinggi adalah intan. Intan selain menarik ternyata termasuk jenis bebatuan yang sangat keras di dunia, yang digunakan untuk memotong marmer atau kaca.

Di Indonesia batu intan tersebar di kota, Muara Mengking, Longiram, Sei Pinang, Martapura, yang semuanya terletak di Pulau Kalimantan.

  • Besi

Besi terbuat dari biji besi yang dicampur dengan timah, nikel dll, sifatnya padat, keras dan mampu menahan beban berat, besi ini digunakan dalam bidang konstruksi atau bahan pokok bangunan.

Besi adalah salah satu logam, yang sangat populer selain tembaga. Besi yang semakin kerap digunakan menimbulakan penipisan pada pembuatan besi. Sehingga dinamakan sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

  • Batu granit

Sumber daya alam (SDA) batu granit tergolong batuan beku yang melalui tahap yang lama. Proses batu ini berawal dari batu yang kecil yang mengeras dari lapisan bumi, atau mengeras pada kerak.

Proses batu granit dikarenakan suhu bagian atas magma lebih rendah dari pada bagian bagian yang selalu memanas.

  • Tembaga

Sumber daya alam (SDA) memiliki sifat yang baik untuk penghantar listrik, kegunaan tembaga terbesar adalah dalam bidang kelistrikan, contohnya kabel, sekalar, dan lainnya.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Sumbernya

gambar sumber daya alam
By: Pixabai

Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah yang sangat luas, baik berupa daratan maupun lautan yang mengandung sumber daya alam yang melimpah, dan bemacam-macam jenisnya. Indonesia terkenal dengan SDM yang berasal dari pertambangan, pertanian, dan perkebunan.

Berikut contoh dari sumber alam berdasarkan sumbernya.

Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

sumber daya alam biotik
By: Pixabay.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Sumber daya alam hayati (biotik) adalah sumberdaya yang berasal dari makhluk hidup yang ada di alam, yang meliputi tumbuhan, hewan, mikroorganisme.

Contoh dari sumber daya alam hayati adalah.

  • Pertanian dan perkebunan

Sumber daya pertaniaan dan perkebunan adalah sumber daya yang sering dimanfaatkan oleh manusia, guna sebagai kelangsungan hidup dan sebagai kebutuhan sehari-hari.

Pertanian yang dimanfaatkan oleh manusia seperti, padi, gandum. Dan ada juga yang dari perkebunan seperti, kebun jagung, kebun teh, kebun buah-buahan.

Contoh lain dari SDA hayati yang dimanfaatkan oleh manusia, diantaranya adalah, kebun kopi, teh, rambutan, alpukat. Serta ternak sapi, ayam, burung, lele.

  • Hewan

Hewan adalah kekayaan alam yang dapat diperbaharui, dan yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Ada juga hewan yang susah untuk diperbaharui, sehingga terancam punah karena dieksploitasi secara berlebihan oleh manusia.

Contoh SDA hewan yang dapat dimanfaatkan adalah perikanan dan peternakan.

Perikanan adalah budidaya yang berasal dari hewan air tawar, atau hewan laut, misal bududaya dari perikanan adalah budidaya bandeng, dan ikan lele.

Sedangkan budidaya dari pertanian adalah cara yang digunakan untuk mengembangkan hewan yang notabennya banyak dimanfaatkan oleh manusia.

Seperti, ayam yang menghasilkan telur, dan dapat dimakan dagingnya, serta sapi yang menghasilkan susu untuk di konsumsi.

  • Tumbuhan

Indonesia sangat terkenal dengan hutan tropis terbaik, dan memiliki berbagai kekayaan. Salah satunya adalah dari sektor tumbuhan itu sendiri.

Ada beberapa tumbuhan yang di kembangkan dan dibudidayakan sebagai bahan pangan, kerajinan tangan, serta obat herbal.

Sumber Daya Alam Non Hyati (Abiotik)

Gambar sumber daya alam abiotik
By: Pixabay

Sumber daya alam non hayati adalah yang sumbernya berasal dari benda mati atau unsur alam yang tidak meiliki nyawa. Misalnya udara, mineral, tanah, air, bahan tambang, matahari.

Berikut contoh lebih luasnya, tentang sda non hayati.

  • Air

Sumber daya alam yaitu tergolong sumber daya yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam air yang sering digunakan adalah, dari air tawar seperti danau, rawa, dan sumber air tanah.

Pemanfaatan air sebagai pengairan lahan petani, bahan baku industri, rekereasi, trasportasi, pembangkit listrik.

  • Matahari

Sumber daya alam matahari di manfaatkan oleh semua makhluk hidup, termasuk manusia dengan tujuan untuk bertahan hidup.

Tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis, dari hasil fotosintesis dapat bermanfaat untuk manusia dan juga hewan.

Manusia membutuhkan matahari untuk kebutuhan hidup, seperti untuk mengeringkan pakaian dll.

Pemanfaatan sinar matahari yang paling besar adalah pembangkit listrik tenaga surya, atau yang di singkat dengan PLTS.

  • Udara

Wind millis adalah teknologi yang diciptakan oleh negara Eropa dengan kolaborasi antara udara dan teknologi, sehingga bermanfaat bagi kehidupan.

Energi yang di hasilkan dari penemuan tersebut agar, pemanfaatan angin lebih bersih, dan lebih ramah lingkungan, dan energi yang dihasilkan dari angin lebih banyak. Sekitar 50-100 kali.

  • Hasil tambang

Sumber daya alam mineral yang dimaksud adalah hasil dari tambang yang berasal dari perut bumi, dan sangat bermanfaat untuk manusia.

Misalnya minyak bumi – (Dari fosil berbentuk cair), yang sudah dilakukan pertambangan. Contoh penghasilannya seperti bensin, solar, oli.

Emas dan perak – Jenis ini diolah menjadi perhiasan, campuran berbagai elektronik, dibuat sebagai mata uang logam, dan memiliki nilai ekonomi sangat tinggi.

Gasa alam – Berasal dari fosil yang berbentuk gelembung gas, contohnya LPG dan LNG.

Batu bara – Berasal dari fosil berbentuk padat. Contohnya digunakan untuk PLTU.

  • Tanah

Tanah adalah sumber daya alam sebagai papan, memenuhi kebutuhan pangan manusia. Hewan dan tumbuhan pun sangat memanfaatkan tanah sebagai tempat tinggal dan sebagai cocok tanam atau pertumbuhan.

Pemanfaatan tanah bisa di gunakan untuk pembangunan rumah yang di gunakan tanah pasir, tanah lempung digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan, yang menghasilkan nilai ekonomi.

Manfaat Sumber Daya Alam (SDA)

manfaat sumber daya alam
By: Shutterstock.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

Kekayaan indonesian ini sangat beragam, terutama dalam hal sumber daya alam, Indonesia memiliki kekayaan SDA yang pemanfaatannya digunakan sebagai kelangsungan hidup.

Berikut ada beberapa manfaat sumber daya alam bagi manusia, sebagai berikut.

  • Sebagai suplai oksigen

Oksigen merupakan unsur kurusial bagi makhluk hidup, yang dihasilkan oleh flora-flora atau pepohonan. Sehingga manusia dapat bertahan hidup karena adanya oksigen.

  • Menjaga keseimbangan alam

Sumber daya alam memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan alam, serta kelestarian bumi. Tidak sepantasnya SDA dikesploitasi secara berlebihan tanpa adanya pelestarian.

Apabila sumber daya alam tidak seimbang karena keserakahan manusia, maka akan menimbulkan bencana alam dan perubahan iklim secara cepat.

  • Memenuhi kebutuhan pangan

Manusi menjadikan sda sebagai pemanfaatan untuk kelangsungan hidupnya, dan sebagai pemenuh kebutuhan pangan hewan dan manusia.

Sumber daya pangan ini, diolah membentuk berbagai macam-macam pengolahan pangan manusia maupun hewan. Sumber daya yang paling utama adalah flora dan fauna.

  • Sumber bahan bakar dan energi

Sumber daya alam bahan bakar dan energi, bermanfaat untuk manusia sebagai bahan bakar penghidup listrik, kompor, kendaraan bermotor. Energi matahari dan angin digunakan sebagai pengganti minyak bumu dan gas.

  • Sebagai suber daya pembangkit listrik

Sumber daya pembangkit listrik, menggunakan energi matahari atau bahan bakar, yang akan dikonversi menjadi energi listrik.

Sebagai sumber mata pencaharian

Manusi membutuhkan pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari, salah satunya yang di manfaatkan adalah sumber daya alam.

Contoh dari sumber mata pencaharian manusia adalah, para pekerja tambang, para petani, para pekerja rig lepas pantai.

Itu lah sekilas pembahasan mengenai sumber daya alam. Yang mana harus kita jaga dengan baik, apalagi Indonesa ini memiliki SDA yang banyak, jadi harus diperhatuikan lagi lingkungan kita, agar tetap terjaga.

Semoga dengan adaya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat. Terimakasih.

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *