Gambar lilin

Kerajinan dari Lilin [ Contoh, Jenis dan Cara Pembuatan, Lengkap! ]

Kerajinan dari lilin – Halo temen-temen yang ada diseluruh dunia, kali ini mudahdicari, akan mengulas sedikit tentang kerajinan dari bahan lilin, kita banyak menjumpai berbagai jenis lilin yang biasa-biasa saja. Padahal lilin dapat dijadikan hiasan yang sangat bagus, bahkan bisa dijadikan sebagai lilin mainan (plastisin)

Agar Anda tidak bosan dengan lilin-lilin yang ada dirumah Anda, kerajinan dari bahan lilin ini akan mengubah suasana hati Anda. kerajinan ini mengasilkan berbagai kerajianan seperti bunga, hewan, tumbuhan, dan masih banyak laigi. Yang pasti sesuai dengan keinginan Anda. Kerajinan dari bahan lilin ini termasuk dari kerajinan bahan lunak.

Adapun pembahasan mengenai lilin meliputi jenis-jenis lilin, cara membuat kerajinan dari lilin, teknik pembuatan kerajinan lilin, dan contoh produk kerajinan dari bahan lilin beserta gambar kerajinan dari lilin.

Agar lebih jelasnya kami akan mengulas sedikit kerajinan dari bahan lilin, sebagai berikut.

Pengertian Kerajian dari Lilin

Gambar lilin
By: indiamart.com

Dulu lilin digunakan dari bahan alang-alang sebagai sumbunya, dan lemak sapi sebagai bahan bakarnya.

Lilin ditemukan jauh sebelum adanya berbagai jenis lampu, yang penggunaanya menggunakan listirik sebaga sumber energi. Sehingga lilin dulu memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Penggunaan lilin sudah sejak 3000 SM, yang mana waktu itu hanya menggunakan alang-alang sebagai sumbunya, dan lemak sapi yang mengandung asam steart sebagai bahan bakar yang menyelimuti sumbunya.

Setelah terciptanya listrik, kini fungsi lilin menjadi tersisihkan. Lilin hanya dijadikan sebaga penerangan darurat yang digunakan ketika listrik terjadi pemadaman.

Lilin memiliki sumbu yang letaknya dibagian tengah dan dilapisi lilin yang padat. Ternyata lilin selain berfungsi untuk penerang juga dapat dijadikan sebagai kerajinan dan lilin mainan (plastisin).

Baca juga: Kerajinan dari bubur kertas

Jenis-jenis Lilin – Kerajinan dari Lilin

Setelah mengetahui sekilas tentang lilin, Anda juga perlu tahu tentang jenis-jenis lilin hias yang dapa digunakan untuk kerajinan dari bahan lilin hias. Berikut macam-macam kerajinan dari bahan lilin.

Lilin Pilar

Gambar kerajinan lilin pilar
By: anugrahjayabandung.blogspot.com

Digunakan untuk penerangan yang menghasilkan cahaya ambien. Lilin pilar mempunyai kulit tebal dan berbentuk seperti silinder.

Lilin ini merupakan jenis lilin hias terbaik yang digunakan untuk menerangi rumah dengan menggunakan penahan lilin, agar tidak panas ketika memegangnya.

Agar lebih indah Anda bisa mengukir lilin ini, dengan bentuk yang Anda suka, karena ukiran ini memiliki karya seni yang tinggi.

Lilin Makan Malam

Gambar lilin meja makan
By: Pixabay.com

Dilihat dari namanya lilin ini biasanya digunakan untuk meja makan malam. Yang memiliki berbentuk silinder dan sedikit meruncing kearah atas.

Lilin Aroma

Gambar lilin aroma terapi
By: Blog.duniamasak.com

Lilin beraroma, cara pembuatannya dicampur dengan cairan parfum.

Lilin beraroma, selain digunakan untuk penerangan fungsi yang lebih pentingnya untuk memberikan ketenangan ketika lilin dinyalakan, dan memberi aroma yang wangi.

Dalam pembuatan lilin ini, dicampuri dengan cairan parfum, sehingga akan menebarkan wewangian.

Fungsi lilin aroma:

  1. Pelengkap sebuah acara, (spa atau yoga)
  2. Sebagai pewangi ruangan

Lilin Gel

Gambar lili gel (jelly)
By: wish.com

Gel dibuat untuk mempertahankan bentuk dari lilin.

Lilin gel terbuat dari parafin, wite oil, anti lengket, pewarna, dan parfum jika dikehendaki. Lilin gel atau biasa disebut dengan lilin jelly memiliki bentuk trasparan.

Karena lilin gel ini berbentuk trasparan, makan lilin ini dituang diberbagai wadah yang bening seperti kaca dengan bentuk yang berbeda-beda.

Lilin Mengambang

Gambar lilin mengambang
By: saktidesain.com

Lilin yang mengambang diatas air dan memiliki aroma.

Kerajinan dari ilin mengambang memiliki keunikan tersendiri, lilin mengambang memang sengaja dibuat untuk mengambang datas air agar dapat menciptakan keindahan tersendiri, selain itu lilin mengambang memiliki aroma.

Lilin Ulang Tahun

Gambar lilin ulang tahun
By: Bukalapak.com

Lilin ulang tahun adalah lilin yang digunakan untuk peniupan saat ulang tahun. Lilin ulang tahun menjadi suatukeharusan atau kewajiban yang harus ada saat acara ulang tahun.

Sehingga dengan adaya lilin ulang tahun dan kue ulang tahun, menjadi kado ulang tahun yang paling istimewa dalam hidupnya.

Bentuk lilin ulang tahuh:

  • Biasa angka
  • huruf dll

Lilin Elektrik (Flameless)

Gambar listrik elektrik
By: indonesian.alibaba.com

Lilin elektrik yang berbentuk Led flameles dalam penggunaannya memang di desain khusus agar tidak menimbulkan:

  • asap
  • lelehan
  • api

Penggunaan pada lilin elektrik ini sangat simpel dan mudah dibawa kemana-mana, dan tentunya dalam pembuatan lilin elektrik ini berbeda dengan yang lainnya.

Cara Membuat Kerajinan dari Lilin Hias

Gambar kerajinan dari lilin
By: fauzanabrar24.blogspot.com

Agar Anda dapat membuatnya di rumah, kami akan memberikan langkah-langkah dalam pembuatan lilin hias yang mudah dan cukup simpel, tanpa mengurangi hasil yang indah.

Alat dan Bahan Membuat Kerajinan dari Lilin Warna-Warni

Sebelum masuk ketahap cara membuat kerajinan dari  bahan lilin, terlebih kita harus tau mengenai alat dan bahan yang dibutuhkan selama proses pembuatan.

  1. Crayon
  2. Sendok
  3. Panci
  4. Sendok
  5. Lilin
  6. Mangkok stainless steel
  7. Cetakan agar-agar (untuk membentuk lilin baru)

Langkah-langkah Cara Menbuat Kerajinan dari lilin Warna

Gambar langkah-langkah membuat kerajinan dari lilin warna warni
By: club.iyaa.com

Setelah menyiapkan bahan dan alat untuk membuat lilin hias warna-warni, tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat kerajinan lilin tersebut, dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Siapkan panci, masukkan air 1 liter kemudian rebus sampai mendidih
  2. Kemudian, letakkan mangkuk stainless stel diatas air tersebut dan biarkan kompor tetap menyala
  3. Masukkan lilin dan crayon yang sudah dipotong kecil, kedalam mangkuk tersebut
  4. Setelah lilin meleleh buang sumbu yang ada pada lilin tersebut
  5. Kemudian tuangkan lilin yang sudah berwarna tersebut kedalam cetakan agar-agar atau jely 
  6. Kemudian matikan kompor
  7. Tunggu sampai lilin mengering, kemudian akan lilin dari cetakan
  8. Tahap terakhikhir, cuci peralatan dan bersihkan semua ruangan yang digunakan 🙂

Tips Dalam Pembuatan Kerajinan dari Lilin Hias

Gambar teknik pembuatan kerajinan dari lilin
By: club.iyaa.com

Untuk membuat sebuah kerajinan lilin, kita juga perlu memperhatikan hal-hal didalamnya, agar hasilnya lebih maksimal. Berikut tips dalam pembuatan lilin hias warna-warni.

  1. Akan lebih baik jika alat untuk merebus menggunakan stainless steel, karena mangkuk stainless seel bersifat menghantarkan panas
  2. Gunakan warna crayon yang sesuai dengan yang Anda inginkan, warna ini bertujuan untuk memberi warna pada lilin
  3. Jika mematikan kompor, usahakan sampai lilin ditung di cetakan, karena kan menjaga lilin tetap meleleh

Teknik Pembuatan Kerajinan dari Lilin

Gambar lilin unik
By: dhgate.com

Adapun teknik dalam pembuatan kerajinan lilin hias ada tiga teknik diantaranya adalah:

Teknik Ukir

Ukir pada lilin adalah dengan cara memahat lilin dengan alat pahatan untuk mengurangi bagian lilin yang bertujuan untuk menimbulkan bentuk sesuai yang diinginkan, yang tentunya akan menghasilkan suatu benda yang indah.

Teknik Leleh (cair)

Leleh atau mencairkan lilin dilakukan dengan cara memotong lilin kecil-kecil, kemudian diletakkan di panci kecil, dan direbus diatas panci yang sudah berisi air mendidih.

Teknik ini dapat menghasilkan kerajinan lilin yang sangat mennarik dan menjadi hiasan yang unik. Adapun contoh kerajinan lili teknik leleh:

  • Bisa berbentuk bunga
  • Bentuk bola
  • Bentuk hewan dllv

Teknik Pemberian Warna

Teknik pewarnaan pada kerajinan lilin menggunakan pewarna seperti crayon yang dicampur dengan lilin yang sebelumnya sudah dipotong-potong, yang kemudian dimasukkan didalam microwave (alat untuk memanaskan makanan atau lilin).

Untuk menghasilkan warna-warni bisa dilakukan 2 atau 3 kali pewarnaan, yang sebelum dituwang menunggu tuangan pertama mengeras.

Jadi Anda juga bisa dengan mudah membuat kerajinan lilin sediri di rumah Anda, sudah mempersiapkan bahannya 🙂

Penutup

Demikianlah sekilas tentang kerajinan dari bahan lilin, yang dapat Anda jadikan contoh untuk membuat kerajinan dari bahan lilin. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan, setelah membaca konten ini Anda bisa langsung mencoba di rumah 🙂

Mohon maaf jika ada penulisan yang kurang baik dan kurang memahamkan, semoga dapat berjumpa lagi diartikel selanjutnya, mengenai cara membuat lilin mainan (plastisin).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *