Gambar batok atau kerajinan dari batok

Kerajinan dari Batok Kelapa yang Mudah, Paling Aneh!

Kerajinan dari batok kelapa- Batok kelapa adalah bagian dari buah kelapa, yang memiliki sifat keras serta diselimuti serabut. Biasanya batok kelapa yang masih ada serabutnya dinamakan dengan tempurung kelapa.

Nah, biasanya tempurung kelapa atau batok kelapa dimanfaatkan untuk bahan bakar, briket, dan bahan kerajinan. Kerajinan yang dihasilkan dari batok, dinamakan dengan kerajinan dari bahan keras. “Sudah ada gambaran kan mengenai kerajinan dari batok kelapa?”.

Disini penulis akan memberikan beberapa manfaat dari batok kelapa dan cara membuat kerajinan dari batok kelapa, yang melipiti cara membuat asbak, bunga, tempat lilin, kotak polpen, mangkok dll dari batok kelapa. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, simak tulisan dibawah ini, jangan sampai ketinggalan ya 🙂

Batok Kelapa

Gambar batok
By: 123rf.com

Batok kelapa bisa Anda dapatkan di pasar dengan harga yang sangat murah meriah, bahkan bisa geratis. Biasanya para penjual mengumpulkan batok kelapa untuk dijadikan sebagai arang batok kelapa.

Namun, ada juga yang menjualnya dalam jumlah koloan atau per karung, dan tentunya harganya jauh lebih murah jikan Anda beli dalam jumlah banyak. ” Nah sudah jelas kan cara mendapatkan batok kelapa?”.

Sekarang Kita perlu mengetahui atau praktik membuat bermacam-macam jenis kerajinan batok kelapa dan contoh produk kerajinan dari batok kelapa, yang dapat Anda jadikan ide untuk membuat kerajinan batok kelapa.

Cara Membuat Kerajinan dari Batok Kelapa

batok bentuk daun
By: it.aliexpress.com

Setelah Kita mengetahui penjual batok kelapa dan harganya, tahap selanjutnya Anda harus membeli atau mempunayi batok tersebut. Jika sudah membelinya, Anda dapat memulai untuk membuatnya. Berikut tahapan-tahapan dalam membuat kerajinan batok.

Persiapan dan Perlengkapan

Tahap pertama untuk membuat kerajinan dari batok kelapa, terlebih dahulu Anda harus menyiapkan peralatan dan bahan apasaja yang dibutuhkan dalam proses pembuatan batok kelapa.

  • Gergaji besi
  • Pisau
  • Lem kayu
  • Amplas
  • Cat pernis
  • Dan bahan tambahan lainnya

Selain yang ada diatas, anda juga bisa menggunakan kulit jagung yang digunakan untuk melapisi batok. Nah, kerajinan dari kulit jagung memiliki berbagai kreasi yang unik dan menarik untuk hiasan rimah Anda.

Langkah-langkah Pembuatan

Jika Anda sudah menyiapkan bahan pokok yaitu batok kelapa yang berkualitas dan alatnya. Langkah selanjutnya membuat produk kerajinan dari batok kelapa.

  1. Bersihkan batok kelapa
    Bersihkan batok kelapa, dan pastikan batok kelapa benar-benar bersih dari kotoran dan serabut. Nah, Anda bisa menggunakan amplas kasar untuk membantu membuat batok benar-benar bersih.
  2. Haluskan batok kelapa
    Mengaluskan batok kelapa ini wajib ya hehehe. Untuk membuat batok halus gunakan amplas yang halus. Dan yang paling penting gosok dengan daun pisang kering. Daun ini berguna untuk membuat permukaan batok kelapa mengkilap
  3. Potong batok kelapa
    Pada tahap pemotongan batok kelapa, gunakan gergaji khusus. Anda bisa memotong batok sesuai dengan pola atau konsep yang akan Anda buat
  4. Bentuk batok kelapa
    Bentuklah batok kelapa sesuai yang Anda inginkan. Anda dapat merangkai menjadi berbagai jenis kerajinan

Contoh Produk Kerajinan dari Batok Kelapa

Gambar batok boneka
By: sarungpreneur.com

Disini Anda dapat menemukan ide-ide untuk membuat kerajinan batok kelapa, dan dilengkapi dengan cara pembuatannya. Berikut penjelasan lebih lajut.

Kerajinan Lampu Hias

Gambar lampu hias
By: Pinterest.com

Lampu ihas biasanya terbuat dari benang atau benda yang lainnya, untuk kali ini lampu hias terbuat dari batok kelapa. Dan kerajinan dari batok kelapa ini tak jauh menariknya dengan lampu kerajinan dari bambu.

Lampu hias dari batok kelapa ini, akan sangat cocok jika diletakkan di kamar, karena dapat mengatur penerangan cahanya, sehingga tidur menjadi nyaman dan nyeyak.

Cara membuat lampu hias dari batok kelapa lumayan sulit, namun apa salahnya jika Anda mencoba untuk membuatnya, dan dijadikan sebagai hiasan rumah, selain itu lampu hias ini dapat Anda jual loh, sehingga dapat menambah perekonomian keluarga.

Cara Membuat Asbak dari Batok Kelapa

Asbak dari batok bentuk hewan
By: Tokopedia.com

Meskipun Anda tahu di rumah Anda tidak ada yang suka merokok, namun kerajinan asbak dari batok kelapa ini dapat digunakan sebagai hiasan rumah Anda.

Sehingga rumah Anda akan terkesan inda dan menarik, selain itu akan menambahkan kesan klasik dan menarink untuk ruang tamu rumah Anda. Adapun cara pembuatannya sebagai berikut:

Alat dan bahan:

  • Batok kelapa yang sudah di olah atu dihaluskan
  • Lem kayu
  • Cat warna
  • Gergaji
  • Amplas

Cara membuat asbak dari batok kelapa:

  1. Belahan batok kelapa yang per tama, di gergaji bagian ujung
  2. Kemudian batok yang ke-2 dipotong yang bagian atasnya menyesuaikan lingkaran dari batik yang pertama
  3. Setelah itu satukan dan lem dengan menggunakan lem kayu.
  4. Yang terakhir Anda bisa memberikan hiasan tambahan dan diwarna dengan cat, agar lebih menarik dan cantik

Cara Membuat Bunga dari Batok Kelapa

Gambar bunga
By: Google.com

Contoh produk kerajinan dari batok kelapa selanjutnya adalah bunga. Bunga dari batok akan memiliki nilai seni yang tinggi, mungkin Kita juga jarang melihat bunga yang terbuat dari batok kelapa.

Sehingga dengan membuat bunga batok kelapa, dapat Anda jadikan sebagai hiasan rumah, lampu ruangan, kado untuk sahabat atau bahkan orang tua Anda. Selain itu dengan memberi kado ini dapat terkesan kepada mereka yang Anda beri hadiah.

Bahkan Anda dapat menjualnya, dan dapat menghasilkan uang. Sehingga kerajinan ini juga dapat memenuhi kebutuhan rumah.

Cara Membuat Celengan dari Batok Kelapa

Kura kura celengan batok
By: Shoopy.com

Contoh produk kerajinan dari batok kelapa yang selanjutnya adalah, cara membuat celengan, yang pastinya akan sangat unik namun sederhana. Dan dapat muat banyak untuk diisi uang Anda hehehe.

Celengan ini dapat Anda jadikan sebagai kado untuk adik cecil atau buah hati Anda loh, dengan begitu dapat melatih anak Anda untuk belajar ber hemat.

Alat dan bahan:

  • Batok yang sudah dibersihkan dan di amplas dan sudah terbelah
  • Pewarna
  • Lem perekat
  • Mplas
Gambar batok hellokity celengan
By: Bukalapak.com

Cara membuat celengan dari batok kelapa:

  1. Satukan batok yang sudah dibelah dan dibersihkan tadi, dengan menggunakan lem kayu
  2. Amplas lagi keseluruhan batok sampai benar-benar halus
  3. Tambahkan oranamen dan di cat dengan semenarik mungkin, yang terpenting adalah. Sesuai yang Anda inginkan

Cara Membuat Tempat Lilin dari Batok Kelapa

Gambar lilin dengan tempatnya yang terbuat dari batok
By: Pinterest.com

Ketika rumah Anda mati lamupu, pasti membutuhkan yang namanya lili bukan, dan biasanya Kita akan menjadi kesel jika lilin itu susah untuk diletakkan.

Untuk itu kita harus mencari solusinya. Nah, salah satunya adalah dengan membuat lilin batok kelapa, karena dengan menggunakan batok kelapa tidakakan mudah jatuh dan dijamin aman, serta tidak mudah dibawa angin.

Cangkir – Kerajinan Batok Kelapa

Gambar cangkir
By: esuppliersindia.com

Contoh produk kerajinan dari batok kelapa yang selanjutnya adalah cangkir. Cangkir dari batok kelapa akan terkesan lebih alami dan tidak terlalu berat jika dibawa.

Cobadeh, Anda bayangkan ketika minum kopi dengan menggunakan cangkir unik ini, pasti ada sensasi yang berbeda. Cara membuat cangkir dari batok kelapa ini juga tidak terlalu sulit, dan tidak beda jauh dengan pembuatan gelas dari batok kelapa.

Mangkok – Kerajinan Batok Kelapa

Gambar mangkok
By: knowrishwell.com

Contoh produk kerajinan dari batok kelapa bentuk mangkok ini akan sangat bermanfaat, dan berfungsi sebagai wadah atau tempat makanan. Biasanya mangkok yang biasa kita temukan terbuat dari keramik maupun kaca.

Nah, jika Anda ingin membuat mangkuk dari batok kelapa akan terlihat elegan, unik dan tentunya cantik. Cara membuat mangkok dari batok kelapa juga sangat mudah kok 🙂

  • Pertama Anda hanya membutuhkan setengah lingkaran batok
  • Kemudian diamplas agar halus dan dirapikan, jika perlu diberi cat
  • Untuk bagian bawahnya, Anda membutuhan potongan kecil, dan direkatkan dengan lem kayu

Gantungan Kunci – Kerajinan Batok Kelapa

Gambar gantungan kunci
By: daursam.blogspot.com

Contoh produk kerajinan dari batok kelapa bentuk gantungan kunci ini mungkin pernah Kita jumpai di pasar, bahkan ditempat-tepat wisata sangat banyak, baik itu bentuk hewan, daun, tokoh dll.

Untuk itu, kerajinan ini akan memberikan peluang usaha yang bagus. Selain itu dapat dijadikan sebagai kado untuk seseorang yang Anda sayangi. Nah, berikut cara pembuatannya, ikuti terus ya 🙂

Alat dan bahan:

  • Batok kelapa yang sudah diamplas
  • Pisau
  • Bor tangan (ukuran kecil)
  • Gantungan besi

Cara membuat gantungan kunci dari batok kelapa:

  1. Batok kelapa yang sudah (diamplas, diberi cat warna, dan bersih) dipotong sesuai dengan kebutuhan
  2. Buat pola gambar yang akan dibuat, pada potongan batok
  3. Bor bagian yang akan dimasuki gantungan
  4. Jika masih kurang bagus, Anda dapat memberi cat atau pewarna lagi
  5. Jika sudah kering, Anda dapat memasang gantungan tersebut

Dalam membuat gantungan kunci. Lebih baik membuat kerangkanya terlebih dahulu baru kemudian diamplas dan dicat.

Tas – Kerajinan dari Batok Kelapa

Gambar tas
By: ocork.com

Contoh porduk kerajinan dari batok kelapa yang satu ini akan sangat unik 99%. Karena sangat jarang tas yang terbuat dari batok kelapa, bahkan tas yang terbuat dari kulit pun sudah biasa. Sehingga tas dari batok ini sangat unik.

Cara membuat tas dari batok kelapa pun sangat mudah, Anda hanya memotong bentuk kotak atau sesuai keinginan Anda, dan kemudian merangkainnya menjadi tas yang menarik, ditambah dengan memberi warna sesuai keinginan.

Motor Vespa – Kerajinan dari Batok Kelapa

Gambar vespa
By: steemit.com

Contoh produk kerajinan dari batok kelapa ini membutuhkan ketelitian saat membuatnya, kerajinan ini sangat unik dan bagus, serat memiliki kreatifitas yang luar biasa. Tahap pembuatan vespa batok ini lumayan sulit yaitu:

  • Anda harus membuat pola pada batok kelapa
  • Potong pola tersebut dengan gergaji atau pisau
  • Kemudian disambung dengan menggunakan lem, sampai membentuk vespa

Teko – Kerajinan dari Batok Kelapa

Gambar teko
By: picclick.co.uk

Contoh kerajinan dari batok kelapa bentuk teko ini juga dapat Anda buat. Teko-teko yang dihasilkan dari batok kelapa, ternyata sangat unik dan cantik. Dan teko ini dapat dijadikan untuk pajangan rumah Anda.

Tentunya dengan pajangan teko  dari batok kelapa ini akan sangat cantik jika dipajang di rumah Anda, dan pastinya setiap tamu yang berkunjung dirumah Anda, akan kagum dan penasaran dengan teko ini.

bros – Kerajinan dari batok kelapa

Gambar bros bunga
By: Bukalapak.com

Kita mungkin banyak menemukan kerajinan bros dari batok kelapa ini, terlebih ditempat-tempat wisata atau tempat souvenir wisata. Ada banyak bentuk bros yang dihasilkan dari batok kelapa misalnya:

  • Bunga
  • Bentuk love
  • Boneka
  • Bentuk hewan
  • Candi dll

Cara pembuatan bros batok kelapa ini tidak begitu sulit, dan dapat menghemat batok, karena satu gantungan kunci hanya membutuhkan sedikit batok kelapa.

Kancing Baju – Kerajinan dari Batok Kelapa

Gambar kancing baju
By: Etse.com

Kerajinan dari batok kelapa mudah yang dapat Anda coba selanjutnya adalah kancing baju. Biasanya kancing baju dari batok ditemukan di baju-baju batik oleh-oleh wisata.

Cara Membuat kancing baju dari batok ini cukup mudah, tinggal Anda beri lubang dua dibagina tengahnya. Dengan penerapan ini, akan memberikan kesan yang menarik.

Gambar benik baju
By: aliexpress.com

Jam – Kerajinan dari Batok Kelapa

Gambar jam kerajinan dari batok kelapa
By: Google.com
Gambar Jam tangan kerajinan dari batok kelapa
By: Ebay.com

Kerajinan jam dari batok kelapa ini juga sangat bagus dan cantik untuk dijadikan hiasan rumah, Anda juga bisa membuatnya kok, dan caranya pun sangat mudah.

Anda dapat menggunakan kerangka jam dari batok kelapa, dan jamnya dapat Anda beli di toko, kemudian dikreasikan kerangkanya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Tips Memilih Batok Kelapa

Gambar kerajinan dari batok kelapa
By: amazon.com

Dalam pemilihan batok kelapa juga sangat penting, sehingga harus betul-betul diperhatikan, karena batok kelapa ini sebagai bahan pokoknya. Sehingga kualitas bahan pokok batok sangat berpengaruh terhadap produk kerajinan yang dihasilkan.

Namun, selain memperhatikan batok kelapa, Anda juga perlu mempunyai kreatifitas untuk pengelolaan limbah batok kelapa. Untuk itu penulis menyarankan beberapa tips dalam memilih batok kelapa yang akan dijadikan kerajinan tangan.

  1. Pilihlah batok kelapa yang mempunyai tekstur keras dan yang sudah tua
  2. Jika belum bisa membadekan batok kelapa yang keras dan tidak, Anda bisa melihat dari segi warnanya.
  3. Sebagian besar, batok kelapa yang ketika dipotong melintang berwarna hitam dan teksturnya yang keras

Manfaat Batok Kelapa

Gambar kerajinan dari batok kelapa
By: beautynesia.id

Batok kelapa ternyata memiliki banyak manfaatnya, selain dibuat untuk kerajinan. “Anda penasaran?” Sama saya juga penasar, mari kita simak selengkapnya dibawah ini 🙂

Pengawet Makanan Alami

Manfaat batok kelapa yang satu ini, a”Apakah Anda sudah pernah tahu?”. Kalau aku sih baru tahu hehehe. Hebat juga ya, ternata bisa dijadikan sebagai pengawet.

Caranya sedikit sulit sih. Yaitu, tempurung (batok) terlebih dibuat menjadi cair terlebih dahulu. “Bagai mana cara membuat tempurung mencair?”, yaitu:

  • Mengasapi tempurung yang kemudian akan muncul cairan kental seperti kecap
  • Kumpulkan atau tampung cairan tersebut dalam satu wadah
  • Cara diatas bisa dijadikan sebagai pengawet untuk kayu
  • Jika digunakan untuk pengawet makanan, terlebih cairan itu diproses lebih lanjut, baru bisa dijadikan pengawet makanan

Bahan Baku Pupuk Organik

Pupuk organik dari tempurung ini dapat memberi nutrisi pada tumbuhan secara maksimal, dan dengan bahan tanpa kimia ini membuat tumbuhan menjadi lebih aman untuk dikonsumsi.

Arang aktif yang sudah diaktivasi, dapat digunakan untuk melapisi pupuk urea. Hal ini bertujuan agar urea dapat menjadi lambat diurai. Untuk melapisi urea dengan pupuk membutuhkan alat yang digunakan dalam membuat pupuk granule.

Saringan Alami untuk Mendapatkan Air Bersih

Jika Anda adalah salah satu diantara mereka yang sulit mendapatkan air bersih, di beberapa tempat airnya mengandung banyak logam sampai-sampai terkesan keruh. Jadi Anda bisa memanfaatkan bato kelapa ini 🙂

Karena, dengan menggunakan penyaring tempurung kelapa, air menjadi lebih bersih dan murni. Didalam batok memiliki kandungan karbon aktif, karobon tersebut akan mengikat kotoran, sehingga air menjadi lebih jernih.

Penutup

Demikian sekilas mengenai kerajinan dari batok kelapa yang dapat Anda jadikan referensi untuk membuat kerajinan dari batok, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan para sahabat. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan.

Semoga dapat bertemu lagi di Artikel selanjutnya dan selamat mencoba, semoga berhasil 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *