Macam-macam ekosistem

Pengertian, Macam-macam Ekosistem Lengkap

Macam-macam ekosistem – “Apa yang dimaksun dengan ekosisitem?”. Dari pertanyaan itulah, kita akan mengulas tentang pengertian, macam-macam ekosistem yaang lebih luas lagi.

Mari kita simak bersama-sama mengenai pengertian, macam-majam, jenis-jenis, ciri-ciri, dan contoh ekosistem yang ada di indonesa ini.

Pengertia Ekosistem

pengertian ekosistem
By: larryeifert.com

Pengertian ekosistem, ekosistem adalah suatu ideologi atau yang terbentuk oleh  suatu hubungan timbal balik yang tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungan(ekologi). yang masing-masing memiliki pengaruh satu dengan yang lain.

“Apa itu ekeologi?”. Ekeologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungan hidup.

Namun secara istulah “Ekeologi” berasal dari Yunani, yang artina “Okios” habitat dan “logos ilmu. Segingga secara bahasa definisi ekiologi adalah, ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara sesama organisme dan antar organisme dengan lingkungannya.

Komponen-komponen Ekosistem

Komponen ekosistem
By: https: fitz6.wordpress.com

Ekosistem mempunyai dua komponen yang menjadi satu kesatun, yaitu komponen biotik dan komoponen abiotik. Berikut akan dipelajari lebih dalam lagi, tentang komponen berdasarkan peranannya.

Komponen Biotik (makhluk hidup)

Komponen biotik adalah komponen yang merujuk pada suatu yang hidup atau organisme. Ekosistem berupa makhluk hidup seperti, tumbuhan, hewan, mikroorganisme, manusia. Komponen biotik terdiri dari 3 yaitu, produsen, konsumen, penguraian.

  1. Produsen (penghasil)
    Produsen adalah sekelompok makhluk hidup yang mampu memghasilkan dan membentuk makanan sendiri (autotrof), dari berbagai zat zat organik melalui fotosintesis. Misalnya tumbuhan.
  2.  Pengurai (dekomposer)
    Makhluk hidup yang menguraikan zat yang diperoleh dari sisa-sisa makhluk hidup yang sudah mati, sehingga dapat menguraikan zat organik, yang mana zat itu akan tersimpan ke dalam tanah dan dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai bahan makanan.
    Cntoh dari penguraian organisme atau perombak adalah jamur dan bakteri.
  3. Konsumen (pemakai)
    Konsumen adala makhluk hidup yang tidak bisa membuat bahan anorganik maupun organik, sehingga bergantung pada organisme lain, dinamakan heterotof.
    Yang termasuk dalam komponen ini adalah mnusia, hewan, jamur dan mikroba.pemakai ini dibedakan berdasarkan tingkatannya,dan sesuai dengan jenis makanannya yaitu.
    Berdasarkan tinggkatannya dibagi menjadi 3 yaitu.
  • Konsumen primer (herbivora dan omnivora) pemakan langsung produsen.
    Contohnya, tikus, sapi, ulat, kambing, kerbau dll.
  • Konsumen tersier (Karnivora dan omnivora) pemakan konsumen sekundaer.
    Contoh, gurita, elang, hiyu, dll.
  • Konsumen sekunder (karnivora dan omnivora) pemakan konsumen primer.
    Contoh, katak, trenggiling, katak, ular, ayam, harimau.
    karnivora (pemakan daging), herbovora (pemakan tumbuhan), omnivora (pemakan segala).

Komponen Abiotik (tidak hidup)

Komponen abiotik adalah komponen fisik dan kimia yang mati  di permukaan bumi yang akan memberikan manfaat untuk kehidupan manusia dan makhlukhidup lainnya.

Berikut kompomen abiotik, sebagai berikut.

  1. Iklim
    Kondisi cuaca di suatu daerah dalam jangka waktu lama, dan dapat mempengaruhi persebaran organisme di bumi.
  2. Cahaya matahari
    cahaya matahari adalah cahaya yang berasal dari sinar matahari, yang dibutuhkan organisme atau tumbuh-tumbuhan untuk menghasilkan makanan dan fotosintesis.
  3. Suhu udara
    Suatu besaran yang merujuk pada suhu panas benda, atau proses biologis yang mempengaruhi suhu tubuh organisme dan, contohnya, unggas dan mamaliya yang membutuhkan energi yang mengatur suhu tubuhnya.
  4. Batu dan tanah
    Yang digunakan oleh organisme sebagai tempat tinggal. Memiliki setruktur, pH, fisik dan yang mengandung mineral didalamnya.
  5. Garam
    garam mineral adalah unsur yang ada di dalam tanah serta lingkungan yang dibutuhkan oleh organisme atau makhluk hidup untuk metabolisme tubuh dan pertumbuhan.
  6. Kelembapan
    Kelembapan dalah kelembapan yang berkosentrasi pada uap air di udara, sementara kelembapan ini sangat berpengaruh terhadap iklim sehingga berdampak untuk organisme terlebih pada tumbuhan.
  7. Angin
    Angin adalah aliran udara yang besar yang diakibatkan oleh rotasi bumu serta karena tekanan udara. Proses penguapan dapat dibantu oleh angin. Dipengaruhi oleh makhluk hidup dimuka bumi.
  8. Air
    Air berfungsi sebagai pelindung dan penghantar di dalam tubuh semua makluk hidup. Air adalah senyawa yang berperan penting bagi semua kehidupan, seperti menyuburkan, menyegarkan, menghidupkan.

Macam-macam Ekosistem

Ada beberapa macam-macam ekosistem di dunia ini, eko sistem sendiri dibagi menjadi 2 yaitu ekosistem alami dan buatan. Setiap ekosistem ada banyak macam-macam ekosistem buatan dan macam-macam ekosistem alami. Berikut penjelasannya.

Macam-macam Ekosistem Buatan

gambar untuk ekosistem buatan
By: Maxmanroe.com
https://mudahdicari.com/wp-admin/options-general.php?page=ad-inserter.php#tab-2

ekosistem buatan adalah ekosistem yang berasal dari hasil tangan manusia, dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia, meskipun lebih terbatas dibandingkan dengan ekosistem alami. Adapun macam-macam ekosistem buatan adalah.

Ekosistem buatan bertujuan untuk menjaga ekosistem alami agar tetap seimbang, dan untuk melestarikan tumbuhan serta binatang yang ada.

Ekosistem buatan adalah salah satu cara untuk melestarikan keanekaragaman hayati.

Ekosistem sawah

Ekosistem sawah adalah ekosistem buatan yang dimanfaatkan untuk bidang pertanian tanaman padi. Ciri fisik sawah adalah. Permukaan tanah yang rata, pematang, dan hamparan padi, memiliki tanah yang sedikit ber air. Sawah juga bisa terserang dengan hama, dan gulam.

Ekosisten bendungan

Ekosistem bendungan adalah ekosisten yang dibuat berupa bangunan penahan penimbun air, ysang digunakan sebagai, irigrasi, tempat rekreasi, sarana olah raga, sebagai pembangkit listrik.Bendungan merupakan ekosistem baru yang diambil dari substar dasar berasal dari, sawah, kebun, hutan. Contohnya Waduk.

Ekosistem tambak

Ekosistem tamabak adalah ekosistem yang sengaja dibuat untuk keperluan budidaya perikanan, yang berupa kolam buatan yang biasanya berada didaerah pantai. Kolam ini biasanya digunakan sebagai keaneka ragaman budidaya jenis kerang, udang, ikan.

Ekosistem hutan tanaman produksi

Ekosistem hutan tanaman adalah ekosistem buatan yang terdiri atas bududaya yang sengaja ditanam dikawasan tertentu, dengan tanaman yang mempunyai nilai ekonomis tinggi contohnya, pohon karet, kelapa sawit, jati, pohon mahoni, damar dll.

Ekosistem suaka marga satwa

Ekosistem suaka marga satwa adalah upaya perlindungan pada ekosistem yang dinilai unik, yang berisi flora dan fauna yang harus dilindungi, suaka marga satwa dibuat langsung di alam.

Ekosistem taman safari

Taman safari untuk pelestarian flora dan fauna, melalui pembuatan lingkungan buatan, di taman safari ini beberapa sepesies dalm satu wilayah besar. Berbeda dengan kebun binatang setiap sepesies dalam satu kandang.

Setiap wilayah sepesies terpisah dengan pagar tinggi, untuk mengunjunginya dengan menggunakan mobil atau kendaraan, untuk melihat sepesies di taman safari.

Ekosistem kebun binatang

Ekosistem buatan adalah konservasi yang menggunakan linggkungan alam buatan, yang setiap jenis sepesiaesnya terpisah-pisah.

Kebun binatang ini memiliki kekurangan yaitu hewan ditaruh di dalam kandang yang terbatas, banyak kebun binatang yang tidak dirawat dengan baik, sehingga banyak hewan-hewan yang mati.

Macam-macam Ekosistem Alami

Gambar ikan laut
By: https: informazone.com

Ekosiste alami adala ekosistem  yang terbentuk dari alam itu sendiri, tanpa campurtangan manusia, dan bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Apabila ada satu ekosistem yang rusak maka keseimbangan ekosistem akan terganggu. Berikut macam-macam ekosistem alami.

Ekosistem laut

Ekosistem laut adalah ekosistem yang terletak di kedalaman 2000 m dari permukaan laut, hewan yang ada dilaut itu hanaya hewan predator pemakan bangkai, suhunya sangat dingin karna diperkirakan sinarmatahari tidak sampai kesana.

Ekosistem terumbukarang

Ekosistem terumbukarang masih bisa untuk terkena sinar matahari, karena permukaanya yang dangkal. Hewan yang ada didalamnya sangat bervariasi dan banyak, serta rumput laut dan terumbu karang masih bisa melakukan fotosintesis.

Ekosistem danau

Ekosistem danau adalah cekungan besar yang terisi air. Danau terbentuk akaibat sedimentasi yang memotong jalur sungai, selain itu terbentuk akibat aktivitas gunung api.

Ekosistem rawa-rawa

Rawa-rawa adalah genangan air yang terjadi di dataran cekung, dan salah atu ekosistem perairan yang tenang. Genangan ini dapat bersifat musiman, akibat luapan air sungai, akibat hujan, rawa-rawa berada di dataran rendah.

Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *