Kegiatan Selama Pondok Liburan

Kegiatan pondok liburan adalah kegiatan yang dilakukan setiap 1 tahun 3 kakai pas waktu libur semester dan ketika libur puasa yang diisi dengan kegiatan membuat kerajian tangan, manfaat yang kami dapatkan juga banyak dari kegiatan pondok liburan ini.

Kegiatan pondok liburab diikuti oleh semua santri entah yang senieor atau yang masih baru, karena jumlah muridnya juga sedikit hanya sekitar 30 santri putri, jadi seandainya tidak mengikuti kegiatan tersebut maka akan mudah untuk ketahuan.

Asiknya bahan-bahan yang digunakan pun sangat sipel bahkan dari kain yang sudah tidak terpakai (kain perca), ada juga yang dari bahan bahan yang sudah tidak bermanfaat menjadi bernilai, contohnya: gulungan benang, kulit telur, kerikil atau pasir dll.

Tapi sayangnya momen seperti ini tidak digunakan dengan semaksimal mungkin bahkan cenderung diremehkan, termasuk aku sendiri, sekarang baru tau apa manfaat dan buah dari kegiatan Pondok Liburan tersebut, yang tanpa di pungut biaya.

Membuat Kerajinan Tangan

Hasil gambar untuk gambar kerajinan yang unik

Kegiatan ini seperti melakukan sebuah permainan pada waktu kecil, bedanya jika kerajinan ini lebih bagus dan pantas untuk dirubah menjadi uang, beda dengan permainanku diwaktu kecil, yang mana dulu membuat patung dari tanah (lempung), samanya adalah sama-sama kerajinan.

Mereka yang berbakat kelihatan dan mereka yang yang kreatif juga sudah muali nampak satu-persatu, ada dari temanku yang bisa menjahit, ada yang bisa bikin bros dari kain perca, ada yang dari benang songket dll, tapi itu bukan hanya temanku sih, aku juga bisa tapi hanya sedikit.

Keseruan mulai muncul didalamnya, emang awalnya males banget untuk mengikuti kegiatan tersebut karena waktunya istirahat malah digunakan untuk kegiatan tersebut, tapi setelah mulai mengikuti kegiatan tersebut bisa untuk menenangkan fikiran dari tugas-tugas yang bikin pusing.

Membuat Kerajinan dari Benang Songket dan Kain Perca

Hasil gambar untuk gambar kerajinan dari kain perca

Benda ini sangat mudah dicari, apalagi kain perca, kain perca adalah sisa atau limbah dari potongan kain yang sudah tidak di gunakan, jadi kami mendaur ulang bahan tersebut agar tetap bermanfaat, menjadi bahan yang bisa digunakan kemabli meski tidak dalam bentuk baju.

Kami mengumpulkan kain-kain yang senada atau yang serupa agar lebih bagus, bahan perca ini bisa dijahit bisa tidak dan dijadikan bermacam bentuk diantaranya pita, bisa jadi bermacam-macam bentuk bunga, bahannya pun cukup mudah hanya modal kain, jaurm, dan benang.

Selain dijadikan bunga dan pita ternyata masih ada lagi yaitu pembutan keset, aku kaget waktu itu ternyata keset itu bahannya dari kain perca yang disesuaikan warnanya saja, kami pernah praktik membuat keset dengan 3 warna, dan kainnya disambung sampai selesai.

Bahan dari pembuatan keset juga tidak terlalu banyak, malah lebih banyak membuat bors yang harus menyiapkan lem tembak, cemiti dan kain flanel dll, sedangkan keset hanya membutuhkan alat cetak keset dari kayu dan dihiasi dengan paku untuk menaruh kain perca itu sendiri.

Yang paling aku sukai dari kegiatan tersebut adalah pembuatan bros songket, yang mana membuatnya dengan menggunakan benang polyester, acrylic dll sebenarnya ada banyak jenis kain rajut tapi yang kami gunakan benang bahan polyester dan acrylic.

Bahannya pun cukup mudah hanya dengan jarum songket dan benang songket. Aku suka dengan kerajinan ini karna mudah di buat tidak terlalu ribet bahannya, dan bisa dibuat dimanapun karna simpel.

Membuat Kerajinan Kaligrafi 3D dengan Biji-bijian

Hasil gambar untuk gambar kaligrafi dari biji bijian paling unik tanpa pigura

Kaligrafi adalah jenis karya seni rupa yang mengutamakan keindahan pada huruf, kalu Kaligrafi Tiga Dmensi ini adalah kalaigrafi yang jenis dan keutamaannya sama dengan kaligrafi biasa, namun ini tulisan arabnya diganti dengan, Biji-bijian, pelapah pisang, sisa gergaji, cangkang telur dll.

Tidak semua bahan tersebut dibuat untuk praktik, dulu kami hanya menggunakan sisa gergaji, dan biji kacang hijau, itupun tulisannya sudah disiapkan dan tinggal memberi cat dan memberi bahan tersebut mengurutkan tulisan arabnya.

Lagi-lagi meski mengikuti kerajinan kaligrafi 3D, belum tentu aku mahir dibidangnya hanya pernah pengalaman dalam bidang tersebut, ada juga dari temanku yang mendapatkan juara 1 dan 2 dalam rangka lomba kaligrafi di asrama.

kerajinan Membuat Vas Bunga dari Gulungan Benang

Produk Kerajinan, Ornamen, Vas, Bandara, Tali Ayah

Kerajinan ini juga sangat simpel hanya membutuhkan cat kayu, gulungan benang, benda berat seperti genteng dan bisa menggunakan salah satu dari bahan kerak telur, pasir, daun pisang, kertas kado dll sesuai dengan keinginan masing-masing yang menurut kami bagus dan menarik.

Cara pembuatannya lumayan sulit karna harus membentuk bulatan genting sesuai lubang yang ada di gulungan benang, dan jika tidak sesuai maka hasilnya akan miring jika diberdirikan atau ditaruh meja, sehingga membutuhkan tenaga yang ekstra untuk membuatnya, bagiku.

Tahap yang paling sulit hanya membuat bawahnya saja, selebihnya mudah apalagi kalu sudah ketahap menghiyas bebas tapi tetap pada kualitas, kalau aku masih nagwur dalam pengecatan hanya menggunakan kertas kado yang sebelumnya sudah dibaluti dengan cat kayu.

Sikap jahil dari teman-teman mulai muncul ketika pembuatan vas bungs hanya tinggal dijemur untuk mengeringkan catnya, berawal dari temanku yang mengambil kerajinan yang sudah dijemur niatnya hanya ingin melihat, tapi karena catnya belum kering akhirnya rusak.

Timbulah masalah baru, tapi tidak ada yang marah-marahan, malah ada kekonyolan gara-gara masalah tersebut, kami saling menggoreskan cat kebadan satu sama lain, lebih parahnya kalu sudah kena baju dan wajah.

Jika sudah dijemur kalau yang mengunakan kertas kado seperti yang aku buat, ada yang bagus dan ada yang tidak rata, sehingga nampak kalau itu terbuat dari lapisan kertas kado, sedangkan yang bagus tidak begitu terlihat.

Sedangkan yang terbuat dari kerak telur harus pintar-pintar memilih warna yang pas untuk dibuat bentuk, misal mau membentuk bunga atau membentuk yang lain, pokok nya harus menyesuaikan, dan catnya yang baik itu tidak kelihtan atau sampek kena kerak telurnya.

Kerajinan Membuat Gantungan dari Kain Flanel

Gambar terkait

Kain flanel sebenarnya bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan diantaranya adalah membuat bros, tempat tissue, kotak pensil dll, dan salah satunya adalah gantungan. Bisa berupa gantungan tas, gantungan kunci, gantungan hp kalau mau hehe.

Bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah gantungan, lem tembak, dacron, kain flanel dll, pembuatannya juga cukup mudah hanya menggambar di kain flanel sesuai dengan kesukaan masing-masing, lalu dijahit ujungnya dari dalam, lalu dibalik.

Meskipun diatas aku bilang mudah, tapi aku tetap menyadari bahwa membuat gantungan itu juga sulit terutama dalam masalah menjahit karna harus teliti, dan juga dalam masalah pemasangan gantungan, karna jika tidak pas maka akan terlihat jahitannya.

Berhubung kumpul dengan teman yang menguasai masalah kerajinan, maka temanku bisa aku ambil manfaatnya, yaitu dengan minta diajari bagaimana cara membuat gantungan dengan baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *